Game Edukasi Select Trash Berbasis Android Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 2

  • Amru Sangga Waluyo ump
  • Sigit Sugiyanto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Di Indonesia, isu lingkungan menjadi prioritas utama, khususnya pengelolaan sampah. Sangat penting untuk memulai edukasi sejak dini guna menciptakan pemahaman tentang pengelolaan sampah yang tepat. Karena media interaktif tidak digunakan dalam kurikulum pengelolaan sampah di MI P2A MERI, siswa tidak diajarkan nilai pemilahan berbagai jenis sampah dan hanya mendapatkan ceramah dan pengalaman langsung. "SELECT TRASH" merupakan media pembelajaran berbasis permainan edukatif yang dibuat untuk mengatasi isu ini. Mengembangkan permainan edukatif interaktif untuk siswa sekolah dasar kelas dua merupakan tujuan dari penelitian ini. Setelah memainkan permainan "SELECT TRASH", siswa akan diminta untuk mengukur seberapa besar pemahaman mereka tentang nilai pemilahan sampah, dan permainan tersebut juga akan dievaluasi dampaknya terhadap cara mereka memilah sampah di rumah dan di lingkungan sekitar. Teknik Game Development Life Cycle (GDLC) diterapkan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa permainan edukatif untuk Android ini merupakan pendekatan kreatif untuk mengajar anak-anak dengan cara yang menarik dan dinamis.

References

Erma Sova. (2023). Aplikasi Game Edukasi Untuk Merangsang Otak Anak-Anak Dalam Mengenal Dan Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Construct 2 Berbasis Android. Jurnal Teknik Dan Science, 2(2), 34–41. https://doi.org/10.56127/jts.v2i2.789
Farhan, N. M., & Setiaji, B. (2023). Indonesian Journal of Computer Science. Indonesian Journal of Computer Science, 12(2), 284–301. http://ijcs.stmikindonesia.ac.id/ijcs/index.php/ijcs/article/view/3135
Hendri, H., Hasiholan Manurung, J. W., Ferian, R. A., Hanaatmoko, W. F., & Yulianti, Y. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Masjid Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 3(2), 107. https://doi.org/10.32493/jtsi.v3i2.4694
Ilmiah, P. (2017). Pengembangan game tajwid berbasis android publikasi ilmiah.
Kurniawati, putri. (2017). Data dan Informasi Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah 2022. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7. https://jateng.bps.go.id/subject/152/lingkungan-hidup.html#subjekViewTab4
Leryan, L. P. A., Damringtyas, C. P., Hutomo, M. P., & Printina, B. I. (2018). the Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History. 190–203. https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.20
Nabilah, J. R. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH YAYASAN PESANTREN SABILIL MUTTAQIN TAWANGREJO KEDIRI. 2(2), 13–28. https://etheses.iainkediri.ac.id/11272/
Prasetyo, B., & Sugiyanto, S. (2023). Game Edukasi Pembelajaran IPA Siswa Kelas 6 SD Berbasis Android" Science Stump". Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem …, 6, 240–246. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jikom/article/view/2123%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jikom/article/download/2123/1457
RAHMAYANIE, A. M. (2023). Pengembangan game edukasi “pisah” pilah sampah berbasis android untuk anak.
Risky, Y., Qomariyah, I. F., & Moridina, N. A. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA SEKOLAH DASAR. 1(3), 817–827.
Saputra, A. A., Putra, F. N., & Yusron, R. D. R. (2022). Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) Berbasis Android. Journal Automation Computer Information System, 2(1), 66–73.
Suci, A. D., Hendriawan, D., & Arzaqi, R. N. (2024). Pengembangan Game Edukasi melalui Construct 2 sebagai Media Alternatif Pengenalan Keaksaraan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 740–751. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.654
Widyi Nadiah Febrianti, & Tri Ferga Prasetyo. (2023). Rancang Bangun Game Edukasi Pembuatan Daur Ulang Sampah Berbasis Android. Prapanca : Jurnal Abdimas, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.37826/prapanca.v3i1.436
M. Ridoi, “Cara Mudah membuat game Edukasi Dengan construct 2,” Google Buku, https://books.google.co.id/books?id=k2VSDwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false (accessed Oct. 10, 2023)
Kadek Yudiana, S.Pd., M.Pd., ‎Diva Andita, ‎Ni Ketut Adi Lestari, “Pop-Up Book sebagai Media Meningkatkan Minat Baca Siswa,” https://www.google.co.id/books/edition/Pop_Up_Book_sebagai_Media_Meningkatkan_M/P9f9EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=minat+baca+kelas+2&pg=PA43&printsec=frontcover
Published
2024-09-22
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 5 times