Optimalisasi Atribut Reliability Pada Rantai Pasok Perusahaan Produksi Baut Dengan Framework Scor Racetrack 12.0

  • Angga Kurniawan Universitas Islam Indonesia
  • Ratna Agil Apriani Magister Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia
  • Demas Emirbuwono Basuki Magister Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia
  • Nisrina Faiza Mufid Universitas Islam Indonesia
  • Rifki Nurul Mukarim Universitas Islam Indonesia

Abstract

PT. XYZ merupakan Perusahaan manufaktur yang berproduksi baut otomotif. PT. XYZ mengalami beberapa masalah yang salah satunya yaitu keterlambatan pengiriman part baut ke konsumen. Hal tersebut terjadi karena beberapa factor yaitu delay material, delay pick up, packing trouble, overheat pada mesin dan sebagainya. Dalam permasalahan keterlambatan pengiriman part baut ke konsumen pada PT. XYZ, maka atribut Reliability pada SCOR Racetrack model version 12.0 dapat digunakan dalam menganalisa dan Upaya untuk memperbaiki permasalahan keterlambatan pengiriman pada Perusahaan. Dari atribut Reliability terdapat metrics level-1, metrics level-2 dan metrics level-3 dan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metrics dari atribut Reliability yang perlu ditingkatkan dan diberi sebuah usulan perbaikan. Hasil penelitian ini adalah pada metrics RL.2.2 Delivery Performance of Konsumen Commit Date terdapat 2 metrics level-3 berdasarkan hierarki metrics yaitu RL.3.32 Konsumen Commit Date Achievement Time Konsumen Receiving dan RL.3.34 Delivery Location Accuracy. Pada hasil perhitungan, hanya metrics RL.3.32 Konsumen Commit Date Achievement Time Konsumen Receiving yang memiliki rata-rata sebesar 85,45% dengan nilai GAP sebesar 14,55%. Setelah mengetahui metrics level-3 yang memiliki GAP maka dibuat analisis fishbone diagram untuk mengetahui penyebab pada masalah tersebut. Pada analisis fishbone diagram menghasilkan 7 project usulan, namun dari hasil priorization matrix terdapat 2 project usulan saja yang akan direkomendasikan project kick-off yaitu BP.089 Perfect Pick Put-Away dengan melakukan re-layout penempatan warehouse dan tempat box packing agar efisien dengan operator packing dan BP.160 Lean dengan melakukan pemangkasan aktivitas tidak bernilai pada proses packing.

References

Ayyildiz, E., 2023. Interval valued intuitionistic fuzzy analytic hierarchy process based green supply chain resilience evaluation methodology in post COVID 19 era. Environmental Science and Pollution Research, Volume 30, p. 42476–42494.
Bagwell, T. J. & Kellerman, P., 2023. Enhancing Customer Satisfaction in the Airline Industry through Service Quality: A Comparison between Legacy Airlines and Low-Cost Airlines. Asian Journal of Tourism Research, Volume 2 No.1, pp. 67-77.
Dwiyana, M., Kusumastuti, R. D. & Bustaman, Y., 2022. Enhancement of Supply Chain Control Tower to Reduce Inventory Parts of Heavy Equipment at PT XYZ. Journal World of Science, 1(12).
Fauziah, S. A. & Mufuadi, A., 2024. ANALISIS PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN RANTAI PASOKMENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR) VERSI 12.0 (STUDI PADA PRODUK BERAS MEDIUM 25 KG DI PT. XYZ). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), Volume 8, pp. 377-385.
Febryansyah, I. & Baldah, N., 2022. Supply Chain Performance Evaluation Using SCOR Analysis Method. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, Volume 3, pp. 11-20.
Hidayat, A. N. & Dahda, S. S., 2022. PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERANCE (SCOR 12.0) BERBASIS ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, pp. 1-7.
Hidayatuloh, S. & Qisthani, N. N., 2020. JURNAL REKAYASA SISTEM DAN INDUSTRI, pp. 75-80.
Ishak, A. A. A., 2019. Pengukuran Capaian Kinerja Supply Chain: Studi Kasus pada PT Eastern Pearl Flour Mills Makassar. Journal of Applied Accounting and Taxation , Volume 4 No.2, pp. 184-202.
Kusrini, E., Helia, V. N., Miranda, S. & Asshiddiqi, F., 2023. SCOR Racetrack to Improve Supply Chain Performance. Mathematical Modelling of Engineering Problems, 10(3), pp. 915-920.
Nguyen, T. A. T. et al., 2023. Measuring Supply Chain Performance for Khanh Hoa Sanest Soft Drink Joint Stock Company: An Application of the Supply Chain Operations Reference (SCOR) Model. Sustainability, 15(22).
Nurmansyah, F. A., Awaluddin, R. & Yusuf, A. A., 2022. ANALISIS MANAJEMEN RANTAI PASOK BERAS DENGAN PENDEKATAN SCOR MODEL. Jurnal Agrimanex, pp. 114-122.
Prasetyo, D. S., Emaputra, A. & Parwati, C. I., 2021. Pengukuran Kinerja Supply Chain Management Menggunakan Pendekatan Model Supply Chain Operations Reference (SCOR) pada IKM Kerupuk Subur. Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri , pp. 80-92.
Putri, A. S. & Prabowo, W. A., 2023. Supply Chain Performance Measurement Using SCOR 12.0 in Sport Shoes Company. Jurnal Ilmiah Teknik Industri : Jurnal Keilmuan Teknik dan Manajemen Industri, 11(1).
Putri, I. N., 2020. Analisis Risiko Kegagalan Produk Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Menggunakan House Of Risk Dan Supply Chain Operations Reference. Jurnal Optimasi Teknik Industri, 02(01), pp. 19-23.
Putri, T. P. & Rukmayadi, D., 2022. PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE (SCOR) DAN AHP. pp. 1-10.
Sarjono, H. et al., 2021. Supply Chain Performance Measurement with Method SCOR Model in Service Company. Surakarta, s.n.
Sudiantini, D., Irvana, N. & Fitra , B., 2023. Peran Supply Chain Management Dalam Sistem Produksi dan Operasi Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(6), pp. 54-66.
Sumarsid & Paryanti, A. B., 2022. PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GRABFOOD (STUDI WILAYAH KECAMATAN SETIABUDI). JURNAL ILMIAH M-PROGRESS , Volume 12 No.1, pp. 70-83.
Sutoni, A. et al., 2021. Performance Analysis Using the Supply Chain Operations Reference (SCOR) and AHP Method. Journal of Physics: Conference Series.
Tejaningrum, A. & Putra, A. I., 2022. Measurement of Supply Chain Management Performance Using SCOR Model. Journal of Community Development in Asia (JCDA), Volume 5. No.3, pp. 40-52.
Yuniaristanto, Ikasari, N., Sutopo, W. & Zakaria, R., 2020. Performance Measurement in Supply Chain Using SCOR Model in The Lithium Battery Factory. IOP Conference Series: Mataerials.
Zaini, A. A., 2022. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Konsumen “Warung Bek Mu 2” Banjaranyar Paciran Lamongan). Journal of Economics and Islamic Business, Volume 2. No. 2, pp. 41-54.
Published
2024-09-22
Abstract viewed = 1 times