Analisis Strategi Digital Marketing Pada UMKM Coffee Shop Di Luwuk, Kabupaten Banggai Untuk Bersaing Di Era 4.0

  • Feni Silvani P Alhabsyi Magister Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia
  • Muhammad Ridwan Andi Purnomo Magister Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia
  • Nabila Lintang Kirana Program Studi Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia
  • Ratna Agil Apriani Magister Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia
  • Demas Emirbuwono Basuki Magister Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia http://orcid.org/0009-0004-4824-6699

Abstract

Sosial media menjadikan salah satu media digital marketing bagi para pelaku usaha Caffe Shop. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi digital marketing bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) khususnya pada Coffe Shop. Metode yang digunakan adalah Swot, STP, Marketing Mix, Dimana data yang dikumpul melalui observasi secara langsung, wawancara kepada pelaku usaha, pengisian Kuesioner online kepada masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukan bahwa Coffe Shop di daerah Kabupaten Banggai masih melakukan pemasaran secara manual atau offline tanpa adanya penjualan atau pemasaran melalui online dikarenakan hampir seluruh Masyarakat penduduk setempat masih menjadikan salah satu sosial media Facebook menjadi popular tidak dengan sosial media lainnya dengan Tingkat persen 40,6%. Dan dari hasil analisis pada Swot, STP, Marketing Mix Dimana terdapat strategi pemasaran yang kurang tepat dengan kualitas SDM yang masih kurang sehingga keterbatasan kemampuan untuk menggunakan sosial media. Akan tetapi dengan memaksimalkan fungsih dari fitur Facebook Business Suite. Mendirikan website pribadi pada Cafeshop, hingga mengaplikasian konten yang menarik di setiap akun sosial media Cafeshop.

References

Aini, F. N. (2020). Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia. Vol 6 No 1, 883. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1018
Ayu Pangastuty, t., & Nurhady. (202l). Strategy Pemasaraan untuk Meningkatkannya penjualannya pada Pt. Groeen lndonesia. JurnaI bisnis lndonesia, l2(2). https://doi.org/10.33005/jbi.v12i2.2903
Badan Pusat Statistik. (2020). Analisis Isu Terkini. Jakarta.
Badan Pusat Statistik. (2023). Jumlah Industri Skala Mikro dan kecil menurut provinsi setiap (Unit). Indonesia.
Banati, D. R. (2021). Analisis Segmentasi, Targeting Pasitioning (STP) dalam pemasaran produk pembiayaan serbaguna pada masa pandemi di Bprs Bhakti Sumekar Cabang Jember. 1-80.
Cicik Hariani, H. S. (2021). Digital Marketing Bagi UMKM. Bandung: Media SAINS Indonesia. Vol 6 No 1, 882. Https://doi.org/10.36778/jesya.v6il.1018.
Data Indonesia .id. (2024). Indonesia
Fadila, U., Khofifah, N., Salsabila, Yunita, S., Susi, E. & Friyatmi. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal: Pendidikan Tambusai., Vol.5, No, 2, 2795 – 2805. http://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1277
Hendrawan, H. (2021). Analisa SWOT dan STP (Segmentasi, Tertarget, Posisi) terhadap Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Mikro – Bunda Culinary. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 127–138. https://doi.org/10.31289/jkbm.v7i2.4505
Henky, H. (2010) (analisis SWOT dan STP (Segmentasi, Tertarget, Posisi) terhadap strategi pemasaran Digital pada Usaha Mikro – Bunda Culinary. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. https://doi.org/10.31289/jkbm.v7i2.4505
Humairatus, S. Hamidah, H. Mubarokah. (2023). Pengaruh Segmenting, Targeting dan Positioning (STP) terhadap kepuasan konsumen kopi Excelso di cabang jalan Merr Surabaya. Jurnal Pertanian Agros: vol.25 No.3.
Lena Lestary, H. H. (2022). Analisis SWOT dan Digital Marketing. Jurnal Ilmial Akuntansi dan Keuangan, 68-70. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue
Mahabbah, H. I. N., & Marwadi, A. I. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Pada UMKM alief Onion’s. jurnal Pengabdian Kepala Masyarakat Nusantara. http://doi10.55338/jpkmn
Munandar, D. (2022). Digital Marketing. Surabaya : Cipta Media Nusantara. Vol 6 No 1. 882.
Prayoga, J. (2020, Juni 26). https://gudangssl.id/blog/perkembangan-bisnis-online-di-indonesia/.Retrieved Oktober 11, 2022, from Gudang SSL: https://gudangssl.id/blog/perkembangan-bisnis-online-di-indonesia.
Rahim, E., & Mohamad, R. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam perspektif Syariah. Mutawazin: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 15-26. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i11.113
Redjeki, F., & Affandi, A. (2021). Utilization of Digital Marketing For MSME Playerts as Value Creation for Customers during the Covid-19 Pandemic. International Jurnal of Science and Society, 3(1), Vol 7 No 2, 40 -55. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v3i1.264
Rizky, A., A. & Nuri, A. (2021). Analisis Startegi Pemasaran Usaha Mikro kecil dan menengah (UMKM) pada Era Digitas di Kota Medan. Visa : Journal Of Visions an Ideas., Vol. 1, No. 2.,188-194. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.834
UtsaIina., D., S & primandary.. L.,A (2020) analisis swot dalam penentuan suatu strategi., jurnaI lImiah Teknik lnformatika., I4(I)., 4I-50.
Vincent Didiek Wiet Aryanto, Y. W. (2020). Marketing Digital Solusi Bisnis Masa Kini Dan Masa Depan. Yogyakarta : PT Kanisus. Vol 6 No 1.https://doi.org/10.36778/jesya.v6il.1018
Vincentius, A, M., Kusuma., Zainal, A., Sahabuddin., Posma, S,J.K. & Hutasoit. (2022). Strategi Digital Marketing pada Usaha Mikro dan Menegang (UMKM) Di Masa pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan ekonomi rakyat. Jurnal : Cafetaria., Vol. 3.No.1., pp 24-25. https://doi.10.51742/akuntansi.v3i1.492
Wijayanti, H. (2021). Panduan Analisis SWOT untuk Kesuksesan Bisnis. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia. Vol 6 No 1, 888.
Published
2024-10-31
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times