Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Sewa Studio Musik (Studi Kasus: Studio Musik 29)

Authors

  • Jeremy David Alexander Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Reisa Permatasari
  • Anindo Saka Fitri

DOI:

https://doi.org/10.31539/intecoms.v8i3.13113

Abstract

Perkembangan internet telah memengaruhi industri musik, termasuk studio musik. Studio Musik 29 di Surabaya menawarkan layanan seperti sewa studio, alat musik, sound system, dan kursus drum, tetapi proses penyewaan masih konvensional, sehingga sering terjadi bentrokan jadwal dan miskomunikasi. Untuk meningkatkan efisiensi, diperlukan aplikasi penyewaan berbasis digital. Tahap awal dalam pembuatan aplikasi adalah membuat rancangan desain UI/UX. Penelitian ini bertujuan merancang UI/UX aplikasi penyewaan Studio Musik 29 menggunakan metode design thinking, serta menguji hasilnya melalui usability testing, system usability scale (SUS), dan questionnaire for user interaction satisfaction (QUIS). Pengujian menunjukkan tingkat effectiveness sebesar 90%, efficiency sebesar 83,23%, dan satisfaction sebesar 72%. Hasil QUIS menunjukkan reaksi keseluruhan 7,09, layar 7,0, terminologi dan sistem informasi 6,16, pembelajaran 6,92, dan kapabilitas 6,80. Kesimpulannya, desain aplikasi berada dalam kategori baik dan dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

References

APJII. (2024, February 7). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Brooke, J. (1995). SUS: A quick and dirty usability scale. https://www.researchgate.net/publication/228593520

Brown, T. (2009). Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation. Harper Collins.

Chin, J. P., Diehl, V. A., & Norman, K. L. (1988). Development of an instrument measuring user satisfaction of the human-computer interface. Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 213–218. https://doi.org/10.1145/57167.57203

Dharmawan, D., & Sofiana, S. (2023). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN STUDIO MUSIK BERBASIS WEB DENGAN METODE PROTOTYPE (STUDI KASUS : LEGEND MUSIK STUDIO CIPUTAT). Bisnis Dan Pendidikan, 1(1), 50–60. https://jurnalmahasiswa.com/index.php/teknobis

Firdonsyah, A., Tyas, Z. A., & Ma’rifatun, LM. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Sistem Informasi Penelitian Mahasiswa Berbasis Web. Informatics Journal, 8(2), 136–142.

Gibbons, S. (2018, January 14). Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking. NN/g. https://www.nngroup.com/articles/empathy-mapping/

Herfandi, Yuliadi, Zaen, M. T. A., Hamdani, F., & Safira, A. M. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan UI dan UX. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(1), 337–344. https://doi.org/10.47065/bits.v4i1.1716

Interaction Design Foundation. (2020). The Basics of User Experience Design BY INTERACTION DESIGN FOUNDATION.

Kristi, R. A. (2023). Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Penyewaan Florist Menggunakan Metode Design Thinking. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Lewrick, M., Link, P., & Leifer, L. (2020). The Design Thinking Toolbox: A Guide to Mastering the Most Popular and Valuable Innovation Methods. John Wiley & Sons, Inc.

Nuris, N., Pratama, P., & Priyono. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENYEWAAN STUDIO MUSIK RENTAL STUDIO 14. Jurnal Rekayasa Informasi, 9(2), 93–100.

Winata, D. P. (2019). Perancangan Program Penyewaan Studio Musik Berbasis Website. Universitas Bina Sarana Informatika.

Downloads

Published

2025-06-22