Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan ITIL V3 Untuk Perpustakaan (Studi Kasus : Perpustakaan MTsN 4 Langkat)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis dan perancangan tata kelola Teknologi Informasi (TI) di Perpustakaan MTsN 4 Langkat menggunakan kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V3, khususnya pada domain Service Design. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan TI serta kualitas layanan perpustakaan. Melalui analisis kebutuhan, pengumpulan data dari pimpinan, pengguna dan staf perpustakaan, serta penerapan best practice ITIL V3, penelitian ini menghasilkan Tata Kelola TI yang menerapkan best practice ITIL V3, rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan pengelolaan Service Level Agreement (SLA) yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ITIL V3 di perpustakaan ini dapat membantu dalam perbaikan berkelanjutan dan meningkatkan kepuasan pengguna.
Copyright (c) 2024 Darma Putra Lubis, Rian Farta Wijaya, Darmeli Nasution, Khairul Khairul, Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.