Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP Swasta Swakarya Salapian
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI
DOI:
https://doi.org/10.31539/intecoms.v8i1.13651Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, seberapa meningkatnya hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran (PMM). Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) Perencanaan tindakan (Planning), Pelaksanaan tindakan (Acting), Pengamatan terhadap tindakan (Observing), Refleksi terhadap tindakan (Reflecting). Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahapan, yakni pretest dan posttest dengan hasil : Data Pra Siklus (Pretest). Hasil penelitain data Pra Siklus, siswa yang mencapai ketuntasan belajar KKM 75 sebanyak 8 siswa (32%), dan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar kurang dari KKM 75 sebanyak 17 siswa (68%). Pelaksanaan Siklus I (Posttest I). Hasil Penelitian data Siklus I, siswa secara klasikal adalah 17 siswa (68%), sedangkan siswa yang belum tuntas 8 (32%) yang mana mereka belum mencapai kriteria ketuntasan minimal 75. Dengan kategori nilai terendah adalah 50, sedangkan nilai tertinggi 90 dan rata-rata nilai pada posttest ini adalah 74,2%. Pelaksanaan Siklus II (Posttest II) Hasil Penelitian data siklus II, siswa secara klasikal adalah 23 siswa (92%), sedangkan siswa yang belum tuntas 2 siswa (8%) yang mana mereka belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Dengan kategori nilai terendah 65, sedangkan nilai tertinggi 95 dan rata-rata nilai pada uji posttest siklus II 86,2%. Data hasil Posttest II menunjukkan siswa secara klasikal adalah 23 siswa (92%), sedangkan siswa yang belum tuntas 2 siswa (8%) yang mana mereka belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Dengan kategori nilai terendah 65, sedangkan nilai tertinggi 95 dan rata-rata nilai pada uji posttest siklus II 86,2%.