Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Jago Bank Digital Menggunakan Multi Layer Perceptron
Abstract
Bank Jago merupakan platform perbankan daring yang memungkinkan pengguna mengakses layanan perbankan secara langsung melalui telepon pintar. Aplikasi Bank Jago telah mencapai tonggak sejarah yang mengesankan, yakni sebanyak 5 juta unduhan di Google Play Store, dengan rating 4,6. Pengguna berbagi pengalaman dengan memberikan rating dan ulasan di platform ini. Meskipun demikian, terkadang rating tidak sesuai dengan isi ulasan. Banyaknya ulasan yang tidak terstruktur sering kali mempersulit pemahaman umpan balik pengguna. Dalam pengembangan aplikasi, opini pengguna sama pentingnya dengan rating itu sendiri. Oleh karena itu, pengembang harus menafsirkan setiap ulasan yang diterima secara efektif. Untuk mencapai hal ini, analisis sentimen dilakukan terhadap ulasan tersebut dengan menggunakan algoritma Multi Layer Perceptron, yang bertujuan untuk mengumpulkan wawasan tentang sentimen pengguna terkait aplikasi Bank Jago di Google Play Store. Penelitian ini menggunakan metode Knowledge Discovery in Database (KDD) yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Data Selection, Preprocessing, Transformation, Data Mining, dan Evaluation. Data yang digunakan adalah 5174 ulasan aplikasi Bank Jago, dengan 3629 ulasan positif dan 1499 ulasan negatif. Pada tahap Transformation dan Data Mining dilakukan dengan split data 70:30. Kemudian dengan model Multi Layer Perceptron mengkonversikan hasil dari confusion matrix yaitu false negative dan false positive menjadi hasil sebenarnya untuk memperbaiki ketidakserasian rating dengan komentar. Proses ini mendapatkan tingkat akurasi sebesar 91,82%, Precision 94,69%, Recall 92,05%, dan f1-score 93,35% evaluasi tersebut mendapatkan predikat sangat baik
References
Aini, S. H. A., Sari, Y. A., & Arwan, A. (2018). Seleksi Fitur Information Gain untuk Klasifikasi Penyakit Jantung Menggunakan Kombinasi Metode K-Nearest Neighbor dan Naïve Bayes. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 2546–2554. http://j-ptiik.ub.ac.id
Andika, L. A., Azizah, P. A. N., & Respatiwulan, R. (2019). Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Hasil Quick Count Pemilihan Presiden Indonesia 2019 pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Indonesian Journal of Applied Statistics, 2(1), 34. https://doi.org/10.13057/ijas.v2i1.29998
Arsi, P., & Waluyo, R. (2021). Analisis Sentimen Wacana Pemindahan Ibu Kota Indonesia Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM). J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 8(1), 147.
Chingmuankim, N. (2022). A comparative study of Naive Bayes Classifiers with improved technique on Text Classification. TechRxiv,1–8. https://doi.org/10.36227/techrxiv.19918360.v1
Databoks. (2021). Pengguna Smartphone diperkirakan Mencapai 89% Populasi pada 2025 (15 September 2020). Diakses pada 10 Maret 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025
Fathonah, F., & Herliana, A. (2021). Penerapan Text Mining Analisis Sentimen Mengenai Vaksin Covid-19 Menggunakan Metode Naï ve Bayes. Jurnal Sains dan Informatika, 7(2), 155-164.
Fransiska, S., & Irham Gufroni, A. (2020). Sentiment Analysis Provider by.U on Google Play Store Reviews with TF-IDF and Support Vector Machine (SVM) Method. Scientific Journal of Informatics, 7(2), 2407–7658. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji
Isnanda, A., Umaidah, Y., & Jaman, J. H. (2021). Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Information Gain Pada Analisis Sentimen Penggunaan E-Wallet Saat Pandemi. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 7(2), 144–153. https://doi.org/10.37012/jtik.v7i2.648
Kurniasari, R., Santoso, R., & Prahutama, A. (2021). Analisis Kecenderungan Laporan Masyarakat Pada “Laporgub..!” Provinsi Jawa Tengah Menggunakan Text Mining Dengan Fuzzy C-Means Clustering. Jurnal Gaussian, 10(4), 544–553. https://doi.org/10.14710/j.gauss.v10i4.33101
Putro, H. F., Vulandari, R. T., & Saptomo, W. L. Y. (2020). Penerapan Metode Naive Bayes Untuk Klasifikasi Pelanggan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIKomSiN), 8(2). https://doi.org/10.30646/tikomsin.v8i2.500
Ramos, S., Soares, J., Cembranel, S. S., Tavares, I., Foroozandeh, Z., Vale, Z., & Fernandes, R. (2021). Data mining techniques for electricity customer characterization. Procedia Computer Science, 186, 475–488. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.04.168
Reza Satria, A., & Adinugroho, S. (2020). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Mobile menggunakan Algoritma Gabungan Naïve Bayes dan C4.5 berbasis Normalisasi Kata Levenshtein Distance. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(11), 4154–4163. http://j-ptiik.ub.ac.id
Salsabila, S. M., Alim Murtopo, A., & Fadhilah, N. (2022). Analisis Sentimen Pelanggan Tokopedia Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Minfo Polgan, 11(2), 30–35. https://doi.org/10.33395/jmp.v11i2.11640
Wardani, N. S., Prahutama, A., & Kartikasari, P. (2020). Analisis Sentimen Pemindahan Ibu Kota Negara Dengan Klasifikasi Naïve Bayes Untuk Model Bernoulli Dan Multinomial. Jurnal Gaussian, 9(3), 237–246. https://doi.org/10.14710/j.gauss.v9i3.27963
Copyright (c) 2025 Ramadhan Chandraditio, Garno Garno, Jajam Haerul Jaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.