Pengembangan Sistem Informasi Akademik Prodi Sistem Informasi Universitas PGRI Silampari Berbasis Website Dan Analisis UML
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat dalam pengaksesan data-data akademik, berupa data dosen, data user, data mata kuliah, data jadwal perkuliahan dan data nilai, maka informasi dapat dirangkum dalam sebuah sistem informasi administrasi akademik berbasis website, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode UML, metode pengembangan sistem waterfall adalah sebuah metode yang digunakan untuk melakukan pembuatan sistem yang dimulai dari tahapan analsis kebutuhan sistem, desain sistem, pengkoden dan implementasi, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mempermudah pihak prodi dalam melakukan pengolahan data administrasi akademik karena telah dilakukan secara online, selain itu metode penelitian ini menggunakan metode UML untuk menganalisis Penggunaan dan menggambarkan bentuk dari website yang sudah dibangun dan dikembangkan, UML berfungsi untuk memperlihatkan apakah website ini sudah sesuai dengan runtutan penyusunannya atau belum.
Kata Kunci: Sistem Informasi, Akademik, UML, Website
References
[2] R. Wulandari, “Dampak Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan,” J. PGSD Indones., vol. 9, no. 2, hal. 66–76, 2023.
[3] S. Aprilisa dan R. Aulia, “Penerapan Metode Prototype dalam Pengembangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web,” J. Tek. Ind. Terintegrasi, vol. 7, no. 1, hal. 333–340, 2024, doi: 10.31004/jutin.v7i1.24749.
[4] Fatawa Imam Al Muftin dan Fendi Hidayat, “Sistem Informasi Penjualan,” Zo. Komput. Progr. Stud. Sist. Inf. Univ. Batam, vol. 13, no. 3, hal. 3–7, 2024, doi: 10.37776/zkomp.v13i3.1461.
[5] M. N. Annisa, D. A. Dewi, dan Y. F. Furnamasari, “Peran Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa di Sekolah,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, hal. 7286–7291, 2021.
[6] I. O. Agustina, Juliantika, S. A. Saputri, dan S. Rizkia Putri, “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam PembinaanDan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar,” J. Bintang Pendidik. Indones. , vol. 1, no. 4, hal. 86–96, 2023.
[7] M. Alviano, Y. Trimarsiah, dan Suryanto, “Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Web Pada Perusahaan Dagang Dendis Production Menggunakan Php Dan Mysql,” J. Inform. dan Komput., vol. 14, no. 1, hal. 37–44, 2023.
[8] H. Pramadia, B. Kurniawan, dan A. Fakih, “Sistem Informasi Surat Di Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kabupaten OKU Menggunakan Embarcadero XE2 Berbasis Client Server,” J. Inform. dan Komput., vol. 13, no. 2, hal. 96–105, 2022.
[9] I. Purnama, A. A. Ritonga, R. Pane, B. Bangun, dan Ri. S. Pratama, “Perancangan Sistem Informasi Data Bahan-Bahan Material Sinar, U D Sigambal, Baru,” J. Comput. Sci. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, hal. 1–7, 2020.
[10] Y. K. Wardhani, “APLIKASI ABSENSI GURU DAN KARYAWAN BERBASIS WEB PADA MTs NEGERI,” J. Tek. Ind. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. August 2021, hal. 93–110, 2022.
[11] I. Rosdiana dan E. A. Pusvita, “APLIKASI PENDATAAN BARANG BERBASIS WEB DI TOKO BANGUNAN SINAR KUDUS Abstraksi Pendahuluan Tinjauan Pustaka,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 5, no. 1, hal. 53–57, 2023.
[12] D. Destaningrum, Suprapto, dan N. H. Wardani, “Analisis Faktor Penerimaan Pengguna E-Learning SMA Negeri di Kota Blitar Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology ( UTAUT ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, hal. 723–732, 2018.
[13] F. K. Astuti dan D. S. Agustina, “Jurnal Informatika dan Komputer ( JIK ) Membangun Website MTS Negeri 01 OKU Timur,” J. Inform. dan Komput., vol. 13, no. 1, hal. 7–14, 2022.
[14] Y. Firmansyah dan Pitriani, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Aplikasi Pelayanan Anggota Pada CU Duta Usaha Bersama Pontianak,” J. Bianglala Inform., vol. 5, no. 2, hal. 53–61, 2017.
[15] M. C. Aruan, “PERANCANGAN APLIKASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA CV. PARAMA PRIMA CONSULT,” JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Ter., vol. 01, no. 03, hal. 193–199, 2021.
Copyright (c) 2025 Muhamad Fadli, Rio Rio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.