Analisis Kriminologi Visual Terhadap Konten Hoaks Politik Di Indonesia Dengan "Teknologi AI" Pada Web Turnbackhoax.Id Tahun 2023-2024

Authors

  • Farhan Mewdy Putra Pardede Universitas Islam Riau
  • Neri Widya Ramailis Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31539/intecoms.v8i1.13927

Abstract

Penelitian ini menggabungkan kajian kriminologi dengan media dan komunikasi melalui penggunaan metode kriminologi visual. Metode ini penting dalam menjembatani bidang ilmu kejahatan dan praktik media, sekaligus menawarkan perspektif baru dalam memahami fenomena kriminal serta dampaknya pada masyarakat. Fokus utama penelitian ini adalah penyalahgunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai alat untuk menciptakan konten hoaks politik di Indonesia, serta mengamati respons masyarakat selaku pengguna media sosial terhadap konten hoaks tersebut. Penelitian ini menganalisis 6 topik konten hoaks pada platform media sosial berbeda yang sebelumnya telah diverifikasi dan dipublikasikan pada situs web turnbackhoax.id selama periode 2023-2024. Tujuan analisis ini adalah untuk mengidentifikasi pola dan bentuk penyalahgunaan yang dilakukan oleh pelaku hoaks yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai alat untuk menciptakan konten hoaks politik di Indonesia.

Kata Kunci: Penyalahgunaan Teknologi, Artificial Intelligence, Konten Hoaks Politik, Analisis Kriminologi Visual.

References

Buku
Alamsyah P., et al. (2024). Jurnalisme Cek Fakta Melawan Disinformasi Pemilu 2024 (1st ed.). Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia.
Idris, A. I. (2018). Klarifikasi Al-Quran Atas Berita Hoaks. Jakarta: Elex Media Komputindo.
O'Brien, M., & Yar, M. (2008). Criminology: The key concepts. New York: Routledge.
Sulhin, I. (2010). Newsmaking Criminology. Dalam Bunga Rampai Kriminologi: Dari Kejahatan & Penyimpangan, Usaha Pengendalian, Sampai Renungan Teoritis (1st ed.). Depok: Departemen Kriminologi FISIP UI.
Wardle, C., & Derakhshan, H. (2017). Information Disorder: Toward an Interdisciplinary Framework for Research and Policymaking. Strasbourg: Council of Europe.

Jurnal Ilmiah
Andzani, D., Virgin, D., Pristica, B., & Dwihadiah, D. L. (2024). Analisis Peran Media Sosial dalam Proses Mediatisasi Politik: Perspektif Komunikasi Politik dan Partisipasi Publik. Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 11(1), 1003-1011. https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.55526
Athifahputih, P. Y. R. (2022). Penegakan Hukum Terhadap Penyebaran Berita Hoax Di Lihat Dari Tinjauan Hukum. Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi, 10(1), 64-77. https://doi.org/10.20961/hpe.v10i1.62843
Azizi, M. A. (2023). Konsep Technological Determinism dalam Penelitian Komunikasi dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Manusia. Universal Grace Journal, 1(1), 34-43.
Ballara, N. B. (2023). The Power of Social Validation: A Literature Review on How Likes, Comments, and Shares Shape User Behavior on Social Media. International Journal of Research Publication and Reviews, 4(7), 1852-1864. https://doi.org/10.55248/gengpi.4.723.51227
Fadhilah, A. D. Z., & Retnoningsih, S. (2024). Perancangan Kampanye Digital Melawan Disinformasi Melalui Artificial Intelligence dan Deepfake di Kalangan Pra Lansia Usia 45-55 Tahun. FAD, 3(02), 1-17.
Farid, A. S. (2023). Penggunaan Media Sosial dalam Kampanye Politik dan Dampaknya terhadap Partisipasi Politik dan Persepsi Publik. QAULAN: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 45-50.
Hauer, T. (2017). Technological Determinism and New Media. International Journal of English Literature and Social Sciences, 2(2), 1-4.
Haqqo, A., & Ansoriyah, S. (2023). TurnBackHoax.id: Upaya Pemutusan Disinformasi Berita-berita Pemilu 2024. Indonesian Journal of Applied Linguistics Review, 4(1), 9-18. https://doi.org/10.21009/ijalr.41.02
Hawari, T. N., & Sari, H. P. (2019). Analisis Kriminologis Penggunaan News Picture dalam Hoax yang Tersebar di Media Sosial (Analisis Isi Hoax pada Turnbackhoax. Id). Deviance Jurnal Kriminologi, 3(2), 91-109. https://dx.doi.org/10.36080/djk.1095
Hermawan, N., Dewi, D. A., & Ardiansyah, M. I. (2024). Budaya di Era Digital: Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Indonesia. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.110
Irhamdhika, G. (2022). Mitigasi Hoax di Era Disrupsi Melalui Literasi Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 39-46. https://doi.org/10.31294/kom.v9i1.12610
Jahrir, A. S., Al Qadri, M. I., Nurfadilah, N., Wahyu, M. S., Syahria, S., Amiruddin, A., & Rahmawati, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Bahasa dalam Spanduk Lockdown Wilayah Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar. Panrita: Jurnal Bahasa Dan Sastra Daerah Serta Pembelajarannya, 2(1), 18-26.
Khanjani, Z., Watson, G., & Janeja, V. P. (2023). Audio deepfakes: A survey. Frontiers in Big Data, 5, 1001063.
Muzarli, F. (2022). Pelanggaran Lalu Lintas oleh Driver Ojek Online di Kota Pekanbaru. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Riau).
Najemi, A., Munandar, T. I., & Prayudi, A. H. (2021). Bahaya penyampaian berita bohong melalui media sosial. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 575-582. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16646
Nurhaipah, T., & Ramallah, Z. (2024). Literasi Media Dalam Menangkal Informasi Hoaks Jelang Kontestasi Politik 2024. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), 2(2), 100-111. https://doi.org/10.25124/ijdpr.v2i2.6834
Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(02), 473-486. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.975
Ramailis, N. W. (2020). Cyber Crime dan Potensi Munculnya Viktimisasi Perempuan di Era Teknologi Industri 4.0. Sisi Lain Realita, 5(01), 1-20. https://doi.org/10.25299/sisilainrealita.2020.vol5(01).6381
Siahaan, M., Jasa, C. H., Anderson, K., Rosiana, M. V., Lim, S., & Yudianto, W. (2020). Penerapan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Seorang Penyandang Disabilitas Tunanetra. Journal of Information System and Technology (JOINT), 1(2), 186-193. https://doi.org/10.37253/joint.v1i2.4322
Silalahi, R. R., & Sevilla, V. (2020). Rekonstruksi Makna Hoaks di Tengah Arus Informasi Digital. Glob. Komunika, 3(1), 8-17. https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1722
Sugiono, S. (2024). Proses Adopsi Teknologi Generative Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan: Perspektif Teori Difusi Inovasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 110-133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4859
Syamsuddin, M. M., (2019). Dasar Konsep Kecerdasan Buatan (Kecerdasan Buatan/ AI) dalam Kritik Filsafat Timur. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Thadeus, C. (2024). Pelindungan Hak Cipta atas Karya-Karya Seni yang Digunakan Sebagai Dataset bagi Generative Artificial Intelligence (AI Generatif) (Skripsi Sarjana, Universitas Kristen Indonesia).
Tutrianto, R., & Nizar, S. (2021). Cyber Sexual Harassment Sebagai Bentuk Kerentanan Viktimisasi Terhadap Perempuan (Studi pada Tiga Korban Pengguna Twitter Inisial DN, NA, dan R). Sisi Lain Realita, 6(2), 17-32.
Widayanti, S., & Pujiyono, A. (2022). Perilaku Konsumsi Swike Kodok Pada Masyarakat Muslim Di Kabupaten Grobogan. Diponegoro Journal of Islamic Economics and Business, 1(2), 118-133. https://doi.org/10.14710/djieb.13588
Wuriyanti, O., & Febriana, P. (2022). Problematika Penggunaan New Media (Whatsapp) di Kalangan Lansia sebagai Media Bertukar Pesan di Era Digital. Jurnal Komunikasi, 16(2), 161-175. https://doi.org/10.21107/ilkom.v16i2.15770

Website
Anand, A. (2023, 16 Mei). AI-Generated Images Shared To Claim Vladimir Putin Suffered a Heart Attack. Thequint. Diakses pada pada 8 Oktober 2024, pukul 23.00 WIB dari https://www.thequint.com/amp/story/news/webqoof/russian-president-vladimir-putin-suffered-heart-attack-fact-check#read-more
Ardhi Ardhaz (2024, 24 Juli). Facebook. Diakses pada 20 November 2024, pukul 16.38 WIB dari https://www.facebook.com/share/r/L9DTZJSsfo4yuDUu/
Assyakiri, K. (2022, 17 Januari). Tabayyun: Perintah Lawas tetapi Masih Relevan. NU Online Banten. Diakses pada 15 September 2024, pukul 13.57 WIB dari https://banten.nu.or.id/opini/tabayyun-perintah-lawas-tetapi-masih-relevan-KjzqN
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (2023). Hoaks. Kamus Besar Bahasa Indonesia VI Daring. Diakses pada 3 Oktober 2024, pukul 15.13 WIB dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/hoaks
CNN Indonesia (2023, 2 November). VIDEO: Perang Israel-Hamas, Prabowo Minta Ini Ke Pimpinan TNI. Diakses pada 18 November 2024, pukul 17.04 WIB dari https://www.cnnindonesia.com/tv/20231102181809-407-1019318/video-perang-israel-hamas-prabowo-minta-ini-ke-pimpinan-tni
Dina Natalia Lee [@gustavssondhela] (2024, 30 Agustus). X. Diakses pada 21 November 2024, pukul 00.42 WIB dari https://x.com/gustavssondhela/status/1829445709072117997
Dwi, C. (2024, 1 Januari) Dunia "Panas"! 50 Negara Serentak Gelar Pemilu di 2024: RI-AS. CNBCIndonesia. Diakses pada 5 September 2024, pukul 17.30 WIB dari https://www.cnbcindonesia.com/research/20240101125324-128-501768/dunia-panas-50-negara-serentak-gelar-pemilu-di-2024-ri-as
Fisipol (2018, 11 Mei). Kerentanan Agama Menjadi Komoditas Politik. Fisipol.ugm.ac.id. Diakses pada 16 Oktober 2024, pukul 22.24 WIB dari https://fisipol.ugm.ac.id/kerentanan-agama-menjadi-komoditas-politik/
Google Trends. (2024). Diakses , pada 16 Maret 2024, pukul 17.01 WIB dari https://trends.google.com/trends/explore?date=2019-10-03%202024-03-15,2019-10-03%202024-03-15&geo=US,ID&q=%2Fm%2F0mkz,%2Fm%2F0mkz&hl=id
Hidayah, N., Purnama, F. Y., Murfianti, F., & Perangin-angin, L. (2023, 18 Desember). Hoaks Mengintai Pemilu 2024: Mengapa Banyak Orang Terjebak Hoaks. Koran Tempo. Diakses pada 23 Oktober 2024, pukul 14.20 WIB dari https://koran.tempo.co/read/media/486197/hoaks-mengintai-pemilu-2024
Jensen, K. (2021, 27 Januari). Don’t Believe Everything You See: A Discussion of Deepfake by Sarah Littman with Lisa Krok. Diakses pada 20 Maret 2024, pukul 14.58 WIB dari https://teenlibrariantoolbox.com/2021/01/27/dont-believe-everything-you-see-a-discussion-of-deepfake-by-sarah-littman-with-lisa-krok/
Kemp, S. (2024, 21 Februari). Digital 2024: Indonesia. DataReportal. Diakses pada 6 Oktober 2024, pukul 14.50 WIB dari https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Leonblanco38 [@leonblanco38] (2024, 1 Juni). TikTok. Diakses pada 20 November 2024, pukul 17.55 WIB dari https://vt.tiktok.com/ZSjugmAQW/
Mafindo.or.id (2023, 30 Januari). Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Januari 2023. Diakses pada 23 Oktober 2024, pukul 13.28 WIB dari https://mafindo.or.id/publikasi-riset/laporan-bulanan/laporan-pemetaan-hoaks-edisi-januari-2023/
Masyarakat Telematika Indonesia (2017). Hasil Survey Wabah HOAX Nasional 2017. Diakses pada 20 September 2024, pukul 11.15 WIB dari https://mastel.id/hasil-survey-wabah-hoax-nasional-2017/
Masyarakat Telematika Indonesia (2019). Hasil Survey Wabah HOAX Nasional 2019. Diakses pada 20 September 2024, pukul 11.15 WIB dari https://mastel.id/hasil-survey-wabah-hoax-nasional-2019/
METRO TV [@metrotvnews] (2023, 16 Juli). Pidato Kebangsaan Anies Baswedan dalam Apel Siaga Perubahan Partai NasDem. YouTube. Diakses pada 18 November 2024, pukul 13.42 WIB dari https://www.youtube.com/watch?v=5wxZ84v7lCw&t=206s
Mislam (2019, 1 November). Ciri informasi atau Berita Hoax Yang Mudah Dikenali. Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Diakses pada 2 Oktober 2024, pukul 17.29 WIB dari https://birokesra.babelprov.go.id/content/ciri-informasi-atau-berita-hoax-yang-mudah-dikenali
MOTUBA [@motuba_ofisial] (2024, 21 Januari). Instagram. Diakses pada 27 November 2024, pukul 00.38 WIB dari https://www.instagram.com/reel/C2XqhsWJ_MP/?igsh=MWNzcHdteDhraDJjNA==
Muhamad, N. (2024, 8 Agustus). Mayoritas Penduduk Indonesia Beragama Islam pada Semester I 2024. databoks. Diakses pada 6 Oktober 2024, pukul 11.10 WIB dari https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/66b45dd8e5dd0/mayoritas-penduduk-indonesia-beragama-islam-pada-semester-i-2024
Routledge.
Rizkinaswara, L. (2019, 15 Maret). Ciri-Ciri, Akibat dan Kenapa Kita Mudah Percaya Hoaks. KOMINFO Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika. Diakses pada 2 Oktober 2024, pukul 17.29 WIB dari https://aptika.kominfo.go.id/2019/03/ciri-ciri-akibat-dan-kenapa-kita-mudah-percaya-hoaks/
Papi Zayn [@vickyjackson200] (2022, 23 Februari). TikTok. Diakses pada 26 November 2024, pukul 21.47 WIB dari https://www.tiktok.com/@vickyjackson200/video/7067872185376951579
Pramudya, A. (2023, 16 Juni). Penggunaan Aplikasi AI Image Generator Untuk Digital Marketing. mekari jurnal. Diakses pada 16 Oktober 2024, pukul 20.03 WIB dari https://www.jurnal.id/id/blog/contoh-cara-menggunakan-aplikasi-ai-image-generator-untuk-digital-marketing/
Punyakamu100417 [@kiy100417] (2024, 11 Februari). TikTok. Diakses pada 27 Oktober 2024, pukul 00.44 WIB dari https://vt.tiktok.com/ZSjuxcEEo/
Ramli, A. M. & Gatra, S. (2023, 14 Oktober). "Deepfake, Al-Crime", UU PDP, dan KUHP Baru. Kompas.com. Diakses pada 16 Oktober 2024, pukul 17.23 WIB dari https://www.kompas.com/tren/read/2023/10/14/154802465/deepfake-al-crime-uu-pdp-dan-kuhp-baru?page=all#page2
Sadstory_0270 [@sadstory_0270] (2024, 30 Januari). TikTok Diakses pada 26 November 2024, pukul 06.30 WIB dari https://vt.tiktok.com/ZSj8vaqB4/
San [@san12699] (2023, 14 November). TikTok. Diakses pada 18 November 2024, pukul 13.43 WIB dari https://vt.tiktok.com/ZSjf4xDmK/
Setiawati, S. (2024, 12 Januari). 50 Negara Gelar Pemilu di 2024, Ini Efek Dahsyatnya ke Ekonomi Dunia. CNBCIndonesia. Diakses pada 5 September 2024, pukul 17.49 WIB dari https://www.cnbcindonesia.com/research/20240111164238-128-504885/50-negara-gelar-pemilu-di-2024-ini-efek-dahsyatnya-ke-ekonomi-dunia
Subhan Zain (2024, 26 Agustus). Facebook. Diakses pada 21 November 2024, pukul 20.00 WIB dari https://www.facebook.com/share/r/59CbADrQxbn2VQ33/
Syarif, M. (2023, 7 Desember). AI dalam kampanye Pemilu 2024: akankah memperparah penyebaran hoaks?. THE CONVERSATION. Diakses pada 12 Oktober 2024, pukul 7.34 WIB dari https://theconversation.com/ai-dalam-kampanye-pemilu-2024-akankah-memperparah-penyebaran-hoaks-219325
Tamtomo, A. B., & Erdianto, K. (2023, 6 September) INFOGRAFIK: Geoffrey Hinton Keluar dari Google, Ingatkan Bahaya AI di Masa Depan. KOMPAS.com. Diakses pada 14.53 WIB dari https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/05/06/111500382/infografik--geoffrey-hinton-keluar-dari-google-ingatkan-bahaya-ai-di
TRIYONO [@tri_ondol] (2024, 14 Januari). TikTok. Diakses pada 18 November 2024, pukul 16.31 WIB dari https://vt.tiktok.com/ZSjaQrwLp/
Turnbackhoax.id (2023, 8 Juni). [SALAH] Foto Presiden Putin Terjatuh Akibat Serangan Jantung. Diakses pada 8 Oktober 2024, pada pukul 23.28 WIB dari https://turnbackhoax.id/2023/06/08/salah-foto-presiden-putin-terjatuh-akibat-serangan-jantung/
Turnbackhoax.id (2024, 3 September). [SALAH] Video Anies Baswedan “MANTAN GUBERNUR DURHAKA”. Diakses pada 21 November 2024, pukul 14.14 WIB dari https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/09/X-ab-durhaka-03-768x864.png
Web, A. (2023). Memahami Artificial Intelligence sebagai Gebrakan di Dunia Teknologi Digital. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia: ASN Unggul. Diakses pada 20 Maret 2024, pukul 14.17 WIB dari https://bkpsdm.jogjakota.go.id/detail/index/28439#:~:text=Tujuan%20utama%20AI%20adalah%20meniru,Sistem%20dapat%20bertindak%20seperti%20manusia

Downloads

Published

2025-03-04