Perancangan UI/UX Aplikasi Absensi Untuk Guru Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Metode Desain Thinking

  • Hikmal Prabowo Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Heni Wulandari Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Ruly Dwi Arista Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Penelitian ini mengkaji perancangan prototipe antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) untuk aplikasi absensi guru di sekolah dasar menggunakan metode Design Thinking. Dengan kemajuan teknologi yang mempengaruhi berbagai sektor, termasuk pendidikan, pencatatan kehadiran guru menjadi semakin penting. Proses absensi yang masih dilakukan secara manual di SD Negeri 056025 Bukit Salak berdampak pada efisiensi dan akurasi data. Melalui pendekatan Design Thinking yang meliputi tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test, penelitian ini bertujuan untuk memahami kebutuhan pengguna dan menciptakan aplikasi yang user-friendly. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pencatatan kehadiran, mempermudah administrasi, dan memberikan pengalaman positif bagi pengguna.

References

Angelina, Kristin, Erwin Sutomo, and Vivine Nurcahyawati. 2022. “Desain UI UX Aplikasi Penjualan Dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis Menggunakan Pendekatan Design Thinking.” Tematik 9 (1): 70–78. https://doi.org/10.38204/tematik.v9i1.915.
ARAMY, N. 2022. “Sistem Pendataan Absensi Karyawan Pada Kantor Kip Aceh Tengah Berbasis Web Menggunakan Qr Code.” https://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/2738/%0Ahttps://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/2738/1/NICO ARAMY%2C 1714373119.pdf.
Ashiddiq, Muhammad Naufal. 2024. “Perancangan Ui/Ux Learning Management System (Lms) Aplikasi Mobile Edu-Learn Menggunakan Metode Design Thinking.” Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan 12 (1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3693.
Faizah, Siti, and Eni Pudjiarti. 2024. “Perancangan Desain UI / UX Absensi Karyawan Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Metode Design Thinking Pada PT . Tanto Intim Line Jakarta” 11 (2): 178–86.
Fariyanto, Feri, Suaidah, and Faruk Ulum. 2021. “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan).” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI) 2 (2): 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.
Fauziyah, Rizqi, and Yunita Yunita. 2024. “Perancangan Ui/Ux Absensi Karyawan Pt. Sumber Bahagia Metalindo Dengan Metode Design Thinking.” Journal of Information System, Informatics and Computing 8 (1): 50. https://doi.org/10.52362/jisicom.v8i1.1504.
Handayani, Fitri, and Nurajijah Nurajijah. 2024. “Analisis Desain User Interface Dan User Experience Aplikasi Spidol Menggunakan Metode Design Thinking.” Jurnal Infortech 6 (1): 37–45. https://doi.org/10.31294/infortech.v6i1.21876.
Madawara, Herdin Yohnes, Penidas Fiodinggo Tanaem, and Dwi Hosanna Bangkalang. 2022. “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Ktm Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) 5 (2): 111–25. https://doi.org/10.37792/jukanti.v5i2.560.
Nasution, Zul Haji, Akhyar Lubis, and Eko Hariyanto. 2023. “Rancang Bangun Sistem E-Arsip Berbasis Web Menggunakan Metode Design Thinking.” INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science 6 (1): 60–65. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i1.5349.
Nugroho, Muhammad Justian, and Dian Hafidh Zulfikar. 2023. “Analisa Perancangan UI/UX Aplikasi Absensi Dengan Metode Design Thinking Pada PT. Pertamina Patra Niaga Sumbagsel.” Seminar Nasional AMIKOM Surakarta (SEMNASA), no. November, 226–39.
Pamuji Muhamad Jakak, Andewi Yunita Putri, Diska Puspita Dewi, Fajar Sujatniko, Nadia Sahurina, and Septi Khoiriah. 2023. “Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Absensi Guru Di SMP Negeri 2 Belitang Madang Raya.” Instink: Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi Dan Komputer 2 (1): 1–8. https://doi.org/10.30599/instink.v2i1.2073.
Prabowo, Ade, Rio Septian Hardinata, and Raja Nasrul Fuad. 2023. “Aplikasi Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web Pada CV Lamegogo Persada Karya Menggunakan Metode Design Thinking.” INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science 6 (1): 321–26. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i1.5984.
Ratna Nur Fadilah, and Dhian Sweetania. 2023. “Perancangan Design Prototype Ui/Ux Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking.” Jurnal Ilmiah Teknik 2 (2): 132–46. https://doi.org/10.56127/juit.v2i2.826.
Ratnaningsih, Dwi, and Achmad Rifai. 2024. “Perancangan Ui/Ux Design Aplikasi Penilaian E-Raport Dengan Metode Pendekatan Design Thinking.” Journal of Computer Science and Information Technology 1 (2): 75–88. https://doi.org/10.59407/jcsit.v1i2.559.
Sari, Riski Mayang, Imam Ma’ruf Nugroho, and Moch Hafid T. 2022. “Perancangan UI / UX Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar Dengan Metode Design Thinking.” Information Management for Educators and Professionals 6 (2): 121–30.
Supiyandi, S, C Rizal, and B Fachri. 2022. “Implementasi Model Prototyping Dalam Perancangan Sistem Informasi Desa.” Resolusi: Rekayasa Teknik … 3 (3): 211–16. http://djournals.com/resolusi/article/view/611%0Ahttps://djournals.com/resolusi/article/download/611/396.
Widiatmoko, Danang Tri, and Birmanti Setya Utami. 2022. “Perancangan UI/UX Purwarupa Aplikasi Penentu Kualitas Benih Bunga Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus PT Selektani).” Aiti 19 (1): 120–36. https://doi.org/10.24246/aiti.v19i1.120-136.
Wijaya, Bondan, and D. Tri Octafian. 2023. “Perancangan User Interface Dan User Experience Website Smk N 1 Palembang Menggunakan Metode Design Thinking.” MDP Student Conference 2 (1): 84–90. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i1.4496.
Yessica Nur Ameilia Pratiwi, Maulina Aurelly Putri, and Muhamad Firmansyah. 2022. “Perancangan Antarmuka Sistem Informasi Smart Classroom Menggunakan Metode Design Thinking.” Journal of Computer Science and Visual Communication Design 7 (1): 36–47. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v7i1.505.
Zen, Muhammad, Chairul Rizal, and Muhammad Eka. 2021. “Rancang Bangun Aplikasi Absensi Siswa (Studi Kasus Lkp Karya Prima Kursus).” ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika 5 (November): 80–87.
Published
2025-02-16
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times