Implementasi Media Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di PAUD BKB Harapan Mulya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media interaktif dalam pembelajaran bahasa Inggris di PAUD BKB Harapan Mulya. Dengan semakin berkembangnya teknologi, pendekatan pembelajaran konvensional seperti ceramah dan media cetak dinilai kurang menarik minat belajar anak. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan Adobe Flash CS6 untuk membuat media pembelajaran yang interaktif, menarik, dan tepat untuk anak usia dini. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait digunakan untuk memperoleh data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif dapat membuat siswa lebih termotivasi dan terlibat dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, siswa lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran bila menggunakan media interaktif. Selain itu, penelitian ini juga menemukan beberapa permasalahan yang dihadapi dalam penggunaan media interaktif, seperti terbatasnya akses terhadap teknologi dan kurangnya instruksi bagi guru. Rekomendasi untuk perbaikan di masa depan mencakup peningkatan instruksi bagi guru dan pengadaan perangkat yang lebih mendukung pembelajaran interaktif. Dengan demikian, kualitas pendidikan di PAUD BKB Harapan Mulya diharapkan meningkat melalui penggunaan media interaktif.
References
2. Sudaryono, S., Desrianti, D. I. & Maulida, S. N. Media Animasi Interaktif Untuk Anak Usia Dini Pada Ra Yasir Tangerang. ICIT J. 4, 168–179 (2018).
3. Arnada, E. Z. & Putra, R. W. Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. J. IDEALIS 1, 394 (2018).
4. Hanafri, Muhammad Iqbal and Syaipul Ramdhan, K. N. Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6. J. Sisfotek Glob. 7, 38–44 (2017).
5. Maulana, R., Zaizafun Ismi, R. & Indonesia Banda Aceh, S. Rancangan Animasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Ke Indonesia Untuk Anak Usia Dini Berbasis Adobe Flash. J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI 4, 379–385 (2020).
6. Ariandini, N. & Ramly, R. A. Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. J. Kependidikan Media Stats 12, 107–116 (2023).
7. Susilawati, E. Multimedia Interaktif Bahasa Inggris Melalui Adobe Flash Untuk Siswa Sekolah Dasar. 45–56.
8. Kaffah, S. A. Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Mengenai Pengenalan Nama Buah dalam Tiga Bahasa untuk Anak Usia Dini. Indones. J. Early Child. J. Dunia Anak Usia Dini 2, 95 (2020).
9. Ayuningtyas, I., Fadhilah, M. A. & Arifin, R. W. Media Pembelajaran Mengenal Hewan Dalam Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif. PIKSEL Penelit. Ilmu Komput. Sist. Embed. Log. 6, 85–94 (2018).
10. Rasmani, U. E. E. et al. Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini 7, 10–16 (2023).
11. Rondius, B. &. No TitleФормирование парадигмальной теории региональной экономики. Экономика Региона 1–11 (2012).
12. Purwaningsih, E. Mengenal Warna, Angka, Huruf Dan Bentuk Pada Anak Usia Dini Melalui Animasi Interaktif. J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput. 3, 203–210 (2018).
Copyright (c) 2025 Putri Wulandari, Dwita Rahmawati, Mariyatul Qibthiyah, Kiki Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.