Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate Untuk TK Permata Hati

  • Ghina Amalia Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Mutia Dwi Aulia Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Andini Rahmah Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Rasiban Rasiban Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Abstract

Pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam membentuk dasar perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor anak. Namun, metode pembelajaran tradisional sering kali kurang efektif dalam menarik perhatian anak-anak, sehingga diperlukan media pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia menggunakan Adobe Animate untuk mendukung proses belajar-mengajar di TK Permata Hati. Media pembelajaran ini dirancang dengan fitur interaktif, animasi, suara, serta permainan edukatif yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi, studi literatur, dan pendekatan prototyping dalam pengembangan media. Pengujian dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pengujian fungsionalitas, kelayakan, dan efektivitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memudahkan guru dalam menyampaikan materi, serta membantu anak-anak memahami konsep dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan. Dengan demikian, pengembangan media ini dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini.

References

[1] P. G. Aryanti, A. A. Lailany, I. Amelia, A. N. H. Regita, K. Setiawan, and M. B. Yel, “Media Interaktif Pembelajaran Berbasis Multimedia menggunakan Adobe Flash untuk TK dan PAUD,” AJAD J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 61–75, 2024, doi: 10.59431/ajad.v4i1.282.
[2] I. Dewa, A. I. Saraswati, I. Made, and A. O. Gunawan, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif untuk Taman Kanak-Kanak Maitri Bunda,” JUKI J. Komput. dan Inform., vol. 5, pp. 1–14, 2023.
[3] D. Ziliwu, S. Novita, P. E. Lase, and I. Zega, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” vol. 06, no. 01, pp. 4098–4105, 2023.
[4] H. Windayana, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini,” Cakrawala Dini J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, 2018, doi: 10.17509/cd.v5i1.10492.
[5] N. Madina, N. Lamatenggo, R. Husain, M. Rahim, D. Lanto, and N. Amali, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 899–912, 2023, doi: 10.37985/murhum.v4i2.317.
[6] A. Fachrurrazi and T. Kinasih, “Pelatihan media interaktif untuk pembelajaran pengembangan kemampuan sosial anak usia dini,” Kanigara, vol. II, no. 1, pp. 186–194, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/5066%0Ahttp://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/download/5066/3457
[7] Supriyadi, “Media Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Animasi Interaktif Berbasis ActionScript,” J. Komun., vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2020, [Online]. Available: https://www.bing.com/ck/a?!&&p=1d78b821ae05143cJmltdHM9MTcwODk5MjAwMCZpZ3VpZD0yNWFjMDk5MC1hOGM3LTY0NGEtMmM0Mi0xYmJmYTk5MTY1NWQmaW5zaWQ9NTE0Mw&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=25ac0990-a8c7-644a-2c42-1bbfa991655d&psq=actionscript+3.0+berdasarkan+journal&u=a1aHR0cHM
[8] K. Aryaningrum and R. E. Pratama, “Penggunaan Internet Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS,” Jurna Pembelajaran IPS dan PKN, vol. 2, no. 2, pp. 119–129, 2017.
[9] Anik Ismiwati, Bagus Maulana Syah, Refi Difa Arcelia, and Riyan Abdul Aziz, “Perancangan Multimedia Interaktif Pengenalan Alat Transportasi Untuk Taman Kanak-Kanak,” Repeater Publ. Tek. Inform. dan Jar., vol. 2, no. 3, pp. 178–187, 2024, doi: 10.62951/repeater.v2i3.136.
[10] H. Nurhayati and N. W. , Langlang Handayani, “Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3(2), 524–532, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
[11] A. A. U. Kasanah, M. A. Hasan, and A. Mala, “Efektifitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate CC untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” J. Ris. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 2, pp. 197–207, 2024.
[12] T. Y. Al-khoir, S. B. Rahardjo, S. Rahayu, N. Tedi, and A. T. Zy, “Vol. 1 No.2 Desember 2023,” vol. 1, no. 2, pp. 287–296, 2024.
[13] Sriti Mayang Sari, “Peran Warna Interior Terhadap Perkembangan Dan Pendidikan Anak Di Taman Kanak-Kanak,” Dimens. Inter., vol. 2, no. 1, pp. 22–36, 2004, [Online]. Available: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/int/article/view/16244
[14] S. C. A. Wilantoro, A. Saputro, M. Anif, and ..., “Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Di Yayasan Al Karomah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Umi Handayani,” Indones. J. …, vol. 2, no. 2, pp. 131–142, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.intekom.id/index.php/indotech/article/view/679%0Ahttps://jurnal.intekom.id/index.php/indotech/article/download/679/571
[15] R. W. Saputri, R. R. Putra, J. T. Komputer, P. N. Sriwijaya, R. Sholat, and M. Waterfall, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Materi Rukun Sholat Dengan Menggunakan Metode Waterfall,” pp. 1–10.
[16] S. Aulia, A. Yuniasti, R. Wulandari, M. Ahied, F. Munawaroh, and I. Rosidi, “11854-49070-1-Pb,” vol. 5, no. 2, pp. 50–59, 2022.
[17] R. Muhsan, N. Hanim, and Zuraidah, “Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Prezi Berbasis Metode Problem Solving pada Materi Perubahan Lingkungan,” Pros. Semin. Nas. Biot., vol. 10, no. 2, pp. 57–65, 2022.
[18] R. Fadilla and T. Wiharko, “Penerapan Metode Forward Chaining Dalam Sistem Pakar Deteksi Kerusakan Hardware Komputer Berbasis Android,” Digit. Transform. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 408–417, 2023, doi: 10.47709/digitech.v3i2.2784.
[19] Harmayani, Apdilah Dicky, Mapilindo, Oktopanda, & Hutahaean Jeperson. (2021). FullBook+Aplikasi+Komputer-dikompresi.
[20] G. T. Cipta et al., “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Teorema Pythagoras Berbasis Adobe Animate CC,” vol. 08, no. July, pp. 2003–2014, 2024.
Published
2025-03-12
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times