Implementasi Alat Sensor Gerak Tangan Pengidap Stroke Menggunakan Metode Svm Dan Flex Sensor Via Telegram

Authors

  • Ilham Adi Syaputra Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Dadang Iskandar Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31539/intecoms.v8i2.14520

Abstract

Pengenalan gerak tangan bahasa isyarat merupakan tantangan signifikan dalam membantu komunikasi bagi pengidap stroke yang mengalami kesulitan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem yang dapat mengenali gerakan tangan yang digunakan dalam bahasa isyarat dengan memanfaatkan metode Support Vector Machine (SVM) dan sensor fleksibel (flex sensor) berbasis Internet of Things (IoT). Sistem ini dirancang untuk mendeteksi dan menginterpretasikan gerakan tangan secara real-time, sehingga dapat memfasilitasi komunikasi yang lebih efektif antara pengidap stroke dan lingkungan sekitarnya. Dalam penelitian ini, data gerakan tangan dikumpulkan menggunakan flex sensor yang dipasang pada jari, yang kemudian diproses menggunakan algoritma SVM untuk klasifikasi gerakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu mencapai tingkat akurasi yang tinggi dalam mengenali berbagai gerakan tangan yang mewakili huruf dan kata dalam bahasa isyarat. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi dalam bidang teknologi assistive, tetapi juga berpotensi meningkatkan kualitas hidup pengidap stroke dengan mempermudah interaksi sosial mereka.

References

[1] P. G. Aryanti, A. A. Lailany, I. Amelia, A. N. H. Regita, K. Setiawan, and M. B. Yel, “Media Interaktif Pembelajaran Berbasis Multimedia menggunakan Adobe Flash untuk TK dan PAUD,” AJAD J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 61–75, 2024, doi: 10.59431/ajad.v4i1.282.

[2] I. Dewa, A. I. Saraswati, I. Made, and A. O. Gunawan, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif untuk Taman Kanak-Kanak Maitri Bunda,” JUKI J. Komput. dan Inform., vol. 5, pp. 1–14, 2023.

[3] D. Ziliwu, S. Novita, P. E. Lase, and I. Zega, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” vol. 06, no. 01, pp. 4098–4105, 2023.

[4] H. Windayana, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini,” Cakrawala Dini J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, 2018, doi: 10.17509/cd.v5i1.10492.

[5] N. Madina, N. Lamatenggo, R. Husain, M. Rahim, D. Lanto, and N. Amali, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 899–912, 2023, doi: 10.37985/murhum.v4i2.317.

[6] A. Fachrurrazi and T. Kinasih, “Pelatihan media interaktif untuk pembelajaran pengembangan kemampuan sosial anak usia dini,” Kanigara, vol. II, no. 1, pp. 186–194, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/5066%0Ahttp://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/download/5066/3457

[7] Supriyadi, “Media Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Animasi Interaktif Berbasis ActionScript,” J. Komun., vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2020, [Online]. Available: https://www.bing.com/ck/a?!&&p=1d78b821ae05143cJmltdHM9MTcwODk5MjAwMCZpZ3VpZD0yNWFjMDk5MC1hOGM3LTY0NGEtMmM0Mi0xYmJmYTk5MTY1NWQmaW5zaWQ9NTE0Mw&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=25ac0990-a8c7-644a-2c42-1bbfa991655d&psq=actionscript+3.0+berdasarkan+journal&u=a1aHR0cHM

[8] K. Aryaningrum and R. E. Pratama, “Penggunaan Internet Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS,” Jurna Pembelajaran IPS dan PKN, vol. 2, no. 2, pp. 119–129, 2017.

[9] Anik Ismiwati, Bagus Maulana Syah, Refi Difa Arcelia, and Riyan Abdul Aziz, “Perancangan Multimedia Interaktif Pengenalan Alat Transportasi Untuk Taman Kanak-Kanak,” Repeater Publ. Tek. Inform. dan Jar., vol. 2, no. 3, pp. 178–187, 2024, doi: 10.62951/repeater.v2i3.136.

[10] H. Nurhayati and N. W. , Langlang Handayani, “Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3(2), 524–532, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

[11] A. A. U. Kasanah, M. A. Hasan, and A. Mala, “Efektifitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate CC untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” J. Ris. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 2, pp. 197–207, 2024.

[12] T. Y. Al-khoir, S. B. Rahardjo, S. Rahayu, N. Tedi, and A. T. Zy, “Vol. 1 No.2 Desember 2023,” vol. 1, no. 2, pp. 287–296, 2024.

[13] Sriti Mayang Sari, “Peran Warna Interior Terhadap Perkembangan Dan Pendidikan Anak Di Taman Kanak-Kanak,” Dimens. Inter., vol. 2, no. 1, pp. 22–36, 2004, [Online]. Available: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/int/article/view/16244

[14] S. C. A. Wilantoro, A. Saputro, M. Anif, and ..., “Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Di Yayasan Al Karomah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Umi Handayani,” Indones. J. …, vol. 2, no. 2, pp. 131–142, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.intekom.id/index.php/indotech/article/view/679%0Ahttps://jurnal.intekom.id/index.php/indotech/article/download/679/571

[15] R. W. Saputri, R. R. Putra, J. T. Komputer, P. N. Sriwijaya, R. Sholat, and M. Waterfall, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Materi Rukun Sholat Dengan Menggunakan Metode Waterfall,” pp. 1–10.

[16] S. Aulia, A. Yuniasti, R. Wulandari, M. Ahied, F. Munawaroh, and I. Rosidi, “11854-49070-1-Pb,” vol. 5, no. 2, pp. 50–59, 2022.

[17] R. Muhsan, N. Hanim, and Zuraidah, “Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Prezi Berbasis Metode Problem Solving pada Materi Perubahan Lingkungan,” Pros. Semin. Nas. Biot., vol. 10, no. 2, pp. 57–65, 2022.

[18] R. Fadilla and T. Wiharko, “Penerapan Metode Forward Chaining Dalam Sistem Pakar Deteksi Kerusakan Hardware Komputer Berbasis Android,” Digit. Transform. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 408–417, 2023, doi: 10.47709/digitech.v3i2.2784.

[19] Harmayani, Apdilah Dicky, Mapilindo, Oktopanda, & Hutahaean Jeperson. (2021). FullBook+Aplikasi+Komputer-dikompresi.

[20] G. T. Cipta et al., “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Teorema Pythagoras Berbasis Adobe Animate CC,” vol. 08, no. July, pp. 2003–2014, 2024.

Downloads

Published

2025-04-30