Desain UI/UX Aplikasi E-commerce Pada Toko Bolu Miranti Menggunakan Metode Desain Thingking

Authors

  • Satria Pratama Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Randi Rian Putra Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Hermansyah Hermansyah Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31539/intecoms.v8i2.14804

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) untuk aplikasi e-commerce pada Toko Bolu Miranti dengan menggunakan metode Design Thinking. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, keberadaan platform e-commerce menjadi semakin penting untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk, khususnya di sektor kuliner. Metode Design Thinking yang meliputi lima tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test,digunakan untuk memahami kebutuhan pengguna dan menciptakan solusi yang efektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain UI/UX yang intuitif dan menarik tidak hanya memenuhi ekspektasi pengguna dalam hal navigasi, tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan saat melakukan transaksi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan aplikasi e-commerce untuk UMKM di Indonesia.

References

Adolph, R. (2024). PROTOTYPE (DESAIN UI UX) APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL DENGAN FIGMA. 1–23.
Alfiansyah, M. I., & Junianto, M. B. S. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Commerce Menggunakan Metode Web Information System Development Methodology (Studi Kasus: Jaks Store.Id). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.35957/jtsi.v4i1.2929
Alif, S., Nasution, P., Wulandari, H., & Arista, R. D. (2024). Perancangan UI / UX Aplikasi Moblie Pertolongan Pertama Dengan Metode Prototipe Interaksi Untuk Meningkatkan Respon Darurat. 5(1), 14–23. https://doi.org/10.47065/bulletincsr.v5i1.432
Destiyana, N., & Defriani, M. (2024). Perancangan UI / UX Aplikasi Penjualan Pada Toko Kue Global Berbasis Mobile Dengan Metode User Journey Map. Merkurius : Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2(5), 180–190.
Fahrudin, R., & Ilyasa, R. (2021). Perancangan Aplikasi “Nugas” Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.714
Firmansyah, R. H., & Amin, F. M. (2024). DESAIN UI / UX WEBSITE RAKIT PC DB KLIK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. 8(6), 12719–12726.
Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730
Kaunang, S. G., Tulenan, V., & Sengkey, D. F. (2024). Application Using Design Thinking Method. 19(4), 329–340.
Kurnianto, F., Informatika, J., Industri, F. T., Gustri, E., & Jurusan Informatika, W. (2021). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Basis Data Sekar Kawung Untuk Pegawai Lapangan Perusahaan Sosial Sekar Kawung. Automata, 3(2), 1–69. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42600
Maosul, I. A. (2024). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Pencarian Pekerjaan Didamel.Id Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4159
Maulana, B., Dayu, W., & Agustin, R. R. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN E-COMMERCE UMKM MENGGUNAKAN IMC ( STUDI KASUS PADA GALERI ULOS SIANIPAR ). 4307(4), 2061–2070.
Muflihah, A., Nugraha, B., & Ali Ridha, A. (2024). Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Toko Kue Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 8049–8057. https://doi.org/10.36040/jati.v8i4.10651
Muryanto, & Wahyuni, S. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Aplikasi E-Ky Berbasis Web Pada Pt Pantja Inti Press Industri. Jurnal Informasi Dan Komputer, 11(2), 1–9.
Nisa, C., Shatika, R., Prasetya, A., Rahmadewi, C. D., & Akbar, M. (2024). Perancangan User Interface Pada Aplikasi E-Commers Petshop Happypals Dengan Metode Desain Thinking. 3(September), 57–69.
Nur Wulandari, D. A., Sunarti, S., & Kuspriyono, T. (2023). Design UI/UX Menggunakan Metode Design Thingking Pada Website UMKM Hendz Florist Aglonema. Jurnal Infortech, 5(1), 22–29. https://doi.org/10.31294/infortech.v5i1.15376
Pakar, S., Penyakit, D., Menggunakan, K., & Factor, C. (2023a). Jurnal mahajana informasi. 8(1), 36–43.
Pakar, S., Penyakit, D., Menggunakan, K., & Factor, C. (2023b). Sistem Informasi Pengelolaan Kegiatan Desa Dengan Desain UI&UX Sebagai Transparasi Di Desa Pertumbukan Kecamatan Wampu. 8(1), 36–43.
Setiadi, A. R., & Setiaji, H. (2020). Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor. Automata, 1(2), 228–233.
Tasril, V., J. Prayoga, J. P., & Jayusman, S. F. (2022). User Interface Dan Uji Usability Menggunakan Pendekatan Human- Centered Design Untuk Sistem Akuntansi Pendataan Kas Berbasis Web. Warta Dharmawangsa, 16(3), 371–382. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2232
Weni Oktavia Agus, Finanta Okmayura, Shofia Tri Wahyuni, Greghard Shawenner, Melati Angguni, & Diny Syahputri. (2024). Implementasi Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Pada Aplikasi “Resep Kita.” Jurnal Fasilkom, 14(1), 156–165. https://doi.org/10.37859/jf.v14i1.6637
Wijaya, O. (2023). E-Commerce: Perkembangan, Tren, dan Peraturan Perundang-Undangan. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 41–47. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v16i1.1083

Downloads

Published

2025-03-24