Implementasi Sistem Database Terdistribusi Dengan Metode Partial Replication

  • Mashuri Mashuri Akademi Manajemen Informatika Komputer Selatpanjang

Abstract

Impelementasi sistem database terdistribusi merupakan sistem informasi yang digunakan untuk laporan realisasi fisik dan keuangan kabupaten kepulauan meranti. Penerapan metode partial replica adalah cara baru yang revolusioner untuk mendukung pengembangan proses distribusi pada laporan realisasi fisik dan keuangan, sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Pendistribusian basisdata mengunakan teknik partial replica ini dibagi menjadi dalam dua kelompok utama, yaitu Master yang diletakkan di Adpem pada server public dan slave yang diletakkan di seluruh SKPD. Data yang masuk ke sistem akan diolah dan didistribusikan ke table-table yang telah ditentukan yang pada akhirnya akan didapat perolehan replikasi database. Dengan adanya metode partial replica dalam implementasi database terdistribusi dapat meningkatkan waktu dalam membuat pelaporan realisai fisik dan keuangan kebupaten kepulauan meranti.

References

Chadzami, R. (2019). Implementasi Sistem Penjualan Alat Olah Raga Menggunakan Basis Data Terdistribusi dengan Metode Replikasi Asynchronous (Studi Kasus: Toko Olah Raga Yos Sport Yogyakarta) (Doctoral dissertation, University of Technology Yogyakarta).
Lenti, F. N. (2014). Rekayasa Database Terdistribusi Pada Layanan Pemesanan Tiket Pesawat Terbang. Jurnal Teknologi Technoscientia, 129-134.
Maulana, H. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Replikasi Database Mysql dengan Menggunakan Vmware pada Sistem Operasi Open Source. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 1(1), 32-37.
Niswatin, R. K. (2013). Sistem Informasi Terdistribusi Pada Manajemen Inventarisasi Peralatan Laboratorium. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 1(1), 08-13.
Rauf, A. (2019, August). Aplikasi Database Terdistribusi Pada KSP Sinar Kasih Batam. In SISITI: Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (Vol. 8, No. 2).
Saragih, A., Simarmata, E. R., & Maslan, J. (2015). Perancangan Aplikasi E-Library Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Pada Universitas Methodist Indonesia. Jurnal TIMES, 4(1), 31-35.
Sutanto, F. A., & Razak, J. A. (2010). Model Fragmentasi Sistem Basis Data Terdistribusi Studi Kasus Sistem Member Warnet. Dinamik, 15(2).Sutanta, E., & Ashari, A. (2012). Distribusi basis data kependudukan untuk optimalisasi akses data: suatu kajian pustaka. Jurnal Ilmu Komputer, 5(1), 1-9.
Swara, G. Y., & Pebriadi, Y. (2016). Rekayasa perangkat lunak pemesanan tiket bioskop berbasis web. Jurnal TeknoIf, 4(2).
Triyono, J. (2012). Replikasi Untuk Meningkatkan Kinerja dan Ketersediaan Data (Study Kasus Sistem Informasi Akademik). Jurnal Teknologi Technoscientia, 31-40.
Published
2020-09-17
How to Cite
Mashuri, M. (2020). Implementasi Sistem Database Terdistribusi Dengan Metode Partial Replication. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 113-120. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1582
Abstract viewed = 79 times
PDF downloaded = 35 times