Perancangan Sistem Periklanan Dengan Teknologi Augmented Reality dan Metode Location Based Service

  • Wahyu Joni Kurniawan Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Rometdo Muzawi STMIK AMIK Riau

Abstract

Baliho merupakan salah satu dari beberapa jenis periklanan yang banyak digunakan. Hanya saja banyak berita menginformasikan baliho menyebebakan kecelakaan yang disebabkan oleh kondisi baliho itu sendiri maupun kondisi cuaca. Serta baliho juga mengganggu tatanan kota karna sengat banyak ditemui ukuran besar dari baliho membuat pemandangan kota jadi tidak indah. Karena itu dikembangkanlah periklanan yang memanfaatkan aughmented reality (AR), yang mana teknologi ini menyatukan antara dunia nyata dengan dunia virtual. Metode yang digunakan adalah dengan memanfaatkan teknologi location based service (LBS) yang merupakan salah satu teknologi markerless yang ada pada AR. LBS memanfaatkan titik lokasi  dari iklan yang tersimpan dalam database, yang nantinya saat suatu mobile berada pada radius koordinat lokasi akan menampilkan iklan yang terpasang. Sehingga dengan pemanfaatan AR dengan metode LBS ini, bisa membantu menggantikan baliho yang ada disetiap daerah serta bisa membantu penerapan teknologi 4.0.

Billboards are one of several types of advertising that are widely used. It's just that a lot of news reports that billboards cause accidents caused by the conditions of the billboards themselves and weather conditions. As well as billboards also disturb the structure of the city because it is often found that the large size of the billboards makes the city view not good. Because of that, advertising was developed that utilizes aughmented reality (AR), which this technology unites the real world with the virtual world. The method used is to use location based service (LBS) technology, which is one of the markerless technologies that exist in AR. LBS makes use of the location points of the advertisements stored in the database, which later when a mobile is in the radius of the location coordinates, the advertisements are displayed. So that with the use of AR with the LBS method, it can help replace existing billboards in each region and can help implement 4.0 technology.

References

Adami, F. Z., & Budihartanti, C. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 122-131.
Arief, R., & Adji, G. S. (2019). Aplikasi Location Base System Penyedia Informasi Layanan Darurat Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Fifo, 8(1), 72-84.
Budiman, E. (2016). Pemanfaatan Teknologi Location Based Service Dalam Pengembangan Aplikasi Profil Kampus Universitas Mulawarman Berbasis Mobile. ILKOM Jurnal Ilmiah, 8(3), 137-144.
Ginting, S. L. B. & Saputra, Y. A. G. (2017). Pemanfaatan Teknologi LBS dan Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Pembangunan Aplikasi Denah Petunjuk Ruangan (Studi Kasus: Unikom Bandung). Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM, 2.
Hakim, L. (2018). Pengembangan media pembelajaran PAI berbasis augmented reality. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 59-72.
Haryani, P., & Triyono, J. (2017). Augmented Reality (Ar) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 807-812.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. “KBBI Daring.” Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. https://kbbi.kemdikbud.go.id.
Khusnaeni, N. L., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Iklan Terhadap Sikap Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang Pengguna Kartu Seluler Telkomsel 4G LTE yang Pernah Melihat Iklan Telkomsel 4G LTE Versi “Nixia Gamer”). Jurnal Administrasi Bisnis, 47(2), 49-56.
Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 23468.
Manuhutua, M. A., & Wattimenab, J. (2019). Perancangan Sistem Informasi Konsultasi Akademik Berbasis Website. JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), 9(2), 149-156.
Permana, I., Nurhayati, O. D., & Martono, K. T. (2015). Location Based Service sebagai Penunjuk Lokasi Hotel di Kota Semarang Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(4), 461-470.
Yuliono, T., Sarwanto, S., & Rintayati, P. (2018). Keefektifan Media Pemelajaran Augmented Reality terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 65-84.
Published
2020-11-23
How to Cite
Kurniawan, W., & Muzawi, R. (2020). Perancangan Sistem Periklanan Dengan Teknologi Augmented Reality dan Metode Location Based Service. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 167-173. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1583
Abstract viewed = 14 times
PDF downloaded = 22 times