Perancangan UI/UX Website Custom Jersey Di Luthor Apparel Menggunakan Metode Human Centered Design
DOI:
https://doi.org/10.31539/intecoms.v8i3.16015Abstract
Pertumbuhan industri apparel olahraga dan meningkatnya permintaan terhadap jersey kustom mendorong perlunya platform digital yang intuitif dan interaktif. Luthor Apparel, sebagai brand lokal yang mengusung konsep "bebas desain", menghadapi kendala dalam menyediakan media digital yang mendukung eksplorasi desain dan personalisasi secara mandiri. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang antarmuka UI/UX website custom jersey yang responsif dan user-friendly sesuai kebutuhan pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang UI/UX website Luthor Apparel dengan pendekatan Human Centered Design (HCD) untuk meningkatkan kemudahan interaksi, efektivitas kostumisasi, dan pengalaman pengguna. Metode yang digunakan mengacu pada tahapan HCD yaitu Inspiration, Ideation, dan Implementation, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner terhadap pengguna potensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan berbasis HCD berhasil menghasilkan tampilan antarmuka yang intuitif, navigasi yang jelas, serta fitur kustomisasi yang sesuai ekspektasi pengguna. Lebih dari 80% responden menyatakan puas terhadap sistem yang dikembangkan. Penelitian ini bermanfaat dalam menyediakan model pengembangan UI/UX berbasis pengguna yang aplikatif, serta mendukung inovasi digital di sektor apparel lokal.
References
Fahlevi, F. I., & Abdullah, Z. (2023). Dampak Etams Apparel Bagi Industri Kreatif. Pembangunan Sosial, 11(4), 84–96.
Hafni Hafni, I. I. (2023). Perancangan sistem Pencatatan Kreatif Siswa Berbasis Desktop Pada SMK N 9 Medan. OMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 6(1), 843–846. https://doi.org/10.30865/komik.v6i1.5875
Hendrawan, J., Perwitasari, I. D., & Ramadhani, M. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi UKM Panca Budi Berbasis Website. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i1.1330
Hermansyah, H., Wijaya, R. F., & Wahyuni, S. (2024). Desain Aplikasi Cinta Mangrove Berbasis Mobile Di Desa Kota Pari Dengan Metode Waterfall. Senashtek 2024, 2(1), 42–48.
Mubarok, H., Sokibi, P., Fahrudin, R., Informatika, T., Informasi, F. T., Catur, U., & Cendekia, I. (2023). Perancangan Ui / Ux Website Menggunakan Metode. 1(2), 59–64.
Nurohman, B., & Aziz, A. (2024). Analisis UI/UX Terhadap Perancangan Toko Online Dengan Menggunakan Pendekatan Human Centered Design. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer, 10(1), 2024.
Perwitasari, I. D., & Hendrawan, J. (2020). Rancang Bangun Sistem E-Posyandu Penjadwalan Dan Monitoring Perkembangan Bayi Berbasis Android. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i1.1331
Putra, R. R., Putra, E., & Handayani, S. (2023). User Interface Design for Citizen Data Grouping Information System Using Human Centered Design Method. Jurnal Sains Dan Teknologi Industri, 20(2), 523. https://doi.org/10.24014/sitekin.v20i2.21450
Putra, R. R., Putri, N. A., & Putra, A. D. (2023). WEB-BASED ANALYSIS OF PUBLIC COMPLAINTS IN PERTUMBUKAN VILLAGE USING COSINE SIMILARITY AND TF-IDF TECHNIQUES. 377–386.
Putra, R. R., Putri, N. A., & Putra, A. D. (2024). Instal : Jurnal Komputer. 16.
Putri, N. A., & Hartanto, S. (2022). Sistem Informasi Manajemen Aset Online Dengan Penelusuran Data Menggunakan Konsep String Matching. Device : Journal of Information System, Computer Science and Information Technology, 3(1), 17–24. https://doi.org/10.46576/device.v3i1.2183
Ranti Eka Putri, M. Wasito, & Ayu Nadia Lestari. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 667–675. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1550
Rosaldy, A. T. R., Az-Zahra, H. M., & Wardani, N. H. (2024). Perancangan User Experience Aplikasi Go UMKM by BSI Berbasis Mobile Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548(1), 964X.
Saepul, D. (2023). Penerapan Metode Human Centered Design (HCD) Untuk Perancangan UI/UX Aplikasi Smart Desa Subang. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(3), 311–318. https://doi.org/10.33365/jatika.v4i3.3594
Satwiko, A. (n.d.). Mengkaji Faktor Keberlanjutan dan Masa Depan Digitalisasi Seni dalam Industri Kreatif.
Setiadi, A. R., & Setiaji, H. (2020). Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor. Automata, 1(2), 228–233.
Tasril, V., Zen, M., Fitriani, E. S., & Putra, A. D. (2023). Desain Ui/Ux Prototipe Pembelajaran Berbasis Game Kosakata Bahasa Inggris Dengan Metode Hcd Ui/Ux Design of English Vocabulary Game-Based Learning Prototype Using the Hcd Method. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 6(1), 1–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agil Dwi Putra, Randi Rian Putra, Hermansyah Hermansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.