KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA APLIKASI PEMESANAN TIKET BIOSKOP MOBILE TIX ID

Authors

  • Dhea Dwi Aprillia Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Luthfi Hamzah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Syaifullah Syaifullah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Anofrizen Anofrizen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.31539/eb9xhw70

Abstract

Aplikasi TIX ID adalah salah satu aplikasi online yang dapat mempermudah pengguna dalam memesan tiket bioskop dimana saja dan kapan saja tanpa harus mengantri. Dapat dilihat dari penggunaan aplikasi TIX ID, terdapat permasalahan dialami oleh pengguna seperti, pembayaran yang gagal, lambat respon dari aplikasi dan lain sebagainya. Dari permasalahan tersebut, pihak pengembang pasti akan terus memperbaiki layanan mereka agar pengguna akan terus menggunakan aplikasi secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi TIX ID menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) yang diperluas dengan empat Variabel tambahan: Perceived Value, Subjective Norms, Perceived Trust, dan Image. Data dikumpulkan dari 96 responden melalui kuesioner online yang disebarkan di berbagai platform media sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa memiliki keterkaitan yang positif terhadap kepuasan pengguna aplikasi dan variabel Perceived Usefulness dan Intention to Use memberikan pengaruh signifikan terhadap aplikasi.

References

Adhani, I., Susilawati, Y., & Ruswianti. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop Secara Online. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 121–130. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.175

Anggrasari, Y. D., Fadhilah, M., Kusumaningrum, N., Engagement, B., Value, E., & Engagement, B. (2024). PENGARUH PERCEIVED INFLUENCE PADA INTENTION TO PURCHASE , BRAND ENGAGEMENT , BRAND EXPECTED VALUE. 13(03), 747–758.

Arif Setia Sandi A., Soedijono, B., & Nasiri, A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use Terhadap Attitude Toward Using Dengan Metode TAM Pada Sistem Informasi Magang Kerja. IT Journal Research and Development, 5(2), 109–118. https://doi.org/10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5287

Augusto, Y. F., Rachmadi, A., & Herlambang, A. D. (2019). Analisis Kesuksesan Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Bioskop M-Tix Cinema 21 Berdasarkan Perspektif Pengguna di Kota Malang Menggunakan Pendekatan Delone and McLean Success Model. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(1), 7–12. http://j-ptiik.ub.ac.id

Darwi, M., Teknik, F., & Mulawarman, U. (2022). Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai. 1(2), 49–58.

David Francis Manupassa, Stanss. L.H.V. Joyce Lapian, & Emilia Margareth Gunawan. (2025). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan danE-Trust Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Tiket Bioskop pada Pengguna Aplikasi TIX di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 13(1), 134–145.

Fadzana, M. S., & Diartono, D. A. (2024). Pengaruh User Experience (UX) Design Terhadap Kemudahan Pengguna dalam Menggunakan Aplikasi TIX ID. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 8(3), 597–604. https://doi.org/10.35870/jtik.v8i3.2080

Lystiawan, Yunanto, R. D., Junianto, A., & Riyanto, K. B. (2024). Analisis Kepuasan Konsumen: Perspektif Perceived Value Dan. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (Jebma), 04(45), 843–855.

Nadhira, A., Setyaning, A., & Indonesia, U. I. (2024). Uji Moderasi Kontrol Perilaku Konsumen Dalam Hubungan Kepercayaan E-Retail Dan Niat Belanja Daring. 19(3), 1040–1052.

Nur Afiah, Litafira Syahadiyanti, & Cempaka Ananggadipa Swastyastu. (2024). Pengukuran Tingkat Kepuasan Kinerja Sistem Informasi Perpustakaan Pada Aplikasi Opac Menggunakan Metode Tam Dan Eucs. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 144–153. https://doi.org/10.31849/zn.v6i1.18083

Pada, T. A. M., & Greatday, A. (2022). Aplikasi greatday 1,2. 3(2).

Primadasa, Y., Saputra, A. Y., & Juliansa, H. (2021). Penerapan Metode Technology Acceptance Model Terhadap Faktor Kepercayaan dan Risiko Dalam Penggunan Aplikasi Fintech. CogITo Smart Journal, 7(2), 290–304. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.327.290-304

Putra, R. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip.id menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfac (EUCS). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence (JEISBI), 2(4), 4.

Ratnanto, G. W., Manumayangsa, R., Renaldi, R., & ... (2022). Pembelajaran dari Ekspektasi Calon Pengguna Aplikasi Layanan Co-Working Space di Badan Usaha Milik Negara. Jurnal Pendidikan …, 6, 11019–11032. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4186%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4186/3500

Rizky Prasetyo, B., Tazkiyah, I., Fadillah, A. R., Coda, R., Indonesiawan, S., & Alroy, M. (2022). Evaluasi Aplikasi E-Ticketing Tix ID Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Evaluation of Tix ID E-Ticketing Application using Usability Testing Methode. September, 10–11. http://sitasi.upnjatim.ac.id/%7C80

Septia Pratiwi, D., & Kadek Dwi Nuryana, I. (2021). Analisis Tingkat Penerimaan dan Kepercayaan Pengguna Teknologi Terhadap Penggunaan Dompet Digital DANA. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 02(04), 2021.

Stefany, B. A., Wibowo, F. M., & Wiguna, C. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Journal of Information Systems and Informatics, 3(1), 172–184. https://doi.org/10.33557/journalisi.v3i1.107

Suriatno, M. E., Putra, D. H., Rumana, N. A., & Indawati, L. (2022). Penerimaan terhadap sistem informasi KIA online di Kecamatan Cengkareng dengan metode TAM. Journal of Innovation Research and Knowledge (JIRK), 2(5), 2145–2160. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/3661

Downloads

Published

2025-07-15