Pengembangan Sistem POS Terintegrasi QRIS Pada UMKM IDN Jonggol Jawa Barat

Authors

  • Dadang Iskandar Mulyana Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Alaqsha Gilang Imantara Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Ade Abdul Bashir Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31539/kbgspw64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem Point of Sale (POS) terintegrasi dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan fitur laporan   guna mendukung efisiensi transaksi dan pengelolaan keuangan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) IDN Jonggol, Jawa Barat. Sistem ini dirancang untuk menjawab kebutuhan UMKM terhadap metode pembayaran nontunai yang cepat, aman, dan seragam, sekaligus menyediakan laporan penjualan secara otomatis dan real-time. Metode pengembangan yang digunakan adalah pendekatan Software Development Life Cycle (SDLC) model waterfall, dengan tahapan analisis, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem POS yang dibangun mampu memproses pembayaran melalui QRIS dengan akurasi tinggi, serta menghasilkan laporan penjualan harian, mingguan, dan bulanan yang dapat diakses melalui dashboard  . Respon pengguna terhadap sistem ini menunjukkan peningkatan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan usaha. Dengan demikian, sistem POS terintegrasi ini berpotensi menjadi solusi teknologi yang aplikatif dan relevan dalam mendukung transformasi   UMKM di daerah Jonggol maupun wilayah serupa.

References

[1] Lawrenxius Benny, Joseph Eric Samodra, and Yonathan Dri Handarkho, “Pengembangan Sistem Pemesanan Makanan di Roemah Soto Berbasis Web Service Dengan Penerapan Payment Gateway,” J. Inform. Atma Jogja, vol. 3, no. 2, pp. 107–116, 2022, doi: 10.24002/jiaj.v3i2.6781.

[2] M. Y. Adianwar, E. H. Susanto, and F. Alfiyan, “SISTEM INFORMASI KASIR BERBASIS WORDPRESS DI CAFÉ BOOT CAMP WORDPRESS-BASED CASHIER INFORMATION SYSTEM AT CAFÉ BOOT Kata Kunci : Sistem Informasi , Kasir , Berbasis Web,” pp. 47–56.

[3] A. F. Shiam, D. Syamsianto, M. Pramudia, Y. Ananda, and T. Desyani, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Kasir pada Maxx Coffee,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 4, no. 2, p. 124, 2021, doi: 10.32493/jtsi.v4i2.10854.

[4] R. Hapsari and D. Kurniadi, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Android dengan Sistem Pembayaran Cash On Delivery Kampus Universitas Negeri Padang,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 10, no. 3, p. 8, 2022, doi: 10.24036/voteteknika.v10i3.118076.

[5] K. Budiharto and S. Andayani, “Analisis Penggunaan Aplikasi Kasir Qasir’’ Dalam Sistem Informasi Penerimaan Kas di Kala Kopi,” Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol. 5, no. 1, pp. 423–437, 2022, doi: 10.47467/alkharaj.v5i1.1716.

[6] Y. Handoko Agustin, A. Latifah, and A. F. Nugraha, “Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Kasir pada Kafe Restorasi Kopi Berbasis Web,” J. Algoritm., vol. 18, no. 1, pp. 302–312, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18- 1.947.

[7] M. S. Rozi, M. R. Ridha, U. Usman, and F. Aditia, “Sistem Informasi E-Kasir Pada Cafe Unico Tembilahan,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 3S1, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3s1.5300.

[8] Diodora Yessayabella and Yohanna Adys, “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Kasir Berbasis Aplikasi Moka Pos (Point of Sales) Pada Kafe X Tahun 2022,” Jamanta J. Mhs. Akunt. Unita, vol. 1, no. 2, pp. 54–71, 2022 doi: 10.36563/jamanta_unita.v1i2.476.

[9] M. A. Habibirrahman, W. Hayuhardika, N. Putra, and B. T. Hanggara, “Pengembangan Sistem Pemesanan Kue berbasis Website menggunakan Midtrans Webservice sebagai Payment Gateway (Studi Kasus: Toko Kue De Tasty),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 2, pp. 597–604, 2022.

[10] B. Setiawan, B. Selviana, and A. S. Y. Irawan, “Mengoptimalkan Fungsi Payment Gateway Midtrans pada Website Coffee Shop Melalui Penggunaan Metode Prototype pada Proses Pengembangan,” JRST (Jurnal Ris. Sains dan Teknol., vol. 7, no. 2, p. 219, 2023, doi: 10.30595/jrst.v7i2.16964.

[11] M. M. Tamam and R. Mardhiyyah, “Implementasi Payment Gateway Pada Pengembangan Sistem Pemesanan Menu Kafe Berbasis Mobile,” Techno.Com, vol. 24, no. 2, pp. 467–480, 2025, doi: 10.62411/tc.v24i2.12642.

[12] P. Microbiology, “This work is licensed under a Creative Commons Attribution- This work is licensed under a Creative Commons Attribution- ShareAlike 4 .0 International License .,” J. multidisiplin Saintek, vol. 45, no. 1, pp. 1–17, 2023, [Online]. Available:

https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.co m/index.php/jpmba/index

[13] R. A. Richo, I. P. A. Swastika, P. T. H. Permana S, and E. M. Dharma, “Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Kasirin Dengan Terintegrasi Payment Gateway,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 2, p. 319, 2021, doi: 10.35889/jutisi.v10i2.657.

[14] M. G. Prasetya, D. Heksaputra, Y. Wicaksono, and A. A. Harahap, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Menu pada Kafe Ra Kopiran Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 173–187, 2024, doi: 10.35957/jtsi.v5i2.9028.

[15] D. Q. Nada, S. Suryaningsum, and H. K. S. Negara, “Digitalization of the Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Payment System for MSME Development,” J. Int. Conf. Proc., vol. 4, no. 3, pp. 551–558, 2021, doi: 10.32535/jicp.v4i3.1358.

[16] M. Huzaifa, R. Elisa Nalawati, N. Marcheta, M. Fadhilah, and P. Negeri Jakarta, “Penerapan React.Js dalam Perancangan Sistem Coffee Shop Berbasis Web,” Muhammad Fadhilah Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, pp. 17918–17928, 2024. Iskandar and Umar Tsani Abdurrahman, “Perancangan Aplikasi Kasir Point of Sales Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development Untuk Usaha Retail,” INFOTECH J. Inform. Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 67–77, 2020, doi: 10.37373/infotech.v1i2.62.

[17] S. T. Pernata, A. Rahmansyah, Z. A. Asyer, D. Rosario, and I. B. Trisno, “Pengembangan Program Kasir Berbasis Web Pada Aloha Café And Carwash,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2023, doi: 10.32672/jnkti.v6i1.5499.

[18] Nia Monica Putri, Idham Lakoni, and Sintia Safrianti, “Pengaruh Literasi Keuangan, Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan Qris Pada Umkm Di Kota Bengkulu,” E-Bisnis J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 16, no. 2, pp. 356– 364, 2023, doi: 10.51903/e-bisnis.v16i2.1259.

[19] B. S. Tri Wicaksana and M. Fachrie, “Aplikasi E-Kasir Untuk Meningkatkan Efisiensi Pembayaran (Studi Kasus: Etlabora Coffee & Angkringan),” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 12, no. 3, p. 1749, 2023, doi: 10.35889/jutisi.v12i3.1634.

Downloads

Published

2025-08-30