ANALISIS ESTETIKA DAN FUNGSIONALITAS UI BCA MOBILE BERDASARKAN DATA PERSEPSI PENGGUNA MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
DOI:
https://doi.org/10.31539/571h0x28Abstract
Bank Central Asia (BCA), sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, menyediakan aplikasi mobile banking yang dirancang untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi pengguna terhadap aspek estetika dan fungsionalitas antarmuka pengguna User Interface (UI) pada aplikasi BCA Mobile dengan menggunakan metode klasifikasi data berupa algoritma Support Vector Machine (SVM). Dalam era digital saat ini, aplikasi mobile banking memegang peranan penting dalam memberikan kemudahan akses layanan perbankan secara cepat dan efisien. Namun, keberhasilan sebuah aplikasi sangat bergantung pada kualitas UI dan User Experience (UX) yang dirasakan oleh pengguna. Penelitian ini menggunakan dataset ulasan pengguna yang diambil dari Kaggle, periode tahun 2022 hingga 2025, yang kemudian melewati proses pembersihan data. Algoritma SVM diterapkan untuk mengklasifikasikan sentimen pengguna ke dalam tiga kategori, yaitu positif, netral, dan negatif, sebagai representasi persepsi terhadap estetika serta fungsionalitas aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan tingkat akurasi model sebesar 73,1%, yang menunjukkan efektivitas SVM dalam mengelompokkan sentimen berdasarkan data persepsi pengguna. Penelitian ini juga mengidentifikasi aspek-aspek inti yang mempengaruhi kepuasan pengguna, seperti kemudahan navigasi, tampilan visual yang menarik, kecepatan akses, dan keandalan fitur aplikasi. Temuan ini memberikan masukan berharga bagi pengembang BCA Mobile untuk meningkatkan kualitas UI dan UX, sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna.
References
[1] S. Ratnawati and Widhi Damar Anandito, “Analisis Usability Pada Aplikasi Mobile Banking BCA Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Perangkat Lunak, vol. 6, no. 2, pp. 237–244, 2024, doi: 10.32520/jupel.v6i2.3285.
[2] M. N. Hadianto, R. Z. Ramadhan, F. A. Saputra, A. P. Azam, and M. L. Jundillah, “Perancangan Ulang Aplikasi BCA Mobile Menggunakan Pendekatan Desain Thinking dan System Usability Scale,” Kreat. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 7–14, 2025, doi: 10.30872/kretisi.v3i1.2099.
[3] L. P. LSD, “UX / UI Design,” Des. Digit. Prod. Kids, no. February, pp. 147–204, 2020.
[4] M. G. Al Hakim and F. Irwiensyah, “Analisis Sentimen Terhadap Ulasan Pengguna Pada Aplikasi BCA Mobile Menggunakan Metode Naïve Bayes,” J. Inf. Syst. Res., vol. 5, no. 4, pp. 911–921, 2024, doi: 10.47065/josh.v5i4.5343.
[5] S. P. Cipta, M. Zulfadhilah, H. Naparin, and U. Syapotro, “Analisis Sentimen Terhadap Aplikasi Parak Acil Online Berdasarkan Ulasan Masyarakat Menggunakan Metode Support Vector Machine ( SVM ),” vol. 7, no. 5, pp. 1042–1049, 2024.
[6] R. Auliazmi, G. Rudiyanto, and R. D. W. Utomo, “Kajian Estetika Visual Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Ruangguru Aesthetic Studies of Visual Interface and User Experience of the Ruangguru Application,” J. Seni dan Reka Ranc. J. Ilm. Magister Desain, vol. 4, no. 1, pp. 21–36, 2021, doi: 10.25105/jsrr.v4i1.9968.
[7] P. Apria, A. Anam, D. A. Fatah, and M. A. Syakur, “ANALISIS SENTIMEN REVIEW APLIKASI ZALORA DI GOOGLE PLAYSTORE MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE,” vol. 9, no. 2, pp. 2443–2450, 2025.
[8] M. Khoiron, D. A. Sani, M. Z. Sarwani, M. Ali, K. Anwar, and M. Udin, “Evaluasi Sentimen Review Produk Roundup Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” vol. 13, no. 2, pp. 52–62, 2024.
[9] R. A. A. Renal, Syariful Alam, and Moch Hafid T, “Komparasi Payment Digital Untuk Analisis Sentimen Berdasarkan Ulasan Di Google Playstore Menggunakan Metode Support Vector Machine,” STORAGE J. Ilm. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 3, pp. 118–128, 2023, doi: 10.55123/storage.v2i3.2337.
[10] Z. Purwanti, “Pemodelan Text Mining untuk Analisis Sentimen Terhadap Program Makan Siang Gratis di Media Sosial X Menggunakan Algoritma Support Vector Machine ( SVM ),” vol. 5, no. 3, pp. 3065–3079, 2024.
[11] F. C. Onwuegbuche, J. M. Wafula, and J. K. Mung’atu, “Support Vector Machine for Sentiment Analysis of Nigerian Banks Financial Tweets,” J. Data Anal. Inf. Process., vol. 07, no. 04, pp. 153–173, 2019, doi: 10.4236/jdaip.2019.74010.
[12] A. S. Kirana, R. Roeswidiah, and A. Pudoli, “ANALISIS SENTIMEN PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP LAYANAN SAMSAT DIGITAL NASIONAL,” vol. 8, pp. 53–63, 2025.
[13] I. Amelia and F. M. Sarimole, “Analisis Sentimen Tanggapan Pengguna Media Sosial X Terhadap Program Beasiswa KIP-Kuliah dengan Menggunakan Algoritma Support Vector Machine ( SVM ),” vol. 5, no. 3, pp. 2994–3003, 2024.
[14] Dr. Poornima G. Naik, Dr. Girish R. Naik, and Mr. M.B.Patil, Conceptualizing Python in Google, no. January. 2021.
[15] M. A. Alzahrani, “The User Analysis of Amazon Using Artificial Intelligence at Customer Churn,” J. Data Anal. Inf. Process., vol. 12, no. 01, pp. 40–48, 2024, doi: 10.4236/jdaip.2024.121003.
[16] M. Rafli Tanjung, N. Heryana, and S. Siska, “Analisis Sentimen Pengguna Platform X Terhadap Indonesia Emas 2045 Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 4, pp. 7657–7665, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i4.10327.
[17] S. Analysis, O. F. Skintific, M. Product, O. N. Tokopedia, U. Support, and V. Machine, “SKINTIFIC DI TOKOPEDIA MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE SENTIMENT ANALYSIS OF SKINTIFIC MOISTURIZER PRODUCT REVIEWS,” vol. 18, no. 1, pp. 129–142, 2025.
[18] Interaction Design Foundation, “The Basics of User Experience Design,” Interact. Des. Found., pp. 58–64, 2018.
[19] I. Siti Aisah, B. Irawan, and T. Suprapti, “Algoritma Support Vector Machine (Svm) Untuk Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Al Qur’an Digital,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 6, pp. 3759–3765, 2024, doi: 10.36040/jati.v7i6.8263.
[20] S. N. Kulsum Ummi, Jajuli Mohamad, “Sentiment Analysis of Mola Application Reviews on the Google Play Store Using the Support Vector Machine Algorithm,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 5, no. 1, pp. 1–7, 2022.
[21] A. Kowalczyk, “Support Vector Machines - The Complete Book,” p. 114, 2017, [Online]. Available: www.syncfusion.com.
[22] I. S. K. Idris, Y. A. Mustofa, and I. A. Salihi, “Analisis Sentimen Terhadap Penggunaan Aplikasi Shopee Mengunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM),” Jambura J. Electr. Electron. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 32–35, 2023, doi: 10.37905/jjeee.v5i1.16830.
[23] V. Alviani, S. Alam, and I. Kurniawan, “Analisis Sentimen Review Aplikasi Wetv Pada Platform Twitter Menggunakan Support Vector Machine,” STORAGE J. Ilm. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 3, pp. 143–149, 2023, doi: 10.55123/storage.v2i3.2351.
[24] K. SaThierbach et al., “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Proc. Natl. Acad. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 1–15, 2015,
[25] A. Purnama, “ANALISIS SENTIMEN TERHADAP REVIEW PENGGUNA INDRIVE DI GOOGLE PLAYSTORE MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE,” vol. 31, no. 1, pp. 1015–1025, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tiara Ratu Alifia, Kiki Setiawan, Rodhiyah Rodhiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.