Hubungan Literasi Teknologi Informasi Komputer, Status Sosial Ekonomi, Production Based Learning Dengan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa

  • Diana Sriwahyuni Universitas Negeri Padang
  • Ganefri Ganefri Universitas Negeri Padang
  • Asmar Yulastri Universitas Negeri Padang

Abstract

Tingginya angka pengangguran saat ini dikalangan lulusan universitas di sebabkan kurang siapnya lulusan memasuki dunia kerja, tinggi nya persaingan dalam mencari pekerjaan, dan kurang nya minat para lulusan untuk terjun dalam berwirausaha, ini dikarenakan masih rendahnya sikap kewirausahaan dalam diri mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, hubungan literasi TIK, status sosial ekonomi, dan hasil belajar kewirausahaan model production based learning dengan sikap kewirausahaan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelatif. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Teknik Elektro (D4) FT dan Jurusan Tata Boga (D3) FPP Universitas Negeri Padang. Subjek pada penelitian sebanyak 47 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi teknologi informasi dan komunikasi, status sosial ekonomi  dan hasil belajar kewirausahaan model production based learning terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan dengan sikap kewirausahaan mahasiswa

References

Abdulsyani. (2012). Sosiologi Skematik, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Pusat Statistik. (2017). Berita Resmi Statistik: Keadaan Ketenagakerjaan Februari 2017. No. 47/05/Th.XX, 05 Mei 2017.
Bakar, M. Y. A. (2014). Menciptakan Ecoentrepreneurial Campus Melalui Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan. Al Ta'dib: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).
Buang, N. A., & Murni, I. (2006). Prinsip-prinsip kewirausahaan: konsep, teori dan model-model pembentukan wirausahawan. Bangi, Selangor Malaysia. Fakulti Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia.
Fajrillah, F., Purba, S., Sirait, S., Sudarso, A., Sugianto, S., Sudirman, A., ... & Simarmata, J. (2020). SMART ENTREPRENEURSHIP: Peluang Bisnis Kreatif & Inovatif di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.
Ganefri, G., Hidayat, H., Yulastri, A., Mardin, A., Sriwahyuni, D., & Zoni, A. A. (2018). Perangkat Pembelajaran Pedagogi Entrepreneurship Dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Produk di Pendidikan Vokasi. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).
Ganefri, G. (2013). The development of production-based learning approach to entrepreneurial spirit for engineering students. Asian Social Science, 9(12), 162-167.
Ganefri, Indrati K, Hendra H, & Aznil M. (2014). Need Analysis of Entrepreneurship’s Pedagogy of Technology and Vocational Education in Higher Education. Paper International Conference ESTIC UBH. Agust, 30th-31st.
Hamalik, O. (2006). Manajemen pengembangan kurikulum. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.
Irvin, R. (2007). Information and communication technology (ICT) literacy: Integration and assessment in higher education. Journal of Systemics, Cybernetics and informatics, 5(4), 50-55.
Masyhur, F. (2016). The ICT Literacy Development Model for Farmers and Fishermen Community (Model Pengembangan Literasi TIK Masyarakat Tani dan Nelayan). Pekommas, 1(1), 101-110.
Ramadhanti, D., Mulyadi, H., & Razati, G. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Sikap Kewirausahaan. Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 16(2), 32-37.
Ranto, D. W. P. (2016). Membangun perilaku entrepreneur pada mahasiswa melalui entrepreneurship education. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 3(1).
Saleh, B., & Hadiyat, Y. D. (2016). Penggunaan teknologi informasi di kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di daerah perbatasan (Studi di Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur). Pekommas, 1(2), 141–152.
Santrock, J. W. (2007). Child Development, Perkembangan Anak, edisi ke-11.
Shende, V. (2014). Analysis of research in consumer behavior of automobile passenger car customer. International Journal of Scientific and Research Publications, 4(2), 1.
Published
2020-12-17
How to Cite
Sriwahyuni, D., Ganefri, G., & Yulastri, A. (2020). Hubungan Literasi Teknologi Informasi Komputer, Status Sosial Ekonomi, Production Based Learning Dengan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 243-251. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1677
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 5 times