PENERAPAN METODE PROTOTYPING DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) WEBSITE REGISTRASI ONLINE PENDAKI
DOI:
https://doi.org/10.31539/phr7kd66Abstract
Kebutuhan akan sistem pelayanan yang cepat, efisien, dan mudah diakses mendorong sektor pariwisata untuk mengadopsi pendekatan digital, termasuk dalam proses registrasi pendakian gunung. Penelitian ini bertujuan merancang antarmuka pengguna (User Interface/UI) sistem registrasi online pendaki Gunung Sindoro melalui Basecamp Ndoro Arum dengan metode Prototyping. Metode ini dipilih karena bersifat iteratif dan berorientasi pada pengguna, memungkinkan perbaikan desain secara berkelanjutan berdasarkan umpan balik pengguna. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Proses pengembangan meliputi analisis kebutuhan, perancangan prototipe menggunakan Figma, evaluasi, dan penyempurnaan desain. Hasil menunjukkan bahwa metode Prototyping efektif dalam menghasilkan desain UI yang responsif, intuitif, dan sesuai dengan ekspektasi pengguna. Prototipe yang dikembangkan meningkatkan efisiensi registrasi sekaligus memperkuat pengalaman pengguna dalam mengakses layanan. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pengembangan sistem registrasi daring berbasis UI/UX.
References
Anam, I., Awaludin, M., & Fahrezi, R. (2021). Perancangan sistem informasi pendakian gunung di Jawa Tengah berbasis website. Intechno Journal (Information Technology Journal), 3(1), 15–20.
Ayunitasari, F., Resmi, M. G., & Kaniawulan, I. (2024). Penerapan metode double diamond dalam perancangan UI/UX aplikasi e-commerce dan booking service berbasis mobile pada Swara Computer. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(9), 9826–9832.
Bantug, E. T., Luciano, R. G., & Bauat, R. V. (2021). Heuristic usability evaluation: A case study of online enrolment system of a state university. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 8(6), 360–365.
Borysova, S., Borysov, V., Kochergina, S., Spasskova, O., & Kushnarova, N. (2024). Involvement of interactive educational platforms in the training of graphic design students using the Figma platform as an example. International Journal of Education and Information Technologies, 18, 119–132.
Bouziane, E. M., Naimi, L., Ouaddi, C., Benaddi, L., & Jakimi, A. (2024). Use cases and scenarios engineering in smart software application development services. In 2024 7th International Conference on Advanced Communication Technologies and Networking (CommNet) (pp. 1–7). IEEE.
Cintaningtiyas, I. P., & Roedavan, R. (2025). Perancangan UI/UX fitur tempat pada Chronolizer Sirah Nabawiyah berbasis website. eProceedings of Applied Science, 11(1).
Daboor, M. A., Kharbat, F. F., Azzuni, F. M., Sultan, I., & Odeh, M. (2024). Streamlining CLABSI diagnosis: An innovative process modeling approach using UML activity diagrams. In 2024 Global Digital Health Knowledge Exchange & Empowerment Conference (gDigiHealth.KEE) (pp. 1–6). IEEE.
Duta, Y. S. A., Rumanti, A. A., & Arini, I. Y. (2025). Perancangan sistem e-archive data dosen dan TPA Fakultas Rekayasa Industri menggunakan metode RAD. eProceedings Engineering, 12(1), 470–476.
Fanani, M. W., Lishandary, N. Q., Saputri, N. F., Anita, T. L., & Prasandy, T. (2023). User experience analysis using usability testing method on online queue system at hospital service. In 2023 IEEE 9th International Conference on Computing, Engineering and Design (ICCED) (Vol. 20, No. 1, pp. 56–71). IEEE.
Harahap, M. A. F., Zen, B. P., Firdaus, E. A., Abdurahman, N., & Kisworini, R. Y. (2024). Metode rapid application development pada penerapan pemesanan tiket online Gunung Slamet berbasis website. Jurnal Informatika, 3(2), 20–27.
Hidayah, H. N., & Yulia, E. R. (2024). Perancangan UI/UX aplikasi penerimaan peserta didik baru dengan metode Design Thinking. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 8(2), 243–252.
Hong, S. (2023). A study on the utilization of UI/UX design education: Focusing on Figma. Korea Institute of Design Research Society, 8(2), 34–43.
Hudzaifah, A., & Maulana, R. (2025). Penerapan UI/UX design pada website Pet Care berbasis metode Design Thinking. Jurnal Informatika Terpadu, 11(1), 72–77.
Jahan, M., Abad, Z. S., & Far, B. H. (2021). Generating sequence diagram from natural language requirements. In 2021 IEEE 29th International Requirements Engineering Conference Workshops (REW) (pp. 39–48). IEEE.
Lestari, A. G., Sariasih, F. A., Prayitno, E., Bahri, C., & Setiawan, C. (2025). UI/UX design using the design thinking method in the development of a new student registration information system website at Raudhatul Athfal (RA) Qurrotul 'Uyun. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 6(1), 677–689.
Mahardika, I., Yuli, N., & Suparmini, N. (2016). Pengembangan sistem informasi karya ilmiah mahasiswa berbasis web di Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 5(1), 742–751.
Mandani, A., & Bakti, A. (2023). Perancangan UI/UX aplikasi mobile penjualan pada Toko Up Store menggunakan Figma. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 6(3), 431–437.
Pamungkas, A. D., & Perdana, I. (2025). Prototipe aplikasi pariwisata berbasis web untuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. eProceedings Engineering, 12(1), 1810–1817.
Pateman, D., & Pramudia, G. (2024). Analisis bibliometrik pada efektivitas UI/UX pada penerapan web development. Media Jurnal Informatika, 16(1), 48–53.
Romadhoni, V. D. N., Tahir, M., Pratama, D. W., Rifai, A. B., Andini, F. F., Rohmah, A., & Hamidillah, A. A. (2024). Pelatihan desain UI/UX untuk siswa kelas XI TKJ SMKN 3 Bangkalan menggunakan Figma. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 163–172.
Semenova, E., Tynchenko, V., Chashchina, S., Suetin, V., & Stashkevich, A. (2022). Using UML to describe the development of software products using an object approach. In 2022 IEEE International IOT, Electronics and Mechatronics Conference (IEMTRONICS) (pp. 1–4). IEEE.
Skublewska-Paszkowska, M. (2024). Impact of applying universal design principles on the usability of online accommodation booking websites. Applied Computer Science, 20(1), 56–71.
Susanto, A. (2019). System development method with the prototype method. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(7), 141–144.
Suwarno, A., Edora, E., & Hamimi, R. (2023). Pemodelan aplikasi pemesanan e-tiket pendakian gunung berbasis Android. TeknoIS (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains), 13(1), 133–145.
Syafei, T. F. M., & Hidayatullah, A. (2023). Analisis penerapan UI/UX dalam meningkatkan pengalaman pengguna pada sistem reservasi Amadeus. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 1(1), 1–8.
Wardhanie, A., & Lebdaningrum, K. (2023). Pengenalan aplikasi desain grafis Figma pada siswa-siswi Multimedia SMK PGRI 2 Sidoarjo. Yumary (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 3(3), 165–174.
Wijaya, E. Y., Arif, M., Aini, N., & Putri, Y. N. (2024). UI/UX web based learning design with UCD approach to basic programming using Figma. bit-Tech, 6(3), 412–420.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mugie Mranani, Yohana Tri Widayati, Satrio Agung Prakoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.