EVALUASI USABILITY LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK PENDIDIKAN TINGGI DARI PERSPEKTIF PESERTA DIDIK DAN PENGAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31539/0s1yw884Abstract
Pemanfaatan Learning Management System (LMS) pada perguruan tinggi di Indonesia semakin meluas sejak masa pandemi Covid-19, namun aspek usability LMS masih jarang dievaluasi secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability LMS dari perspektif dua kelompok pengguna utama, yaitu peserta didik dan pengajar, serta memberikan rekomendasi peningkatan yang relevan. Studi kasus dilakukan terhadap ITBU Virtual, LMS milik Institut Teknologi Budi Utomo (ITBU), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode System Usability Scale (SUS). Data diperoleh dari 130 responden mahasiswa dan 37 responden dosen. Hasil penghitungan menunjukkan nilai rata-rata SUS sebesar 76,54 untuk mahasiswa dan 78,58 untuk dosen, keduanya termasuk dalam kategori “Good” dan berada di atas ambang batas acceptable usability (cut-off = 70). Analisis mendalam mengungkapkan bahwa kekuatan utama LMS terletak pada kemudahan penggunaan dan kejelasan fungsi, sedangkan kelemahannya terletak pada aspek konsistensi antarmuka dan adaptasi pengguna baru. Rekomendasi perbaikan diarahkan pada peningkatan konsistensi desain, penguatan dukungan pengguna, serta penyediaan mekanisme tur interaktif bagi pengguna baru.
Kata Kunci: e-learning, learning management system, evaluasi usability, system usability scale
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aji Nurrohman, Berliyanto Berliyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


