Analisa Nilai Kesenjangan Pengetahuan Menggunakan Metode Importance and Performance Analysis pada Model Tiwana

  • Ahmad Taufik STMIK Widuri
  • Suwaebatul Aslamiyah STMIK Widuri

Abstract

Kesenjangan pengetahuan antara pengetahuan yang seharusnya dimilliki oleh sebuah perusahaan terhadap pengetahuan yang sebenarnya dimiliki oleh perusahaan tersebut adalah permasalahan  pada manajemen pengetahuan yang kerap di hadapi oleh setiap perusahaan. Disebabkan karena hal inilah maka dirasa perlu untuk membuat sebuah Knowledge Management System (KMS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa nilai Kesenjangan Pengetahuan setelah adanya KMS, serta mengetahui tingkat kepentingan atribut pengetahuan berdasarkan persepsi pengguna. Sebagai obyek studi kasus yang akan digunakan dalam penelitian, peneliti menggunakan Unit Kemahasiswaan sebuah perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance and Performance Analysis (IPA) untuk menganalisis kesenjangan dan menggunakan adaptasi model Tiwana untuk mengembangkan KMS. Hasil analisa terhadap KMS yang dikembangkan adalah terjadinya penurunan nilai kesenjangan pengetahuan senilai 1.08  poin serta didapatkan 6 atribut pengetahuan yang dirasa penting oleh responden namun belum menunjukan kinerja yang baik (Kuadran I), yaitu visi misi, jumlah mahasiswa aktif per-Prodi, SOP bidang kepegawaian, SOP Pelaksanaan Kunjungan Sekolah, dan SOP Pelacakan alumni. Penelitian selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menambahkan atribut pengetahuan yang tidak terdapat pada penelitian ini serta menggunakan semua langkah kerja pada model Tiwana.

References

Anggraini, L. (2014). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index (Studi Kasus Di Ria Djenaka Coffee & Resto, Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Aslamiyah, S., Anisah, S., Yulianto, E., & Widyantoro, K. (2019). The Knowledge Management System (KMS) to Reduce Knowledge Gap at STMIK Widuri Student Unit. International Journal of Advanced Studies in Computers, Science and Engineering, 8(9), 1-9.
Chandra, A. M., Dkk. (2018). Analisis Knowledge Gap pada Pembagian Air Irigasi sebagai Dasar Pembentukan Unit Pengelola Irigasi Modern pada Tingkat Pelaksana Studi Kasus Daerah Irigasi Colo. http://etd.repository.ugm.ac.id/. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
El Fadel, M., Rachid, G., El-Samra, R., Boutros, G. B., & Hashisho, J. (2013). Knowledge management mapping and gap analysis in renewable energy: Towards a sustainable framework in developing countries. Renewable and sustainable energy reviews, 20, 576-584.
Hilwa, W. (2014, November). Prototype mobile Knowledge Management System (KMS) for Islamic banking with" Tiwana" framework on university: Case study STEI SEBI. In 2014 International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (pp. 83-88). IEEE.
Kurniawan, D. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Kesenjangan Antara Pengetahuan Dan Praktik Klinik Mahasiswa Keperawatan Di Rumah Sakit. Borneo Nursing Journal (BNJ), 2(1), 31-38.
Lasma. (2009). Analisis Kesenjangan Pengetahuan (Knowledge Gap) Karyawan Pt Pelni Persero Direktorat Sdm Dan Umum. Skripsi pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor
Moteleb, A. A., & Woodman, M. (2007). Notions of knowledge management systems: A gap analysis. Electronic Journal of Knowledge Management, 5(1).
Ong, J. O., & Pambudi, J. (2014). Analisis kepuasan pelanggan dengan Importance Performance Analysis di SBU Laboratory Cibitung PT Sucofindo (Persero). J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 9(1), 1-10.
Pertiwi, G. (2012). Analisis Kesenjangan Pengetahuan (Knowledge Gap) Karyawan Pt Pertamina Trans Kontinental. Skripsi pada SARJANA EKONOMI Pada Program Sarjana Alih Jenis Manajemen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.
Suhendra, A., & Prasetyanto, D. (2016). Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis (Hal. 59-70). RekaRacana: Jurnal Teknil Sipil, 2(2), 59.
Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif.
Wahyuni, A. S. (2010). Analisis Kesenjangan Pengetahuan (Knowledge Gap) Antara Karyawan dan Manajer Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU). Skripsi pada Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.
Published
2020-12-19
How to Cite
Taufik, A., & Aslamiyah, S. (2020). Analisa Nilai Kesenjangan Pengetahuan Menggunakan Metode Importance and Performance Analysis pada Model Tiwana. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 260-269. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1735
Abstract viewed = 16 times
PDF downloaded = 8 times