Sistem Parkir Cerdas Menggunakan Teknologi Biometrika dan Optical Character Recognition

  • Sunanto Sunanto Universitas Muhammadiyah Riau
  • Yoze Rizki Universitas Muhammadiyah Riau
  • Yulia Fatma Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Parkir adalah suatu kondisi kendaraan dalam keadaan diam tidak bergerak dan ditinggalkan pemiliknya untuk waktu yang terbatas. Pada kondisi kendaraan sedang parkir tidak ada jaminan keamanan meskipun di area parkir yang dikelola. Berita tentang kehilangan kendaraan  hilangnya barang berharga pada kendaraan yang  di parkir sudah hal yang lumrah, untuk itu pihak pengelola parkir menyediakan beberapa pengamanan mulai menyiapkan tenaga pengaman di area parkir dan menerapkan sistem parkir cerdas menggunakan struk/kartu. Parkir menggunakan struk/kartu yang diterapkan oleh pengelola parkir tidak dapat dipastikan bahwa kendaraan yang keluar dari area parkir dibawa oleh pemiliknya. Kondisi ini bisa saja terjadi jika struk atau kartu parkir pengendara tercecer dan ditemukan oleh orang yang tidak bertangung jawab yang menyebabkan hilangnya kendaraan di tempat parkir tanpa diketahui petugas parkir. Salah satu upaya yang dilakukan Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuat suatu sistem yang dapat melakukan validasi data menggunakan teknologi biometrik untuk sidik jari pengendara dan teknologi image processing yang digunakan untuk mengolah gambar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kesesuaian antara sidik jari dengan nomor polisi atau TNKB ini yang digunakan untuk melakukan validasi data apakah pengedara berhak membawa kendaraan dari area parkir atau tidak. Sistem parkir ini akan diterapkan pada sistem parkir tidak berbayar di sekolah dan kampus.

References

Dwima, F., & Wibisono, K. A. (2017). Rancang Bangun Sistem Keamanan Parkir Berbasis Random Password dan Image Processing Menggunakan Optical Character Recognition (OCR). Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC, 4(2).
Fitri, Y. E., & Sutarno, S. (2020). Sistem Deteksi Lokasi Parkir Menggunakan Metode Background Subtraction (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Imbiri, F. A., Taryana, N., & Nataliana, D. (2016). Implementasi sistem perparkiran otomatis dengan menentukan posisi parkir berbasis RFId. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 4(1), 31.
Limantara, A. D., Purnomo, Y. C. S., & Mudjanarko, S. W. (2017). Pemodelan Sistem Pelacakan LOT Parkir Kosong Berbasis Sensor Ultrasonic Dan Internet Of Things (IOT) Pada Lahan Parkir Diluar Jalan. Prosiding Semnastek.
Noperiyadi, N. (2015). Tata Ulang Lahan Parkir pada Jalan Kalimantan Kota Lubuklinggau. Journal of Civil and Environmental Engineering, 3(1).
Pratama, R. B. (2018). Penerapan Metode Eigenface Pada Sistem Parkir Berbasis Image Processing. Jurnal DISPROTEK, 9(2).
Putra, D. I., Aisuwarya, R., Ardopa, S., & Purnama, I. (2018). Sistem cerdas reservasi dan pemantauan parkir pada lokasi kampus berbasis konsep internet of things. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 6(2), 57-63.
Setiadi, H., Priyandari, Y., & Cahyono, S. I. (2017). Implementation of Parking System Based on Radio Frequency Identification (RFID) at the Faculty of Engineering Sebelas Maret University. ITSMART: Jurnal Teknologi dan Informasi, 6(1), 39-44.
Siswanto, A., Efendi, A., & Yulianti, A. (2018). Alat Kontrol Akses Pintu Rumah Dengan Teknologi Sidik Jari Di Lingkungan Rumah Pintar Dengan Data Yang Di Enkripsi. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, 8(2), 97-107.
Tegar, L. S., & Utama, J. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Lahan Parkir Kendaraan Roda Empat di Unikom Berbasis Image Processing Designed Build Information System in Unikom Four-Wheeled Parking Lot based on Image Processing.
Widianto, E. D., Wijaya, H. M., & Windasari, I. P. (2017). Sistem Parkir Berbasis RFID dan Pengenalan Citra Pelat Nomor Kendaraan. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 5(3), 115-122.
Wulandari, S. T., Ernawati, E., & Purwandari, E. P. (2017). Aplikasi Biometrika Pengenalan Citra Sidik Jari Dengan Metode Minutiae Dan Artificial Neural Network Backpropagation. Rekursif: Jurnal Informatika, 5(1).
Published
2020-12-19
How to Cite
Sunanto, S., Rizki, Y., & Fatma, Y. (2020). Sistem Parkir Cerdas Menggunakan Teknologi Biometrika dan Optical Character Recognition. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 281-289. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1784
Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 9 times