Perbandingan Algoritma Floyd-Warshall Dan Dijkstra Untuk Menentukan Rute Rumah Sakit Terdekat Jalur Evakuasi Kecelakaan Lalu Lintas Berbasis Web

  • Agung Dwika Rudiyanto Universitas Nasional
  • M. Iwan Wahyuddin Universitas Nasional
  • Andrianingsih Andrianingsih Universitas Nasional

Abstract

Kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di jalan merupakan situasi darurat yang harus dilakukan penanganan secepatnya. Penanganan yang wajib dilakukan saat terjadi kecelakaan lalu lintas adalah melakukan evakuasi korban kecelakaan langsung kerumah sakit. Namun, untuk melakukan evakuasi, petugas  memiliki banyak kendala dalam menentukan rute jalan untuk sampai ke rumah sakit. Seiring berkembangnya teknologi, kendala penentuan rute tersebut saat ini sudah dapat diselesaikan menggunakan berbagai algoritma pathfinding atau pencarian jalur terpendek, beberapa diantaranya dengan menggunakan metode pencarian rute yaitu menggunakan algoritma Floyd-Warshall dan Dijkstra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara algoritma Floyd-Warshall dengan Dijkstra dalam menentukan rute terpendek yang akan dipilih sebagai pendukung keputusan bagi petugas untuk melakukan evakuasi korban kecelakaan

References

Ardana, D., & Saputra, R. (2016, October). Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang. In Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK 2016) (pp. 299-306).
Attamimi, I., Yahya, W., & Hanafi, M. H. (2017). Analisis Perbandingan Algoritma Floyd-Warshall dan Dijkstra untuk Menentukan Jalur Terpendek Pada Jaringan Openflow. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.
Chang, K. T. (2016). Geographic information system. International Encyclopedia of Geography: People, the Earth, Environment and Technology, 1-10.
Hamzah, M.L., Purwati, A.A., Rusilawati, E., & Hamzah. (2019). Rapid Application Development In Design Of Library Information System In Higher Education. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(11), 153-156.
Mahalakshmi, M., & Sundararajan, M. (2013). Traditional SDLC Vs Scrum Methodology–A Comparative Study. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, 3(6), 192-196.
Masyhudi, L., & Khalik, W. (2018). Penentuan Rute Wisata Minimum Di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat Dengan Pendekatan Algoritma Dijkstra. Media bina ilmiah, 12(12), 689.
Muzakir, A. (2020). Algoritma Floyd Warshall Dan Collaborative Filtering Untuk Penentuan Rekomendasi Dan Rute Terpendek Pencarian Apotek: Studi Eksperimen. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 5(1), 9-13.
Published
2020-12-26
How to Cite
Rudiyanto, A., Wahyuddin, M. I., & Andrianingsih, A. (2020). Perbandingan Algoritma Floyd-Warshall Dan Dijkstra Untuk Menentukan Rute Rumah Sakit Terdekat Jalur Evakuasi Kecelakaan Lalu Lintas Berbasis Web. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 336-345. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1843
Abstract viewed = 20 times
PDF downloaded = 14 times