Perancangan Sistem Pemantauan Panel Surya Pollycristalline Menggunakan Teknologi Web Firebase Berbasis IoT

  • Moranain Mungkin Universitas Medan Area
  • Habib Satria Universitas Medan Area
  • Jeddah Yanti Universitas Medan Area
  • Grace Boni A Turnip Universitas Medan Area
  • Suwarno Suwarno Institut Teknologi Medan

Abstract

Penelitian ini memaparkan Pengukuran sistem online berbasis Web dan Android pada photovoltaic (PV) tipe Polycrystalline. Rancangan sistem monitoring photovoltaic online ini dengan memanfaatkan NodeMCU sebagai mikrokontroler sekaligus wifishield untuk mengirimkan data melalui koneksi jaringan internet. Konsep Internet of Things yang didesain menggunakan ESP 8266 yang terdapat pada NodeMCU agar alat dapat terkoneksi ke internet. Sensor dalam membaca arus dan tegangan yang mengalir dari  panel surya menggunakan sensor INA219. Untuk kombinasi sistem Arduino IDE yang telah diprogram pada pembacaan arus dan tegangan yang diterima, kemudian dikirimkan melalui koneksi jaringan internet menggunakan modul NodeMCU. Selanjutnya data yang terkirim dapat dimonitor melalui website firebase yang dapat di tampilkan menggunakan personal komputer maupun smart phone. Data yang ditampilkan di website terdiri dari tegangan, arus dan daya. Hasil Eksperimen menunjukkan bahwa Galat dari pembacaan tegangan dan arus sensor INA219 dengan multitester digital adalah masing – masing 0.28% dan 2.29 %. Hal ini dipengaruhi oleh keterbatasan multitester dalam membaca nilai pengukuran yang kecil. Pada alat sistem Solar charge controller berfungsi untuk menjaga tegangan yang masuk dari panel surya sesuai dengan tengangan kerja baterai ± 12 Volt. Data pengukuran yang ditampilkan mempunyai waktu update 1 detik. Informasi ini dapat dipergunakan sebagai tambahan referensi dan analisa untuk pemasangan Sistem Energi Terbarukan (Photovoltaics) di Sumatera Utara.

Author Biographies

Moranain Mungkin, Universitas Medan Area

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik

Habib Satria, Universitas Medan Area

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik

Jeddah Yanti, Universitas Medan Area

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik

Grace Boni A Turnip, Universitas Medan Area

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik

Suwarno Suwarno, Institut Teknologi Medan

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik

References

Khedkar, S., Thube, S., Estate, W. I., W, N. M., & Naka, C. (2017). Real Time Databases For Applications. International Research Journal Of Engineering And Technology(Irjet), 4(06), 2078–2082.
Kouro, S., Leon, J. I., Vinnikov, D., & Franquelo, L. G. (2015). Grid-Connected Photovoltaic Systems: An Overview Of Recent Research And Emerging Pv Converter Technology. Ieee Industrial Electronics Magazine, 9(1), 47–61.
Mungkin, M., Satria, H., & Zulkifli, B. (2020). Instalasi Photovoltaic Sistem Off-Grid Untuk Lampu Jalan Di Pondok Pesantren Islamiyah Pintu Padang Siunggam. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), 247–252.
Rachman, A. (2016). Optimalisasi Teknologi Energi Surya Berbasis Penyesuaian Posisi Panel Bulanan Di Sulawesi Tenggara. Jurnal Teknologi, 8(1), 1–8.
Rahman, M. M., Hasanuzzaman, M., & Rahim, N. A. (2015). Effects Of Various Parameters On Pv-Module Power And Efficiency. Energy Conversion And Management, 103, 348–358.
Satria, H., & Syafii. (2018). Sistem Monitoring Online Dan Analisa Performansi Plts Rooftop Terhubung Ke Grid Pln. Jurnal Rekayasa Elektrika, 14(2), 83–144.
Setiaji, G. I., Sofwan, A., & Sumardi, S. (2019). Perancangan Power Monitoring System Pada Panel Surya Sebagai Sumber Utama Pada Smart Open Parking Dalam Arsitektur Iot. TRANSIENT, 7(3), 1–7.
Siregar, R. R. A., Wardana, N., & Luqman. (2017). Sistem Monitoring Kinerja Panel Listrik Tenaga Surya Menggunakan Arduino Uno. JETri Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 14(2), 81–100.
Suryawinata, H., Purwanti, D., & Sunardiyo, S. (2017). Sistem Monitoring Pada Panel Surya Menggunakan Data Logger Berbasis Atmega 328 Dan Real Time Clock DS1307. Jurnal Teknik Elektro, 9(1), 30–36.
Winasis, W., Nugraha, A. W. W., Rosyadi, I., & Nugroho, F. S. T. (2016). Desain Sistem Monitoring Sistem Photovoltaic Berbasis Internet of Things (IoT). Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 5(4), 328–333.
Published
2020-12-26
Abstract viewed = 557 times
PDF downloaded = 627 times