Aplikasi Mobile Cerita Rakyat Untuk Anak-Anak Sebagai Media Pembelajaran Karakter

  • Nidaul Khasanah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Priyatno Priyatno Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Verry Verry Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Abstract

Pendidikan mengenai karakter nasionalis dan nilai-nilai kebaikan merupakan pendidikan yang perlu diajarkan kepada anak sejak usia dini. Teknologi aplikasi mobile telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak aplikasi menarik terutama multimedia telah menarik perhatian anak-anak. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan mengembangkan aplikasi tersebut seperti peningkatan kinerja belajar anak-anak karena anak-anak belajar dari sesuatu yang ia lihat dan ia dengar. Pada kenyataanya, banyak aplikasi dengan berbagai jenis animasi ini tidak semua cocok untuk pendidikan anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah aplikasi mobile cerita rakyat untuk pembelajaran pada anak-anak. Aplikasi dirancang sesuai dengan kebutuhan dan kerekteristik pengguna yaitu untuk anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi mobile cerita rakyat untuk anak-anak sebagai media pembelajaran karakter telah berhasil memenuhi kebutuhan pengguna dan berdasarkan evaluasi SUS memperoleh skor 96,87 sehingga aplikasi ini dapat digunakan secara luas.

References

Anugrah Putra, C. (2017). Use of Multimedia Learning Technology Based Graphical User Interface (GUI). Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), Volume 88 3rd NFE Conference on Lifelong Learning (NFE 2016), 88(Nfe 2016), 1–5. https://doi.org/10.2991/nfe-16.2017.1
Chachil, K., Engkamat, A., Sarkawi, A., & Shuib, A. R. A. (2015). Interactive Multimedia-based Mobile Application for Learning Iban Language (I-MMAPS for Learning Iban Language). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 167, 267–273. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.673
Ibrahim, N., Wan Ahmad, W. F., & Shafie, A. (2015). Multimedia mobile learning application for children???s education: The development of MFolktales. Asian Social Science, 11(24), 203–215. https://doi.org/10.5539/ass.v11n24p203
Jain, A., Adebayo, J., Leon, E. De, Li, W., & Kagal, L. (2015). Mobile Application Development for Crisis Data. Procedia Engineering, 107, 255–262. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2015.06.080
Khan, E. A., & Shambour, M. K. Y. (2018). An analytical study of mobile applications for Hajj and Umrah services. Applied Computing and Informatics. https://doi.org/10.1016/j.aci.2017.05.004
Masood, M., & Thigambaram, M. (2015). The Usability of Mobile Applications for Pre-schoolers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1818–1826. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.241
Mohamad, R. (2012). The design, development and evaluation of an adaptive multimedia learning environment courseware among history teachers. Procedia Technology, 1, 72–76. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2012.02.014
Paulins, N., Balina, S., & Arhipova, I. (2015). Learning content development methodology for mobile devices. Procedia Computer Science, 43(C), 147–153. https://doi.org/10.1016/j.procs.2014.12.020
Raihan, A. (2017). Interface Design , Emotions , and Multimedia Learning for TVET. 1st International Conference on Engineering Research and Practice, 116–125.
Robi’in, B., & Arwananing Tyas, Z. (2019). Multimedia Mobile Application for Muslim Prayer Guide for Deaf Students. International Journal of Engineering Research and Advanced Technology, 05(01), 24–34. https://doi.org/10.31695/ijerat.2019.3365
Published
2020-12-26
Abstract viewed = 54 times
PDF downloaded = 56 times