Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kampus Terbaik Menggunakan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)

  • Chandra Kusuma STMIK Dharmapala
  • Roki Hardianto Universitas Lancang Kuning
  • Febrizal Alfarasy Syam Universitas Lancang Kuning

Abstract

Pemanfaatan teknologi sitem informasi yang telah menguasai proses kehidupan sosial dimana saat ini hampir semua proses kegiatan dengan menggunakan alat bantu tekhnologi sistem informasi. Banyaknya  jumlah perguruan tinggi di Provinsi Riau dengan jurusan dan prodi yang maka setiap kampus berkompetisi dalam merebut calon mahasiswa setiap tahun dengan melakukan promosi melalui brosur yang dibagi-bagikan, iklan dan pemasangan spanduk dan baliho.  Dari banyaknya kampus orang tua dan calon mahasiswa mengalamai kebingunan dan susahny memberikan keputusan dalam memilih kampus bahkan setelah menentukan pilihan terkadang bisa berubah. Dalam memantapan keputusan perlu sebuah alat bantu yang dengan menggunakan sistem penunjang keputusan(SPK) dengan menerapkan metode atau algoritma dalam melakukan proses perhitungan dengan memberikah hasil perangkingan. Dalam penelitian ini dengan menggunakan menggunakan metode Moora. Multi-Objective Optimization on the basis of ratio analysis (MOORA) adalah sistem multi-objektif yang mengoptimlakan dua atau lebih attribute yang saling bertentangan secara bersamaan. Metode ini diharapkan dapat mememcahkan masalah dalam pemilihan kampus terbaik.

References

Astuti, E. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Pindahan Terbaik Dengan Metode MOORA Pada Dinas Pendidikan Medan Utara. REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), 5(1), 16-22.
Budiman, A., Lestari, Y. D., & Lubis, Y. F. A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Pergururan Tinggi Terbaik Dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 4(1), 36.
Israwan, L. F. (2019). Penerapan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio (Moora) Dalam Penentuan Asisten Laboratorium. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar, 5(1), 19-23.
Manurung, S. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode MOORA. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 9(1), 701-706.
Mesran, M., Pardede, S. D. A., Harahap, A., & Siahaan, A. P. U. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Menerapkan Metode MOORA. Jurnal Media Informatika Budidarma, 2(2).
Revi, A., Parlina, I., & Wardani, S. (2018). Analisis Perhitungan Metode MOORA dalam Pemilihan Supplier Bahan Bangunan di Toko Megah Gracindo Jaya. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 3(1), 95-99.
Sitompul, D., Sumarno, S., & Damanik, B. E. (2019). Penentuan Dosen Terbaik pada Proses Belajar Mengajar di STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar dengan Metode Moora. Brahmana: Jurnal Penerapan Kecerdasan Buatan, 1(1), 93-104.
Solikhun, S. (2017). Perbandingan metode weighted product dan weighted sum model dalam pemilihan perguruan swasta terbaik jurusan komputer. Klik-Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 70-87.
Suginam, S., Nasution, E. S., Lubis, S. U., & Mesran, M. (2018, October). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Metode WASPAS dan MOORA. In Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) (Vol. 1, No. 1).
Wardani, S., Solikhun, S., & Revi, A. (2018). Analisis Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Siswa Calon Peserta Olimpiade Dengan Metode MOORA. Jurnal Teknovasi: Jurnal Teknik dan Inovasi, 5(1), 18-26.
Published
2020-12-18
How to Cite
Kusuma, C., Hardianto, R., & Syam, F. A. (2020). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kampus Terbaik Menggunakan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA). INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 252-259. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1889
Abstract viewed = 23 times
PDF downloaded = 19 times