Perancangan Sistem Informasi Sistem Akademik Berbasis Web Pada SMP 2 Klari

in:

  • Rafael Falmarum Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Asep Erik Nugraha Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Winarno Winarno Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang suatu sistem informasi akademik khususnya di Lembaga Pendidikan Smp 2 klari. sebagai upaya pengembangan teknologi informasi. Karena smp 2 klari masih melakukan penyampaian informasi secara manual  membuat informasi yang di sampaikan tidak terklalu efektif atau akurat sehingga menimbulkan informasi yang salah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan penginputan data-data siswa berdasarkan data yang didapatkan disekolah.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode prototype, Untuk perancangan sistem menggunakan DFD, ERD, UML dan MySQL untuk pembuatan database nya, untuk perancangan tampilan web menggunakan aplikasi Adobe Dreamweaver CS6. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah rancangan sistem informasi akademik Smp 2 klari. Dengan sistem ini kegiatan akademik menjadi lebih efektif dan efisien karena pengelola data siswa tidak perlu mencari-cari data secara manual melainkan cukup mengakses sistem informasi akademik ini.

References

Anofrizen, A., & Hamzah, M. L. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Rute Angkutan Umum Berbasis Android Pada Kementerian Perhubungan Kota Pekanbaru. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 18(2), 283-291.
Hamzah, M. L., Rizal, F., & Simatupang, W. (2021). Development of Augmented Reality Application for Learning Computer Network Device. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(12).
Maharani, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Sekolah Islam Modern Amanah. Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, Vol 2(1), 27-32.
Membara, E. P., Yulianti, L., & Kanedi, I. (2014). Sistem Informasi Akademik Smp Negeri 2 Talang Empat Berbasis WEB. Jurnal Media Infotama, Vol 10(1), 72-80.
Permana, E., & Ridwan, E. E. (2015). Pengembangan Sistem Pengelolaan Data Siswa Berbasis Jaringan Intranet Pada SMP Negeri 4 Klari. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1-6.
Raharjo, B., Heryanto, I., & Rosdiana, E. (2014). Pemrograman WEB (HTML, PHP, & MySQL). Bandung: Modula.
Saraswati, E. (2013). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pringkuku. Indonesian Journal on Networking and Security, Vol 2(4), 34-39.
Susanti, M. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Pasar Minggu. Jurnal informatika, Vol 3.
Published
2021-08-18
Abstract viewed = 280 times
PDF downloaded = 478 times