Media Pembelajaran Lagu-Lagu Daerah dan Budaya Berbasis Android

  • Ayu Aprilyana Kusuma Dewi Politeknik Bintan Cakrawala

Abstract

Indonesia mempunyai banyak sekali budaya dan kesenian daerah, misalnya lagu daerah yang lambat laun sudah mulai ditinggalkan bahkan mayoritas kalangan anak-anak, remaja dan dewasa jarang mengenal kebudayaan lagu daerah tradisional dan ada yang tidak mengenal sama sekali tentang kebudayaan tradisional tersebut. Sehingga rasa nasionalisme yang menyebabkan pada Desember 2008 Malaysia mengklaim lagu Rasa Sayang Sayange adalah milik mereka, bukan hanya lagu daerah namun beberapa kesenian dan budaya seperti Reog Ponorogo dan Angklung juga di klaim adalah milik mereka. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data secara observasi dan interview untuk membangun media pembelajaran berbasis android. Sedangkan metode penelitian digunakan metode prototype, dalam metode ini terdapat beberapa tahap, diantaranya: 1. tahap pertama, mendengarkan pelanggan, 2. tahap kedua, membangun/memperbaiki prototype dan 3. tahap ketiga, pelanggan menguji coba prototype. Media pembelajaran ini merupakan sebuah aplikasi yang menjadikan pengenalan lagu-lagu daerah sebagai media belajar yang dilengkapi dengan lirik lagu dan memberikan informasi tentang semua provinsi diseluruh Indonesia selain itu terdapat permainan tentang lagu daerah dan informasi tentang provinsi di seluruh Indonesia.

References

Musik Lagu Nasional Berbasis Android. Bandung: Universitas Telkom.
Ardiansyah, W., & Amalia, D. R. (2017). Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Lagu Daerah Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal ICT: Information Communication & Technology p-ISSN, 2302, 0261.
Detik.com, 2013. diakses pada 20 Desember 2019, pukul 11.00. Malaysia Mengklaim Lagu Rasa Sayang-sayange
Maulana, R., & Arivianti, D. (2019). Prototipe sistem informasi pelelangan barang berbasis web sebagai media pengolah informasi data pelelangan. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7(2).
Pressman, R. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi
Purnomo, A., Hartono, R., Hartatik, H., Riasti, B. K., & Hidayah, I. N. (2016). Pengembangan Aplikasi Info Lagu Nusantara Berbasis Android Untuk Melestarikan Warisan Budaya Indonesia. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(2), 527-536.
Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2).
Setiawan. E.B., dan Ramdany, A.T. (2019). Membangun Aplikasi Android Web dan Web Service. Bandung: Penerbit Informatika.
Tatilu, T. I., Sompie, S. R., & Najoan, X. B. (2018). Aplikasi Pembelajaran Lagu Nasional dan Daerah untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 13(3).
Yurindra. (2017). Software Engineering, 1th ed. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Zulkifli, Z. (2015, July). Model Prediksi Berbasis Neural Network untuk Pengujian Perangkat Lunak Metode Black-Box. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 3).
Published
2021-06-14
How to Cite
Kusuma Dewi, A. (2021). Media Pembelajaran Lagu-Lagu Daerah dan Budaya Berbasis Android. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 4(1), 80 - 87. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v4i1.2019
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 2 times