Penerapan Metode Alfha Trimmed Mean Filter Dalam Pengolahan Citra Berbasis Android

  • Muhammad Syahid Pebriadi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Sri Haryati Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Yanti Yusman Universitas Pancabudi

Abstract

Citra adalah suatu representasi (gambaran), kemiripan, atau imitasi dari suatu objek. Tujuan dari penelitian ini menggunakan metode Alfha Trimmed Mean Filter berfungsi untuk membuat aplikasi android yang dapat memperbaiki mutu sebuah citra digital dari noise khususnya salt and pepper sehingga dapat meningkatkan mutu citra digital. Aplikasi android yang dibangun menggunakan software eclipse versi juno untuk variasi handphone versi jelly beans API 11 sampai lolipop API 19. jenis citra yang dapat dimanipulasi oleh sistem yang akan dibangun  adalah citra biner, citra grayscale, citra warna 8 bit, citra warna 16 bit, dan citra warna 24 bit (full color). dan setiap hasil citra yang telah dimanipulasi akan disimpan dengan citra format Bitmap (*.bmp) ataupun JPEG (*.jpeg) dengan jenis citra 24 bit. Citra dengan format Bitmap (*.bmp) tersebut sengaja dipilih karena merupakan jenis format citra yang mampu menunjukan kehalusan gradasi bayangan dan warna dari sebuah citra.

References

Capah, S. N. A., Nasution, S. D., & Hondro, R. K. (2018). Penerapan Metode Median Filter Untuk Mereduksi Noise Pada Citra Ultraviolet. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 6(3), 274-277.
Fajar, H. A. (2013). Konsep dan Teori Pengolahan Citra Digital. Andi, Yogyakarta.
Imanuddin, I., Oktafian, R., & Munawir, M. (2019). Image Smoothing Menggunakan Metode Mean Filtering. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 4(2), 57-62.
Restima, R. (2021). Implementasi Metode Alpha-Trimmed Mean Filter dan Adaptive Median Filter Untuk Mereduksi Noise Poisson Pada Citra Digital. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(10), 527-535.
Prayogi, M. D., & Nababan, A. A. (2021). Implementasi Reduksi Noise Pada Citra Rontgen Menggunakan Algoritma Arithmetic Mean Filter. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 3(3), 84-90.
Sari, N. L. K., Iriani, R. D., & Santoso, B. (2020). Pengolahan Citra untuk Meningkatkan Visualisasi Lesi Jinak Citra USG Payudara. Jurnal Ilmiah Giga, 23(2), 76-82.
Sari, R. P., Rosiani, U. D., & Syulistyo, A. R. (2020, October). Implementasi Metode Linear Discriminant Analysis Untuk Deteksi Kematangan Pada Buah Stroberi. In Seminar Informatika Aplikatif Polinema (pp. 395-401).
Sutoyo, T. D., Mulyanto, E., Suhartono, V., & Nurhayati, O. D. (2009). Teori pengolahan citra digital. Yogyakarta: Andi.
Ziveria, M., Samosir, R. S., & Rusli, M. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Perangkat Adobe Photoshop Untuk Manipulasi Foto Bagi Tim Teknologi Informasi YPU. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-11.
Published
2021-05-25
Abstract viewed = 68 times
PDF downloaded = 91 times