Penerapan Metode LEAN UX Pada Perancangan UI/UX Aplikasi Digilib Unsika Versi Windows

  • Nur syifa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rini Mayasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Susilo Yuda Irawan Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Aplikasi Digilib Unsika merupakan Aplikasi Digital Library UPT Perpustakaan Universitas Singaperbangsa Karawang yang menyimpan koleksi buku dalam bentuk digital. Menurut survei yang dilakukan kepada 100 Mahasiswa Teknik Informatika diperoleh 63% menyatakan tidak mengetahui Aplikasi Digilib Unsika, sebesar 91% menyatakan tidak pernah menggunakan aplikasi, dan 24% menyatakan tidak tertarik menggunakan aplikasi. Hal ini menunjukkan bahwa Aplikasi Digilib Unsika terbilang kurang populer dan kurang diminati oleh Mahasiswa Teknik Informatika. Oleh sebab itu, harus adanya pengembangan pada aplikasi dari sisi tampilan serta pengalaman pengguna supaya lebih mendekati kebutuhan dan kepuasan pengguna. Pada penelitian ini dilakukan perancangan UI/UX dengan metode Lean UX menggunakan pengujian Thinking Aloud dan System Usability Scale (SUS). Hasil SUS memperoleh skor rata-rata 87,5 yang berarti bahwa usability dari prototype sudah sangat baik. Hasil evaluasi dengan success rate pada pengujian Thinking Aloud ialah 84% sedangkan pada pengujian SUS ialah 94%. Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan dalam mengukur kemajuan desain.

References

Bangor, A., Staff, T., Kortum, P., Miller, J., & Staff, T. (2009). Determining What Individual SUS Scores Mean : Adding an Adjective Rating Scale. 4(3), 114–123.
Beck, K., Beedle, M., Bennekum, A. Van, Cockburn, A., Cunningham, W., Fowler, M., Grenning, J., Highsmith, J., Hunt, A., Jeffries, R., Kern, J., Marick, B., Martin, R. C., Mellor, S., Schwaber, K., Sutherland, J., & Thomas, D. (2001). Manifesto for Agile Software Development. www.agilemanifesto.org.
Brooke, J. (1996). SUS: A Quick and Dirty Usability Scale. Usability Evaluation in Industry, 189.
Brown, T. (2008). Design Thinking. Harvard Business Review, 86(6), 84. www.hbr.org.
Gothelf, J., & Seiden, J. (2013). Lean UX Applying Lean Principles to Improve User Experience. https://doi.org/10.1145/2639189.2670285
Gothelf, J., & Seiden, J. (2016). Lean UX Designing Great Products with Agile Teams. O’Reilly Media.
Nidhom, A. M. (2019). Interaksi Manusia & Komputer. Ahlimedia Book.
Nielsen, J. (1993). Usability Engineering. Mountain View (US): Academic Press.
Nielsen, J. (2000, 18 Maret). www.nngroup.com. diakses pada 10 Maret 2021 dari https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/.
Ningrum, S. W., Akrunanda, I., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Evaluasi dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire. Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 4825–4834. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5350
Nurhabibie, R., Paputungan, I. V, & Suranto, B. (2020). Pengembangan User Experience pada website AyoSparring menggunakan Pendekatan User- Centered Design dan Metode Heuristic Evaluation.
Preece, J., Rogers, Y., & Sharp, H. (2002). Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction. New York: John Wiley & Sons.
Rahman, A. (2019). Early phase of user involvement to validate the minimum viable product : An approach of Lean UX.
Ries, E. (2011). The Lean Startup: How today’s entrepreneurs use continuous innovation to create radically successful businesses. New York: Crown Publishing Group.
Schlatter, T., & Levinson, D. (2013). Visual Usability: Principles and Practices for Designing Digital Applications. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Sugiyono. (2001). Statistika Penelitian. Bandung: Alfabeta.
UPT Perpustakaan Unsika. (2019). kubuku.id. diakses pada 18 Maret 2021, dari https://kubuku.id/download/upt-perpustakaan-unsika/
Published
2022-01-03
Abstract viewed = 664 times
PDF downloaded = 624 times