Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ Di SMK Negeri 1 Painan

  • Elsa Pertiwi Universitas Negeri Padang
  • Dedy Irfan Universitas Negeri Padang

Abstract

Pada abad 21 semua kegiatan akan beralih menggunakan implementasi mesin (komputasi), mampu menjangkau segala pekerjaan rutin (otomatisasi) dan bisa dilakukan dari mana saja dan kemana saja (komunikasi). Begitu juga dengan sistem pembelajaran juga berkembang dengan begitu pesat, pembelajaran pada abad 21 menuntut guru-guru untuk lebih kreatif dalam mengolah media pembelajarannya agar tidak ketinggalan dengan kemajuan zaman. Dengan demikian berbagai bentuk media pembelajaran dibuat untuk memudahkan guru-guru dalam menyampaikan materi pelajaran yang diampu. Berdasarkan observasi media pembelajaran yang terdapat di SMK Negeri 1 Painan belum optimal dalam membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran khususnya pada materi pembelajaran Sistem Komputer. Penggunaan media pembelajaran berbasis Web dapat dijadikan sarana sebagai media untuk menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih optimal. Media pembelajaran berbasis web dalam penggunaannya memiliki tingkat fleksibilitas dan portabilitas yang tinggi sehingga memungkinkan siswa dapat mengakses materi, latihan dan informasi yang berkaitan dengan pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengahasilkan media pembelajaran berbasis web yang (1)valid, (2)praktis dan (3)efektif sebagai media pembelajaran, dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), dan model pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini adalah model IDI (Instructional Development Institute).

References

Febrianto, F., Rais, M., & Nurmila, N. (2021). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TPHP Pada Mata Pelajaran Pengendalian Mutu Dalam Proses Pengolahan Di SMK Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 2, 47-56.
Grabowski, S. (2003). Teaching and media: A systematic approach-The Gerlach & Ely Model. Online] Retrieved on May, 27, 2021.
Hamzah, M. L., Rizal, F., & Simatupang, W. (2021). Development of Augmented Reality Application for Learning Computer Network Device. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(12).
Harta, G. W., Wahyuni, D. S., & Santyadiputra, G. S. (2021). KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY MATA PELAJARAN SABLON UNTUK SMK. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 10(2), 182-192.
Kosasih, I. (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 2(01), 43-52.
Kumbara, B. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL MATA PELAJARAN VIDEO EDITING KELAS X Di SMK PALAPA SEMARANG. Journal of System, Information Technology and Electronics Engineering, 1(1), 15-19.
Mulyono, H., Irsyadunas, I., & Rahman, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Pada SMK N 1 Tanjung Baru. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 149-154.
Paska, I. E., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas Xi Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1).
Putra, N. (2012). Research & development penelitian dan pengembangan: Suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Samhudi, M. R. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. STAI KH. ABDUL KABIER, 1(1), 1-10.
Sudarma, I. G., Arthana, I. K. R., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan e-modul dengan model Problem Based Learning mata pelajaran pemrograman dasar kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Singaraja. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 239-247.
Published
2021-08-30
How to Cite
Pertiwi, E., & Irfan, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ Di SMK Negeri 1 Painan. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 4(2), 202 - 208. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v4i2.2735
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 1 times