Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Musikal Untuk Anak-Anak Menggunakan Macromedia Flash 8

  • Muhammad Ibrahim Nasution Politeknik Negeri Padang
  • Febria Rahim Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
  • Bunga Amalia Politeknik Negeri Padang

Abstract

Perkembangan media pembelajaran kini semakin maju dan berkembang. Pembelajaran musik pada anak-anak perlu ditingkatkan dengan media pendukung yang dikemas dengan cara yang menarik dan interaktif, caranya adalah dengan membuat game edukasi. Proses pembuatan game edukasi ini dimulai dari observasi, studi literatur, referensi, perancangan, implementasi hingga pengujian. Game edukasi ini menggunakan media digital yang bekerja pada komputer atau laptop, sehingga dapat membantu mempelajari lagu nasional dan lagu anak. Game edukasi ini dibangun menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8. Untuk pengujian menggunakan metode Black Box Test yaitu menguji fungsi dalam setiap menu dan tombol telah berjalan dengan semestinya. Dengan Menggunakan Game edukasi ini diharapkan dapat membantu guru dan orang tua untuk memberikan pembelajaran musik sehingga anak-anak tidak merasa bosan.

   

Kata kunci : Multimedia Interaktif, Game Edukasi, Pembelajaran

References

Adelia, A., & Setiawan, J. (2011). Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Reservasi Hotel berbasisi Website dan Desktop. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(2), 219482.
Cheung, S. Y., & Ng, K. Y. (2021). Application of the Educational Game to Enhance Student Learning. In Frontiers in Education (Vol. 6, p. 79). Frontiers.
Debeer, D., Vanbecelaere, S., Van Den Noortgate, W., Reynvoet, B., & Depaepe, F. (2021). The effect of adaptivity in digital learning technologies. Modelling learning efficiency using data from an educational game. British Journal of Educational Technology.
Dutra, B. D., Nascimento, K. C. D., Echevarría-Guanilo, M. E., Sparapani, V. D. C., & Lanzoni, G. M. D. M. (2021). Validation of an educational game about first aid for schoolchildren. Revista Brasileira de Enfermagem, 74.
Hamzah, M. L., Rukun, K., Rizal, F., & Purwati, A. A. (2019). A review of increasing teaching and learning database subjects in computer science. Revista ESPACIOS, 40(26).
Hamzah, M. L., Rizal, F., & Simatupang, W. (2021). Development of Augmented Reality Application for Learning Computer Network Device. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(12).
Hanafri, M. I., Ramdhan, S., & Nisa, K. (2017). Aplikasi pembelajaran interaktif pengenalan profesi berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash CS6. Jurnal Sisfotek Global, 7(2).
Hidayat, T., & Palupi, A. E. (2013). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Melalui Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Mesin CNC TU 2A Siswa Kelas XI TPM 3 di SMK Negeri 3 Boyolangu. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(01), 63-71.
Julien, C., Castelli, D., Bray, D., Lee, S., Burson, S., & Jung, Y. (2021). Project SMART: A cooperative educational game to increase physical activity in elementary schools. Smart Health, 19, 100163.
Kurniawan, T. D., & Trisharsiwi, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosia Lsiswa Kelas V SD Se-kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahunajaran2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1).
Nozomi, I. (2018). Aplikasi Game Edukasi pada Anak Usia 5 Sampai 10 Tahun dengan Metode Image Manipulation. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(2), 124-131.
Sinaga, S. S. (2017). Pemanfaatan Pemutaran Musik Trhadap Psikologis Pasien Pada Klinik Ellena Skin Care Di Kota Surakarta. Jurnal Seni Musik, 6(2).
Winaryono, D. (2016). Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Fikih Kelas IV Di MI Miftahussalam Bandung Berbasis Dekstop (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Yang, S., Lee, J. W., Kim, H. J., Kang, M., Chong, E., & Kim, E. M. (2021). Can an online educational game contribute to developing information literate citizens?. Computers & Education, 161, 104057.
Zeng, J., Hu, R., & Shang, J. (2021, August). Design and Development of an Educational Game for Facilitating Spatial Ability and Mathematics Learning. In 2021 International Symposium on Educational Technology (ISET) (pp. 275-280). IEEE.
Published
2021-11-30
Abstract viewed = 45 times
PDF downloaded = 56 times