Penerapan Layanan Cloud Server Secara Self-Service Menggunakan Model Finite State Automata

  • Muchamad Bachram Shidiq Universitas Nusa Mandiri
  • Windu Gata
  • Hafifah Bella Novitasari
  • Achmad Bayhaqy
  • hendra setiawan

Abstract

Cloud computing merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan layanan komputasi berbasis internet. Seiring dengan perkembangan teknologi cloud computing, beberapa instansi pemerintahan sudah melakukan implementasi cloud computing, salah satunya adalah PUSINTEK Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. Salah satu layanan PUSINTEK dalam bidang cloud computing adalah menyediakan layanan cloud server berupa Virtual Machine (VM) yang dapat diakses oleh pengguna. Pada penyelenggaraan layanan dimaksud terdapat berbagai kesulitan, seperti pembuatan VM yang membutuhkan waktu lama dan adanya potensi kesalahan saat pembuatan VM. Penelitian ini akan membahas desain layanan dan rancangan sistem layanan cloud server secara self-service menggunakan model Finite State Automata dengan 7 (tujuh) state serta fungsi transisi yang berhasil menerima berbagai kemungkinan string input. Penerapan model FSA pada alur siklus layanan cloud server ini diharapkan dapat mempersingkat waktu pemenuhan layanan dan mengurangi potensi kesalahan pembuatan VM tersebut karena dilakukan secara mandiri oleh pengguna.

References

Ashari, A., Setiawan, H., Ilmu, J., Mipa, F., & Mada, U. G. (2011). Cloud Computing : Solusi ICT ? 3(2), 336–345.
Choudhari, N. V., & Sasankar, A. B. (2021, February). Architectural Vision of Cloud Computing in the Indian Government. In 2021 International Conference on Innovative Trends in Information Technology (ICITIIT) (pp. 1-7). IEEE.
Darmayunata, Y., Siswati, L., & Aryanto, A. (2021). Pekanbaru City Livestock Marketing With Android-Based Applications. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 3(1), 40–52. https://doi.org/10.37385/jaets.v3i1.292
Desvia, Y. F., Rosadi, R., Frieyadie, F., Haryanti, T., & Gata, W. (2021). Penerapan Finite State Automata Pada Vending Machine Parfum Laundry Pakaian. BINA INSANI ICT JOURNAL, 8(2), 103-112.
Erni, E., Titiani, F., Putri, S. A., & Gata, W. (2020). Penerapan Konsep Finite State Automata Pada Aplikasi Simulasi Vending Machine Jamu Tradisional. Jurnal Informatika, 7(2), 141-147.
Kurniawan, E. (2015). Penerapan Teknologi Cloud Computing Di Universitas Studi Kasus : Fakultas Teknologi Informasi UKDW. Eksis, 08(01), 29–36.
Muhammad, R., Gata, W., Novitasari, H. B., Kurniawati, L., & Rahayu, S. (2022). Penerapan Finite State Automata Pada Desain Vending Machine Masker Dan Hand Sanitizer. Jurnal Informasi dan Komputer, 10(1), 21-28.
Pusintek. (2020). Service Catalog 2020 (p. 15).
Rizki, M., Ghifari, A., Hui, W. L., Permata, E. G., Siregar, M. D., Umam, M. I. H., & Harpito, H. (2021). Determining Marketing Strategy At LPP TVRI Riau Using SWOT Analysis Method. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 3(1), 10–18. https://doi.org/10.37385/jaets.v3i1.276
Rodger, S. H., & Finley, T. W. (2006). JFLAP: An Interactive Formal Languages and Automata Package. 220.http://books.google.co.uk/books?id=494hTkZ_gu4C
Rumetna, M. S. (2018). Pemanfaatan Cloud Computing Pada Dunia Bisnis: Studi Literatur. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 305. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853595
Sipser, M. (2006). Introduction-To-The-Theory-Of-Computation-Second-Edition (Second Edi). Thomson Course Technology.
Utami, D. N. (2018). Alasan Startup Lebih Suka Cloud. https://teknologi.bisnis.com/read/20180516/105/796097/alasan-startup-lebih-suka-cloud
Wildana, F. (2017). Implementasi Cloud Computing Di Beberapa Instansi Pemerintahan. Masyarakat Telematika Dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(2), 97-108.
Published
2022-05-18
How to Cite
Shidiq, M., Gata, W., Novitasari, H., Bayhaqy, A., & setiawan, hendra. (2022). Penerapan Layanan Cloud Server Secara Self-Service Menggunakan Model Finite State Automata. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 5(1), 73-82. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v5i1.3216
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times