Mengukur Pemahaman konsep dan karakter Mahasiswa Kesmas dengan pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis WEB
Abstract
Di masa Revolusi Industri 4.0 sekarang perkembangan teknologi informasi telah berkembang pesat dalam bidang pendidikan dengan adanya e-learning. Apalagi dimasa pandemic E-learning sangat membantu dosen dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa baik dalam memberikan materi dan penugasan, forum diskusi maupun aktivitas lain, sehingga karakter mahasiswa dapat terbentuk dengan sendirinya melalui e-learning. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Software Learning Management System (LMS) untuk kegiatan pembelajaran online, program pembelajaran elektronik dan mudah dimengerti. Selain itu, penelitian ini juga untuk melihat respon dari mahasiswa dengan penggunaan LMS serta menguji keefektifannya dalam meningkatkan pemahaman konsep dan mengembangkan karakter mahasiswa Kesehatan masyarakat. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Uji produk menggunakan Pre Experimental Design dengan jenis Pretest and Posttest One Group Design. Instrumen penelitian berupa angket uji ahli, angket tanggapan, tes tertulis dan angket observasi karakter. Analisis data uji kefektifan menggunakan uji gain. Hasil tanggapan mahasiswa kesehatan masyarakat untuk keseluruhan aspek dengan hasil 87,4% dengan kategori sangat baik. Hasil uji gain pemahaman konsep sebesar 0,60 dengan kategori sedang, artinya LMS efektif meningkatkan pemahaman konsep seorang mahasiswa. Sedangkan uji gain karakter 0,16 kategori rendah, artinya belum efektif mengembangkan karakter mahasiswa.
References
August E. Grant, J. H. M. (2012). Communication Technology Update And Fundamentals. In Communication Technology Update And Fundamentals. Routledge. Https://Doi.Org/10.4324/9780240824666
Baharun, H., & Maryam, S. (2019). Building Character Education Using Three Matra Of Hasan Al-Banna Perspective In Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 51–62. Https://Doi.Org/10.15575/Jpi.V4i2.2422
Banua Niha. (2019). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. Https://Doi.Org/10.36588/Sundermann.V1i1.18
Baronia, B. (2018). Learning Management Website. Computer Engineering. Https://Digitalcommons.Calpoly.Edu/Cpesp/284
Berking, P., & Gallagher, S. (2016). Choosing A Learning Management System Advanced Distributed Learning (Adl) Initiative. Http://Creativecommons.Org/Licenses/By-Nc-Sa/4.0/
Boulton, H. (2008). Managing E-Learning: What Are The Real Implications For Schools?. Electronic Journal Of E-Learning, 6(1), 11–18. Www.Ejel.Org
Conde, M. Ã., GarcÃa-Peñalvo, F. J., RodrÃguez-Conde, M. J., Alief, M., Casany, M. J., & Piguillem, J. (2014). An Evolving Learning Management System For New Educational Environments Using 2.0 Tools. Https://Doi.Org/10.1080/10494820.2012.745433, 22(2), 188–204. Https://Doi.Org/10.1080/10494820.2012.745433
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Volt : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. Https://Doi.Org/10.30870/Volt.V2i1.1478
Sumardi. (2021). Website-Based Learning Management System (Lms) As A Tool For Learning In The Covid-19 Pandemic Period For Junior High Schools. Journal Of Education Technology, 5(3), 346–355. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V5i3.38371
Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa. Al-Ta'lim Journal, 20(3), 480–487. Https://Doi.Org/10.15548/Jt.V20i3.46