Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Dan 10 Surat Pendek Alqur’an Pendekatan UML

  • M Rudi Sanjaya Universitas Sriwijaya
  • Annisa Khoiriah STIK Siti Khadijah Palembang
  • Azizan Alfariq Sanjaya Universitas Sriwijaya
  • Azumah Akifah Sanjaya Universitas Sriwijaya
  • Azumi Akifah Sanjaya Universitas Sriwijaya
  • M. Argadzi Universitas Sriwijaya
  • Clara Putri Herlin Universitas Sriwijaya

Abstract

Penelitian  dilatar belakangi untuk mempermudah dalam mengenal huruf -huruf hijaiyah dan mempemudah dalam mempelajari atau mengenal surat-surat pendek.  Adapun Tujuan penelitian ini  adalah merancang dan membangun aplikasi huruf hijaiyah dan surat pendek berbasis  Mobile Android, Adapun manfaat penelitian ini adalah agar masayarakat umum mengenal huruf Hijaiyah dan memahami surah pendek di dalam Alqur’an dan juga untuk pengenalan huruf hijaiyah, adapun teknik yang dapat digunakan yaitu menggunakan  media gambar dan Murotal. Perancangan di bangun menggunakan permodelan UML (Unified Modelling Language) dan menggunakan Bahasa pemrograman Mobile Android, interface dalam membangun mobile android menggunakan Visual Studio Code, Hasil Pemngujian rancang bangun dinyatakan valid dimana Menggunakan hasil Pengujian Blackbox

References

Aktafi, B., Wibowo, S. A., & Wahid, A. (2020). Implementasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Alquran Berbasis Android. Jati (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(1), 42-48.
Brookes, J., Warburton, M., Alghadier, M., Mon-Williams, M., & Mushtaq, F. (2020). Studying human behavior with virtual reality: The Unity Experiment Framework. Behavior research methods, 52(2), 455-463.
Fadli, I. N., & Ishaq, U. M. (2019). Aplikasi Pengenalan Huruf dan Makharijul Huruf Hijaiyah Dengan Augmented Reality Berbasis Android. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 8(2), 73-79..
Hamzah, M. L., Ambiyar, A., Rizal, F., Simatupang, W., Irfan, D., & Refdinal, R. (2021). Development of Augmented Reality Application for Learning Computer Network Device. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 15(12), pp. 47–64. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i12.21993
Huda, N. (2019). Aplikasi Bahasa Isyarat Pengenalan Huruf Hijaiyah Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Rungu. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 8(1), 1-6.
Lestari, N. I., & Megiati, Y. E. (2020). Perancangan Aplikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android. TEKINFO, 2(1 April), 187-198.
Mongi, L. S., Lumenta, A. S., & Sambul, A. M. (2018). Rancang Bangun Game Adventure of Unsrat Menggunakan Game Engine Unity. Jurnal Teknik Informatika, 13(1).
Sari, B. K., Herdajanti, A. F., Puspiyanti, R. Y., Shifa, D., Muzzamil, M. K., & Oktafiyani, M. (2021). Video Animasi 2D sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Bahasa Arab pada TPQ Al Huda Wonodri Semarang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 117-126.
Sanjaya, M. R., Kurniawan, D., Saputra, A., Sari, N., & Destriani, R. (2020, May). Software Design Android (GIS) for Tourist Destination Seekers in Palembang City Using Rasch Model Measurements. In Sriwijaya International Conference on Information Technology and Its Applications (SICONIAN 2019) (pp. 505-511). Atlantis Press.
S Supriadi, S. (2018). Rancangbangun Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Game Egine Construct 2. Buffer Informatika, 4(1).
Zarnelly, Z., & Romlah, S. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Makhraj Huruf Hijaiyah Berbasis Android Di Tk Az-Zahra Tambusai Utara. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 7(1), 11-18.
Published
2022-05-18
How to Cite
Sanjaya, M. R., Khoiriah, A., Sanjaya, A. A., Sanjaya, A. A., Sanjaya, A. A., Argadzi, M., & Herlin, C. P. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Dan 10 Surat Pendek Alqur’an Pendekatan UML. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 5(1), 83-97. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v5i1.3463
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times