Situs Aplikasi Mobile Kehadiran Mahasiswa Kampus Pintar Menggunakan Qr Code

  • Yusril Adam Mahendra Universitas Nasional
  • Septi Andryana Universitas Nasional
  • Ben Rahman Universitas Nasional

Abstract

Kehadiran dapat dianggap sebagai bukti keberadaan, dan itu adalah elemen dari operasi pelaporan organisasi. Paling tidak, sistem kehadiran kampus yang melibatkan absen mahasiswa secara manual karena informasi mengenai kehadiran dapat dimanipulasi oleh mahasiswa atau dosen yang secara salah menandai kehadiran mahasiswa. Oleh karena itu, teknologi yang dapat membantu proses kehadiran kampus dengan menggunakan adanya aplikasi absensi Qr-Code yang berbasis Web dapat digunakan didalam perkuliahan tersebut. QR adalah singkatan dari (Quick Response). Maka dari itu, kualitas sistem dalam hal kehadiran mahasiswa dapat lebih tepat dan berguna dari pada halnya yang secara manual. Dalam proyek ini, akan dibangun sistem absensi yang dapat diatasi dengan dipakai sistem kamera smartphone Android untuk memindai kode QR, aplikasi ini berbasis web dengan menggunakan Android. Dari hasil yang sejalan dengan tujuannya mentransmisikan informasi dengan cepat dan menerima jawaban cepat. Oleh karena itu, mahasiswa dapat menggunakan sistem Android memindai kode QR untuk hadir.

Kata kunci :  Absensi Mahasiswa, QR Code, Kampus Pintar, Android, Web

References

Adhar, D., & Nababan, L. (2016). Perancangan Aplikasi Ujian Saringan Masuk Perguruan Tinggi Secara Online Berbasis Android (Studi Kasus Universitas Potensi Utama Medan). Techno. Com, 15(3), 217-223.
Aini, Q., Graha, Y. I., & Zuliana, S. R. (2017). Penerapan Absensi QRCode Mahasiswa Bimbingan Belajar pada Website berbasis YII Framework. Sisfotenika, 7(2), 207-218.
Ani, N., Deby, R., Nugraha, M. P., & Munir, R. (2011). Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari Data Berbentuk Image. Konferensi Nasional Informatika – KNIF 2011, 148–155.
Al Fatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern,. ANDI :Yogyakarta. 2007.
Herfia. R. (2018). Penerapan Teknologi Qr-Code Berbasis Web Untuk Absensi pada BKPSDM Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Humaniora dan Teknologi, 4(1), 1-6.
Herlina. A & Hidayatulloh. H. (2017). Penerapan Qr-Code Untuk Sistem Absensi Siswa SMP Berbasis Web. JATI, 7(2), 102-112.
I Gusti. D. P. & I Wayan. A. S. (2020). Analisis Dan Perancangan Sistem Absensi Dengan Menggunakan Qr-Code dan Metode BYOD. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 6(2), 218-225.
Pulungan, A., & Saleh, A. (2020). Perancangan Aplikasi Absensi Menggunakan QR Code Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(1), 1063–1074. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FTIK/article/view/945
Qurotul, Yuliana dan Siti. (2017). Penerapan Absensi Qr-Code Mahasiswa Bimbingan Belajar pada Website berbasis YII.
Rahmat, E., Heroza, I., Jannah, M., Palembang, J., Km, P., Ogan, I., & Sumatera, I. (2016). Pengembangan Sistem Absensi Menggunakan Qr Code Reader Berbasis Android (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi Unsri), 45–50.
Published
2022-06-28
Abstract viewed = 125 times
PDF downloaded = 129 times