Pengembangan Sistem Kaderisasi Daring Menggunakan Learning Management System Moodle
Abstract
Kaderisasi merupakan agenda yang sangat penting untuk menyiapkan regenerasi yang akan melanjutkan estafet kepengurusan sebuah organisasi. Namun, di tengah situasi pandemik Covid-19, kegiatan kaderisasi mengalami hambatan. Organisasi membutuhkan solusi kreatif agar proses kaderisasi tetap terlaksana sebagaimana mestinya walau di tengah situasi pandemik sekalipun. Salah satu upaya untuk terselenggaranya kaderisasi di saat krisis kesehatan adalah melaksanakan kaderisasi secara daring yang dapat diakses oleh seluruh kader organisasi kapan dan dari manapun selama perangkat kader terhubung dengan Internet. Penelitian ini menghasilkan sistem kaderisasi daring yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan kader organisasi. Sistem menggunakan Learning Management System (LMS) Moodle dengan studi kasus organisasi adalah Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PWNA), Jawa Barat. Berdasarkan evaluasi, kader memiliki literasi yang cukup baik dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sedangkan evaluasi pemahaman kader terhadap materi yang disajikan secara daring dilakukan dengan menjawab soal ujian. Hasilnya, 100% kader mendapatkan nilai di atas passing grade. Sistem kaderisasi ini diharapkan tidak hanya digunakan pada situasi pandemik saja melainkan dapat juga digunakan dalam situasi normal sebagai terobosan organisasi dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan TIK yang semakin pesat.
Kata kunci: kaderisasi daring, LMS, Moodle, PWNA, TIK
References
Chang, Y. C., Li, J. W., & Huang, D. Y. (2022). A Personalized Learning Service Compatible with Moodle E-Learning Management System. Applied Sciences, 12(7), 3562.
Cholis, M. N. (2021). Manajemen Kaderisasi dalam Mencetak Kader Organisasi Militan. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 6(1), 41-52.
Eprillison, V., Ronald, J., Wahyuni, S., & Amelia, M. (2021). Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat tentang Kuliah Daring (Online) selama Pandemi Covid19. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(2), 51-59. https://doi.org/10.55583/jkip.v1i2.113
Febliza, A., & Okatariani, O. (2020). The Development of Online Learning Media by Using Moodle for General Chemistry Subject. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 40-47.
Gamage, S. H., Ayres, J. R., & Behrend, M. B. (2022). A systematic review on trends in using Moodle for teaching and learning. International Journal of STEM Education, 9(1), 1-24.
Hamzah, H., & Yohanda, R. (2022). Problematika Orang Tua Dalam Mengajar Anak Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 2(2), 82-91. https://doi.org/10.55583/jkip.v2i2.249
Hamzah., Tambak, S., Hamzah, M. L., Purwati, A. A., Irawan, Y., & Umam, M. I. H. (2022). Effectiveness of blended learning model based on problem-based learning in Islamic studies course. International Journal of Instruction, 15(2), 775-792. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15242a
Makruf, I., Rifa'iq, A. A., & Triana, Y. (2022). Moodle-Based Online Learning Management in Higher Education. International Journal of Instruction, 15(1).
Shannon, L. J. Y., & Rice, M. (2017). Scoring the open source learning management systems. International Journal of Information and Education Technology, 7(6), 432-436.
Simamora, N., & Hia, N. (2019). Pelatihan Kaderisasi Anggota Baru Kepemimpinan Generasi Muda Nias (Gema Nias). Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(1), 65-71.
Syahputra, M. R., & Darmansah, T. (2020). Fungsi Kaderisasi Dalam Meningkatan Kualitas Kepemimpinan. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(3), 20-28.
Taamneh, A., Alsaad, A., Elrehail, H., Al-Okaily, M., Lutfi, A., & Sergio, R. P. (2022). University lecturers acceptance of moodle platform in the context of the COVID-19 pandemic. Global Knowledge, Memory and Communication.
Turnbull, D., Chugh, R., & Luck, J. (2020). Learning Management Systems, An Overview. Encyclopedia of education and information technologies, 1052-1058.