Penerapan Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Aplikasi Pembelajaran Online Untuk Mengurangi Dampak Technostress

  • Luxanfakhri Dieno Putra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aji Primajaya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kamal Prihandani Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

       Perkembangan Teknologi harus dibarengi dengan pemenuhan kebutuhan user, user harus merasa nyaman dengan teknologi yang ada di sekitarnya, user harus cepat beradaptasi dengan  perkembangan teknologi yang amat cepat, sayangnya kebanyakan dari user tersebut mengalami banyak keluhan, kebingungan dan juga kesulitan atau bahkan technostress. Maka dari itu penulis akan melakukan penelitian menggunakan metode design thinking dengan harapan akan mengurangi dampak technostress itu sendiri, metode design thinking digunakan untuk membuat prototipe aplikasi pembelajaran online. Hasil dari penelitian ini menunjukan kesuksesan dimana mendapat nilai 73,5 pada skala SUS dengan range memuaskan dan grade good, nilai rata-rata pengujian menggunakan SUS adalah 68,5, hal ini membuktikan user tidak mengalami kebingungan, kesulitan yang berarti pada saat menjalankan prototipe aplikasi.

Kata kunci : Design Thinking, Technostress, User

References

Blair-Early, A., & Zender, M. (2008). User interface design principles for interaction design. Design Issues, 24(3), 85-107.
Borkowska, A., & Jach, K. (2017). Pre-testing of polish translation of System Usability Scale (SUS). In Information Systems Architecture and Technology: Proceedings of 37th International Conference on Information Systems Architecture and Technology–ISAT 2016–Part I (pp. 143-153). Springer, Cham.
Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 52-60.
Hamzah, M. L., Rizal, F., & Simatupang, W. (2021). Development of Augmented Reality Application for Learning Computer Network Device. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(12).
Hartono, A., & Wulandari, A. W. (2018, October). Pengaruh Computer Anxiety Dan Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Technostress Pada Karyawan Koperasi Di Kabupaten Ponorogo. In Seminar Nasional dan Call for Paper III Fakultas Ekonomi (pp. 34-57).
Mukhtar, M., & Ismail, I. (2019). Analisis Dampak Technostress terhadap Pembelajaran Praktikum Komputer. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 3(2), 75-78.
Plattner, H. (2013). An introduction to design thinking. Iinstitute of Design at Stanford, 1-15.
Purnia, D. S., Rifai, A., & Rahmatullah, S. (2019). Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android. Prosiding Semnastek.
Rahmasari, E. A., & Yanuarsari, D. H. (2017). Kajian usability dalam konsep dasar user experience pada game †œabc kids-tracing and phonics†sebagai media edukasi universal untuk anak. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 49-71.
Setyadi, H. J., Taruk, M., & Pakpahan, H. S. (2019). Analisis Dampak Penggunaan Teknologi (Technostress) Kepada Dosen dan Staff Karyawan Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja di Dalam Organisasi (Studi Kasus: Perguruan Tinggi di Kalimantan Timur). Informatika Mulawarman. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 14(1), 1.
Supriyatna, A. (2019). Penerapan Usability Testing Untuk Pengukuran Tingkat Kebergunaan Web Media of Knowledge. Teknois: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains, 8(1), 1-16.
Vlachogianni, P., & Tselios, N. (2022). Perceived usability evaluation of educational technology using the System Usability Scale (SUS): A systematic review. Journal of Research on Technology in Education, 54(3), 392-409.
Published
2022-12-11
Abstract viewed = 390 times
PDF downloaded = 362 times