Implementasi Metode Multifactor Evaluation Process Dalam Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Bank Indonesia

  • Dhiya U Syamsi Jamali UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU
  • M. Afdal
  • Rice Novita UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Fitriani Muttakin UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Biaya pendidikan yang tinggi di Indonesia pada saat ini menjadi salah satu kendala bagi sebagian generasi muda dalam melanjutkan studi ke jenjang berikutnya. Sebagai bentuk kepedulian akan kondisi tersebut, pada tahun 2011 Bank Indonesia meluncurkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang memiliki tujuan untuk berperan aktif dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia, melalui program beasiswa yang dikhususkan untuk mahasiswa jenjang strata 1 (S1) dan vokasi diploma 3 (D3) yang diharapkan dapat menunjang serta mendukung biaya pendidikan maupun biaya hidup. Dikarenakan kuota penerima beasiswa yang terbatas dan antusiasme mahasiswa yang sangat tinggi untuk mendapatkan beasiswa tersebut, menyebabkan kesulitan bagi Bank Indonesia dalam proses penyeleksian sehingga membutuhkan waktu yang panjang dalam proses perangkingan secara manualPeranan teknologi informasi dalam bentuk sistem yang terkomputerisasi akan mempercepat proses seleksi dan subjektifitas dalam pengambilan keputusan dapat dikurangi dan penilaian dilakukan berdasarkan kriteria sehingga beasiswa yang diberikan dapat tepat sasaran. Peran teknologi informasi berupa sistem terkomputerisasi dapat mempermudah serta mempercepat proses penyeleksian, mengurangi subjektivitas dalam pengambilan keputusan dan evaluasi terhadap kriteria sehingga nantinya beasiswa yang diberikan menjadi lebih tepat sasaran. Hasil dari penelitian ini adalah suatu sistem pendukung keputusan (SPK) berbasis web menggunakan metode Multifactor Evaluation Process (MFEP).

References

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo.
Agustina, M. (2019). Implementasi Metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP) Dalam Membuat Keputusan untuk Memilih Asuransi Kesehatan. Jurnal Ilmiah MATRIK, 21(2), 108-117.
Daihani, S. P. Wahyuni, I. A. Fitri, and D. M. Khairina, (2016). Penerapan Multifactor Evaluation Process (Mfep) Untuk Pemilihan Kontraktor Pada Proyek Semenisasi Jalan (Studi Kasus : Unit Layanan Pengadaan Kabupaten Kutai Kartanegara), Pros. Semin. Sains dan Teknol. FMIPA Unmul 456–460,
Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018. 1(1).
Jaya, T. S., Adi, K., & Noranita, B. (2011). Sistem Pemilihan Perumahan dengan Metode Kombinasi Fuzzy C-Means Clustering dan Simple Additive Weighting. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 3, 153-158.
Khaidir, Ahmad. (2014). sistem pendukung keputusan penyeleksian calon siswa baru di Sma Negeri 1 Badar dengan metode Multifactor evaluation process (MFEP), Universitas Komputer Indonesia..
Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2007.
Lovita, E. (2013). Spk Rekomendasi Pemilihan Program Studi Dengan Metode Multifactor Evaluasi Process (MFEP) Di SMA Negeri 1 Bandung. Ilmiah Komputer dan Informatika, 3.
Lidyawati, R., Purwantoro, S., & Qudsi, D. H. (2017). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Dosen Politeknik Caltex Riau Menggunakan Metode Electre. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 6(2).
Pusposari, D. (2017). Pendidikan Yang Demokratis Dalam Era Global. FKIP e-PROCEEDING, 83-98.
Rossa, A. S., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Penerbit Informatika.
Render, B. dan Stair,M.R,Jr. (2002), Quantitative
Analysys for Management, 7th Edition: Prentice Hall.
Yohanes, & Hajjah, A. (2019). Sistem Penunjang Keputusan Rekomendasi Tenaga Kerja Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process (Studi Kasus : STIKOM Pelita Indonesia). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(2), 110–114.
Published
2022-12-15
How to Cite
Syamsi Jamali, D., Afdal, M., Novita, R., & Muttakin, F. (2022). Implementasi Metode Multifactor Evaluation Process Dalam Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Bank Indonesia. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 5(2), 210-219. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v5i2.5052
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times