Usability Aplikasi Kebencanaan di Indonesia Dengan Usability Testing dan Sistem Usability Scale

  • Mochammad Zakiyamani Nusa Mandiri
  • Lindung Parlingotan Manik Universitas Nusa Mandiri

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan berada pada posisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografi yang rawan bencana. Secara geografis, 83% wilayah Indonesia (383 kab/kota) berpotensi risiko bencana tinggi. Apalagi hingga saat ini belum ada peneliti, sistem maupun alat yang mampu memprediksi kapan gempa akan terjadi. Walaupun demikian ada beberapa aplikasi kebencanaan yang ada di Indonesia yang dapat membantu memberikan informasi bencana. Namun aplikasi yang ada banyak terdapat keluhan pengguna khususnya masalah usability. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis keluhan pengguna dengan melakukan usability testing untuk mengetahui kelemahan serta menguji tingkat usability pada aplikasi kebencanaan di dalam mengukur variabel efektifitas, efisiensi, dan kepuasan dalam menggunakan aplikasi kebencanaan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah usability testing dengan teknik performance measurement dan restrsopective think aloud. Sedangkan responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 orang sebagai peserta uji dan 400 responden melakukan pengisian kuesioner. Hasil dari pengujian usability menunjukan bahwa nilai komponen efektivitas sebesar 89%, nilai komponen efisiensi sebesar 0,13 goals/second dan nilai kepuasan sebesar 63,22%.

 

References

Amri, M. R., Yulianti, G., Yunus, R., Wiguna, S., W. adi, A., Ichwana, A. N., Randongkir, R. E., & Septian, R. T. (2016). RISIKO BENCANA INDONESIA (R. Jati & M. R. Amri, Eds.).
Brooke, J. (2013). SUS: a retrospective. Journal of Usability Studies . 8(no.2, 29-40).
D. Herlinda, W. (2021, December 14). SISTEM MITIGASI KEBENCANAAN BNPB BAKAL DIKEMBANGKAN ALA STARTUP.
Farouqi, M. I., Aknuranda, I., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Usability pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability (Vol. 2, Issue 9). http://j-ptiik.ub.ac.id
Nielsen, J. (2013). Teenage Usability: Designing Teen-Targeted Websites. Https://Www.Nngroup.Com/Articles/Usability-of-Websites-for- Teenagers.
Putri, N. L., Wedayanti, A., Kadek, N., Wirdiani, A., Ketut, I., & Purnawan, A. (n.d.). Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing. 7(2).
Rubin, J., & Chrisnell, D. (2008). Handbook of Usability Testing, Second Edition: How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests (2nd ed.). Wiley Publishing.
Sauro, J. (2011). A practical guide to the System Usability Scale: Background, benchmarks, & best practices. Denver.
Sitasi, P., Syaifullah, D. H., Puspasari, M. A., & Hanifah, A. (2017). Analisis User Experience pada Penggunaan Aplikasi Mobile Jakarta Smart City. Prosiding SNTI dan SATELIT.
Sulistiya, M., Mu’afi #2, Z., Rahayu, S., #3, N., #4, H., & Yusuf, M. (n.d.). Penerapan Metode Think Aloud untuk Evaluasi Usability pada Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota MNO. Jurnal Telematika, 16(1).
Tan, M. L., Prasanna, R., Stock, K., Doyle, E. E. H., Leonard, G., & Johnston, D. (2020). Modified Usability Framework for Disaster Apps: A Qualitative Thematic Analysis of User Reviews. International Journal of Disaster Risk Science, 11(5), 615–629. https://doi.org/10.1007/s13753-020-00282-x
Trilestari, A. A., Muslimah Az-Zahra, H., & Wijoyo, S. H. (2019). Evaluasi Usability Aplikasi Digital Citizen Journalist Dengan Menggunakan Metode Usability Testing (Vol. 3, Issue 6). http://j-ptiik.ub.ac.id
Published
2023-01-17
Abstract viewed = 65 times
PDF downloaded = 106 times