Implementasi Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Pada Kelurahan Duren Sawit Jakarta Timur Berbasis Website

  • Yoni Maulana STIKOM CIpta Karya Informatika
  • Dadang Mulyana Iskandar Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Lintang Purnama Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Eka Okta Putri Sulaiman Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Debby Ramadhina Salsabilla Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Abstract

Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang menjalankan usaha simpan pinjam sebagai satu-satunya usaha yang dilaksanakan secara konvensional atau syariah. Koperasi simpan pinjam menyediakan pinjam uang kepada anggota sebagai peminjam berdasarkan perjanjian, yang mewajibkan peminjam untuk melunasi dalam jangka waktu tertentu dan membayar jasa. Koperasi Kelurahan Duren Sawit merupakan koperasi simpan pinjam yang memberikan kredit kepada nasabah di wilayah Kelurahan Duren Sawit, keberadaan Koperasi Simpan Pinjam saat ini dirasakan sangat membantu masyarakat terutama yang menjadi anggotanya. Koperasi berhubungan erat dengan UMKM, di mana koperasi mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan perekonomian masyarakat. Dengan adanya koperasi simpan pinjam masyarakat yang membutuhkan pinjaman uang untuk modal dapat terbantu, oleh karena itu banyaknya masyarakat yang hanya meminjam saja, tidak untuk menyimpan uang, untuk meningkatkan pelayanan pada Koperasi Simpan Pinjam Kelurahan Duren Sawit menjadi lebih baik maka dibutuhkan suatu penanganan dan pengolahan data yang lebih baik. Maka dari itu peneliti mencoba membuat sebuah aplikasi sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi yang diterapkan berbasiskan web dengan bahasa pemrograman php dan codeigniter, karena dengan menggunakan software ini, peneliti berharap aplikasi yang diterapkan akan menjadi lebih efektif dibandingkan dengan sistem yang lama. Tujuan penelitian ini adalah memudahkan anggota koperasi dalam proses pembayaran, agar pembayaran mudah, cepat, dan akurat. Untuk mendapatkan data yang sesuai dengan penelitian ini, peneliti melakukan metode penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan.

References

Dewanto, Fuad Kurnia, Sugiarto, and Fawwaz Ali Akbar. 2020. “Pembuatan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam KPRI Wanna Raharja Berbasis Web.” Jurnal Informatikadan Sistem Informasi (JIFoSI) 1(2): 472–80.
Dharmawan, Eka Adhitya. 2018. “Implementasi
Sistem Konfirmasi Pembayaran Pinjaman Pada Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Android.” SMARTICS Journal 4(1): 23–27.
Gunawan, Rahmat, and Nopitasari Silaban. 2021. “Komputerisasi Akuntansi Simpan Pinjam Berbasis Web Dengan Bootstrap Pada Koperasi Karyawan PT . Saitama Stamping Indonesia ‘ Sejahtera ’ Yosep Septiana , Dini Destiani Siti Fatimah Sedangkan Sistem Menurut Romney Menjadi Sebuah Bentuk Yang Berarti Bagi Ke.” 16(62): 54–62.
Hargianto, Rahmad, and Susi Widayati. 2015. “Rancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Paguyuban Dusun Plalar Jakarta Dengan Microsoft Visual Foxpro 9 . 0.” Jurnal Ilmiah KOMPUTASI 14: 65–74.
Hartanto, Rudi, Mahmud Yusuf, and Niken Retnowati. 2021. “Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Harapan Baru.” Journal of Computer Science and Technology (JCS-TECH) 1(1): 13–17.
Hasanah, Hasanah, and Azimah Hanifah. 2020. “Implementasi Model Pengembangan Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam (Ksp).” Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis 1(1): 37.
Heriyanto, Heriyanto, and Ika Kurniawati. 2021. “Perancangan Sistem Informasi Peminjaman Kredit Berbasis Website Pada Koperasi Cipta Bina USAHA.” INFOTECH journal: 63–68.
Isa, Indra Griha Tofik, and George Pri Hartawan. 2017. “Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi 5(10): 139–51
Marpaung, Fransisco, and Tonni Limbong. 2022. “Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web Pada Kantor Koperasi Simpan Pinjam Harapan Makmur Binjai.” KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer) 04(01): 53–62.
Raharjo, Joko S. Dwi, Achmad Sidik, and Nurhayati Marbun. 2021. “Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi Kasus Torus Jaya Mandiri).” Academic Journal of Computer Science Research 3(1): 1–4.
Saputri, Galuh, and Emi Sita Eriana. 2021. “Implementasi Metode Waterfall Pada Perancangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web Dan Android (Studi Kasus Pt. Peb).” Jurnal Teknik Informatika 13(2): 133–46.
Satifa, Anandya Orisa, Lukas Arief Prasetyo, and Nia Damayanti. 2022. “Perancangan Sistem Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Karyawan Pada PT. Global Mandiri Bekasi.” Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) 6(1): 510–16.
Strajhar, P. et al. 2016. “Perancangan Sistem Informasi Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam(UEK-SP) Mekar.” Nature Methods 7(6): 2016.
Sujono, Sujono, Melati Suci Mayasari, and Koloniawan Koloniawan. 2019. “Prototipe Aplikasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Darma Karya Pangkalpinang Babel.” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) 8(1): 68–73.
Syahrul Suci Romadhon1, Desmulyati2. 2019. “Vol. 3 No. 1 Februari 2019 ISSN : 2597-3673 (Online ) ISSN : 2579-5201 ( Printed ) ISSN : 2597-3673 (Online) ISSN : 2579-5201 ( Printed).” Perancangan Website Sistem Informasi Simpan Pinjam Menggunakan Framework Codeiginter Pada Koperasi Bumi Issn : 2579-5201 (Printed) Perancangan Sejahtera Jakarta Syahrul 3(1):21
Published
2023-10-01
Abstract viewed = 35 times
PDF downloaded = 24 times