Rancang Bangun Game Edukasi Aquaponik Dan Hidroponik Berbasis Android

  • Antonius Laia Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Rio Septian Hardinata Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Eko Hariyanto Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Penggunaan ponsel pintar (smartphone), Ipad, Tablet PC, dan lain sejenisnya dalam kehidupan sehari-hari kian marak. Mulai merk terkenal sampai biasa saja, dan yang canggih sampai yang sederhana kian santer digunakan. Berbagai alasan menjadi magnet bagi semua kalangan dalam penggunaanya. Ringan, mudah dibawa, praktis menjadi alasan utama pemakaiannya. Selain itu, Terdapat banyak fitur game yang tidak hanya sebagai hiburanbermain, namun sudah banyak game untuk mengasah daya pikir dan logika yang dapat memperkenalkan materi agar lebih menarik untuk diterima dan dipahami, Game merupakan sesuatu yang paling diminati oleh banyak kalangan, sehingga game termasuk alat yang paling mudah dimengerti dan menjadi kesenangan banyak orang. penulis mengangkat judul penelitian rancang bangun game edukasi membangun budaya anti korupsi, agar dapat mudah dipahami dan demengrti oleh banyak kalangan, budaya korupsi khususnya di indosnesia sangatlah memprihatinkan, pemerintah melalui berbagai kalangan berusaha untuk mengedukasi tentang bagaiamana membangun generasi anti korupsi, oleh karena itu penulis berusaha membantu dengan merancang game edukasi membangun budaya anti korupsi berbasis android.

References

Andhika Rizky Setiawan (2014), Perancangan Game Edukasi Sains "Menggenal Organ Tubuh Manusia & quot;Menggunakan Adobe Flash, Skripsi Jurusan Teknik Informatika STMIK Yogyakarta
Enung Nuraeni, M.Pd, Tim Elpena (2010), Buku Pintar Bahasa Indonesia Untuk Kelas 4, 5, & 6 SD. Jakarta : PT Wahyumedia
Henry, Samuel (2010), Cerdas Dengan Game Panduan Praktis Bagi Orangtua Dalam Mendampingi Anak Bermain Game. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Imelda Akmal, Nadia Primasanti, Wayan Sawitri, Devi Soraya (2011). Padu Padan Warna Untuk Rumah Mungil. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, anggota IKAPI
Kurniawan, H. (2022). Application of E-Learning for Online Learning During the Covid-19 Pandemic at University of Pembangunan Panca Budi. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(1), 42–47. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i1.973
Linda, J., Qamaria, M. N. S., Hafid, A. F., Samsuddin, H. B., & Rahim, A. (2021). Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Kosong di Kantor Lurah Salo, Watang Sawitto, Pinrang. Jurnal Lepa-Lepa Ope, 1(3), 503–510.
Mayke S. Tedjasaputra, (2010). Bermain, Mainan dan Permainan untuk pendidikan usia dini. Jakarta : PT Grasindo / gramedia widiasarana indonesia
Nazruddin Safaat H (2014). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika Bandung.
Maiyedra, N. A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Promosi Tour Wisata Dan Pemesanan Paket Tour Wisata Daerah Kerinci Jambi Pada Cv. Rinai Berbasis Open Source. https://ejournal.giciku.ac.id/
Priyanto Hidayatullah, Aldi Daswanto, Sulistyo Ponco Nugroho (2011). Membuat Mobile Game Edukatif dengan Flash. Bandung : Informatika Bandung.
Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. http://jurnal.sttgarut.ac.id
Rozie, F., Syarif, I., Udin Harun Al Rasyid, M., Satriyanto, E., Elektronika Negeri Surabaya, P., Negeri Ketapang, P., & Korespondensi, P. (2021). Sistem Akuaponik Untuk Peternakan Lele Dan Tanaman Kangkung Hidroponik Berbasis Iot Dan Sistem Inferensi Fuzzy. Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8(1), 157–166. https://doi.org/10.25126/jtiik.202184025
Sarimole, F. M., & Muhammad Ilham Fadillah. (2022). Classification Of Guarantee Fruit Murability Based on HSV Image With K-Nearest Neighbor. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(1), 48–57. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i1.929
Sutanto Windura (2010), Memory Champion @School rahasia Mengingat Materi Pelajaran Apa Saja. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Utami, A., Edriyansyah, E., & Yuda Irawan. (2022). Expert System For Diagnosing Diseases in Toddlers Using The Certainty Factor Method. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(1), 32–41. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i1.916
Wirania Swasty (2010), A-Z Warna Interior Rumah Tinggal. Bandung : Griya Kreasi
Published
2023-02-13
Abstract viewed = 132 times
PDF downloaded = 149 times

Most read articles by the same author(s)