Desain UI/UX Prototipe Pembelajaran Berbasis Game Kosakata Bahasa Inggris Dengan Metode HCD

  • Virdyra Tasril Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Zen Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Eka Surya Fitriani Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Agil Dwi Putra Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Di era sekarang Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sudah umum digunakan oleh dunia, baik dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Proses pembelajaran bahasa inggris saat ini sudah banyak dipelajari melalui media online dalam bentuk aplikasi di smarphone pengguna ataupun pada website. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan siswa dasar disekolah kebanyakan masih dilakukan dengan cara menggunakan papan tulis dan buku sebagai media pembelajaran. Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang kurang disukai para siswa di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini membuat sebuah desain UI/UX untuk aplikasi pembelajaran berbasis game untuk menambah kosakata bahasa inggris dengan penerapan metode HCD (Human Centered Desain). Dimana metode HCD memiliki tiga tahapan pendekatan, yaitu inspirasi, ideation, dan implentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Hasil akhir dari penelitian ini dalam bentuk desain high-fidelity prototype untuk memperoleh hasil evaluasi dari pengguna atau user dari sisi tampilan user interfacenya.

References

Amelia, Y., Tarigan, B., Wijoyo, S. H., & Purnomo, W. (2021). Evaluasi dan Perancangan Prototype Perbaikan Antarmuka Sistem Informasi Administrasi Terpadu (SIAT) Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode WEBUSE dan Human Centered Design (HCD). 5(9), 3866–3873.
Budiman, A., & Labib, M. K. (2015). 3Hudqfdqjdq $Solndvl 3Hpehodmdudq %Dkdvd ,Qjjulv 8Qwxn $Qdn-$Qdn %Huedvlv )Odvk. 5(1), 1–4.
Budiyanto, M. A., & Wahab, A. (2019). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Sekolah Dasar Kelas 3 Berbasis Multimedia. Jurnal Ilmiah FIFO, 11(1), 75. https://doi.org/10.22441/fifo.2019.v10i1.008
Fernando, F. (2020). Perancangan User Interface (Ui) & User Experience (Ux) Aplikasi Pencari Indekost Di Kota Padangpanjang. TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 7(2), 101. https://doi.org/10.26858/tanra.v7i2.13670
Handayani, P., & Aji, S. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Tenses Berbasis Multimedia. Informatik : Jurnal Ilmu Komputer, 14(3), 90. https://doi.org/10.52958/iftk.v14i3.369
Humanika, M. A., Mahardhika, G. P., & Setiaji, H. (2021). Perancangan Tampilan Antarmuka Website Trisno Motor Menggunakan Pendekatan HCD (Human-Centered Design). Automata, 2(2). https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19537
Madanih, R., Susandi, M., & Zhafira, A. (2019). Penerapan Design Thinking Pada Usaha Pengembangan Budi Daya Ikan Lele Di Desa Pabuaran, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Journal of Business and Entrepreneurship, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.24853/baskara.2.1.55-64
Ningrum, N. K., M, I. U. W., & Umami, Z. (2022). Rancang Bangun Design UI / UX pada Aplikasi PANTAU menggunakan Pendekatan Design Thinking. 15(2), 422–433.
Putra, F. P., & Tedyyana, A. (2021). Pendekatan Human Centered Design pada Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Menu Cafe. Sistemasi, 10(2), 336. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1229
Putu, G., Wulantari, A. P., Kadek, N., Wirdiani, A., & Wira Buana, P. (2021). Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface (Studi Kasus: PT.X). JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 2(3), 459–470. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/77839
Rahayu, S., Ramadhani, R., & Rhamdani, N. N. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pronoun, Tobe, dan Tenses Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 18(2), 323–329. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-2.829
Rokhmawati, R. I., Evantio, Y. B., Saputra, M. C., Informasi, S., Komputer, F. I., & Brawijaya, U. (2019). Penerapan Pendekatan Human Centered Design Dan Crm Dalam Perancangan Antarmuka Sistem E-Complaint Implementation of Human Centred Design and Crm Approach in Developing System Interface of E-Complaint. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(4), 437–444. https://doi.org/10.25126/jtiik.201961332
Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25131
Setiadi, A. R., & Setiaji, H. (2020). Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor. Automata, 1(2), 228–233.
Siregar, R. K. (2021). Meningkatkan Vocabulary Bahasa Inggris dengan Pelatihan Last Man Standing Games di Madrasah Aliyah Darul Mursyidi Sialogo Padangsidimpuan. Bakti Cendana, 4(2), 40–48. https://doi.org/10.32938/bc.4.2.2021.40-48
Soedewi, S. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10(02), 17. https://doi.org/10.34010/visualita.v10i02.5378
Tasril, V., Prayoga, J., Jayusman, S. F., Usability, U., Design, H., & Dharmawangsa, U. (2022). USER Interface Dan Uji Usability Menggunakan Pendekatan Human-. 16(July), 371–382.
Published
2023-02-06
Abstract viewed = 543 times
PDF downloaded = 624 times