Analisa Pengaruh Video Tiktok Tentang Memamerkan Kekayaan Terhadap Perilaku Remaja Dengan Pedoman Konfusianisme
Abstract
TikTok merupakan aplikasi media sosial yang sangat popular dan digunakan oleh masyarakat untuk berinteraksi secara sosial dan mengisi produktivitas sehari-hari dengan memiliki jumlah pengguna TikTok sebesar 30,7 juta. Pada saat ini banyak anak remaja yang seringkali mengikuti perkembangan jaman sehingga perilaku remaja memiliki rasa hedonisme dan konfusianisme meningkat. TikTok sangat membantu masyarakat mendapatkan berbagai informasi yang positif namun banyak juga hal negatif dari TikTok yang tidak disadari oleh kalangan masyarakat. Dengan permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah video pendek yang berjudul “FAKE†untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak negatif dari TikTok. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro CS6 untuk memproses editing video pendek yang berjudul “FAKEâ€. Metode yang digunakan oleh penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement and Evaluation) dengan metode mengumpulkan data penilaian terhadap video yang telah diunggah ke youtube melalui kuesioner dengan menggunakan google form. Kuesioner ini disebarkan ke 50 responden yang berdomisili Kota Batam untuk mengetahui pendapat dari responden mengenai video pendek yaitu “FAKEâ€. Hasil tersebut bersifat positif dan menunjukkan bahwa sebagian masyarakat masih memiliki kesadaran terhadap dampak penggunakan media sosial TikTok.
References
Barta, S., Belanche, D., Fernández, A., & Flavián, M. (2023). Influencer marketing on TikTok: The effectiveness of humor and followers’ hedonic experience. Journal of Retailing and Consumer Services, 70, 103149.
Basch, C. H., Hillyer, G. C., & Jaime, C. (2022). COVID-19 on TikTok: harnessing an emerging social media platform to convey important public health messages. International journal of adolescent medicine and health, 34(5), 367-369.
De Leyn, T., De Wolf, R., Vanden Abeele, M., & De Marez, L. (2022). In-between child’s play and teenage pop culture: Tweens, TikTok & privacy. Journal of Youth Studies, 25(8), 1108-1125.
Deng, D. S., Seo, S., Li, Z., & Austin, E. W. (2022). What people TikTok (Douyin) about influencer-endorsed short videos on wine? An exploration of gender and generational differences. Journal of Hospitality and Tourism Technology, (ahead-of-print).
Harriger, J. A., Thompson, J. K., & Tiggemann, M. (2023). TikTok, TikTok, the time is now: Future directions in social media and body image. Body Image, 44, 222-226.
Herlina, R., & Nurhaliza, Z. (2022). Indra Kenz's Self-Disclosure Analysis on Social Media. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(2), 138-146.
Kurniawan, B., & Saputra, H. T. . (2022). Telegram Implementation on Security and Monitoring of Home Door Keys Based on Wemos and Internet of Things . Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(1), 244–250. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i1.1042
McCashin, D., & Murphy, C. M. (2022). Using TikTok for public and youth mental health–A systematic review and content analysis. Clinical Child Psychology and Psychiatry, 13591045221106608.
Nuryadi, N., Sudarsono, B., Asistyasari, A., & Nuryanti, N. (2022). Sales Mobile Application Design in Handphone Store. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(1), 586–598. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i1.1371
Rahmawati, M., Nuraini, Y., Widianto, B. R., Yanti, D. R., & Sulaeman, S. Determinasi Konfusianisme Dalam Analisis Wacana Kritis Novel Klasik “Journey To The Westâ€. Haluan Sastra Budaya, 5(2), 163-180.
Ramadhani, N., Kusumanto, I., & Nofirza, N. (2022). Design of Educational Game Tools Recognizing Body Members Using The Kansei Engineering Method. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(1), 364–374. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i1.1267
Riauan, M. A. I., Sitanggang, Y., & Ahmad, Z. A. (2022). Communication Activities on the Implementation of E-procurement in Indragiri Hulu Regency. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(1), 469–477. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i1.1328
Sulayani, N., Sitohang, L., Simbolon, L. O., & Tarigan, M. S. B. (2022). Moral Value and Character Education Found in Movie Miracle in Cell No 7. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 162-169.
Wu, J., Harlow, A. F., Wijaya, D., Berman, M., Benjamin, E. J., Xuan, Z., ... & Fetterman, J. L. (2022). The impact of influencers on cigar promotions: a content analysis of large cigar and Swisher Sweets videos on TikTok. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(12), 7064.