Analisis Pengaruh Digital Sales Promotion Terhadap Minat Beli Pengguna Gopay

  • Deka Septa Nora Lisa Universitas Sriwijaya
  • Endang Lestari Ruskan

Abstract

PT. Karya Anak Bangsa atau Gojek Indonesia menyediakan layanan dompet digital atau yang lebih dikenal Gopay yang berfungsi untuk melayani transaksi pengguna guna mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui  seberapa besar pengaruh sales promotion melalui social media terhadap minat beli pengguna dengan menyebarkan kuisioner kepada followers akun @gopayindonesia. Penelitian ini menggunakan metode SEM PLS dengan bantuan aplikasi SmartPls yang melalui beberapa tahapan yaitu dengan melakukan pengujian outer model (validitas dan  uji reliabilitas) dan pengujian inner model yang digunakan untuk mengetahui pengaruh hubungan antar konstruk dan dilanjutkan dengan menentukan hipotesis menggunakan analisis jalur yaitu dengan path coefficient. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu, sales promotion berpengaruh secara langsung terhadap minat beli, social media marketing berpengaruh secara langsung terhadap minat beli, dan sales promotion berpengaruh terhadap minat beli melalui social media marketing.

Kata Kunci : Sales Promotion, Social Media, Minat Beli, dan Dompet Digital

 

References

Adi, Irawan. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis , Gaya Hidup Impulsif Pada Konsumen E-Commerce Tokopedia Indonesia ( Studi Kasus Di Surabaya ). 7.
Auralia, Yola, Alfatih Sikki Manggabarani, and Wahyudi Wahyudi. (2022). Analisis Minat Penggunaan Ulang Pada Dompet Digital Shopeepay Di Masa Pandemi Covid-19. Studi Ilmu Manajemen Dan Organisasi 1(2) : 137–52. doi: 10.35912/simo.v1i2.916.
BI. (2020). Jalinan Sinergi Pulihkan Ekonomi Indonesia. Bank Indonesia.
chris heuer. (2014). The Complete Guide for Brands and Businesses to Build Cultivate and Measure Success on The Web.
Hikmareta, Andhika, Amanda Dinda, and S. E. Zuliestiana. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Followers Aktif Akun Instagram Alpucard Online Printing).” E-Proceeding of Management 7(2) : 2485–91.
Immanuel, Dewi Mustikasari, and Yuli Kartika Dewi. (2020). Mobile Payment Adoption Intention During Pandemic Covid-19 in Indonesia. Journal of Information System and Technology Management 5(19):60–76. doi: 10.35631/jistm.519006.
Mulyansyah, Gumilar Tintan, and Raya Sulistyowati. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga 9(1):1097–1103.
Nyoko, Antonio. (2021). Peran Social Media Marketing Selama Masa Pandemi COVID-19 Pada Industri Kuliner Di Kota Kupang (Studi Kasus: Group Facebook ‘Group Bekin Lapar’). Jurnal EKOBIS: Ekonomi, Bisnis & Manajemen X(March):1–10.
Putlely, Zakheus, Yopi Andry Lesnussa, Abraham Z. Wattimena, and Muhammad Yahya Matdoan. (2021). “Structural Equation Modeling (SEM) Untuk Mengukur Pengaruh Pelayanan, Harga, Dan Keselamatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Angkutan Umum Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Ambon. Indonesian Journal of Applied Statistics 4(1) : 1. doi: 10.13057/ijas.v4i1.45784.
Rahmi. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Universitas Indonesia 1–52.
Renaldi, R., and A. P. Arnu. (2022). “Peranan Promosi Penjualan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Gen Z Memilih Menggunakan OVO. Journal of Economic, Management, Accounting … 5(2):131–45.
Rusliyawati, Damayanti, Sefrizal Nata Prawira. (2020). Social Customer Relationship Management, Simple Additive Weighting, Strategi Bisnis. Jurnal Ilmiah Edutic 7(1):12–19.
Safi’i, Asrop, Imron Muttaqin, Sukino, Nur Hamzah, Chusnul Chotimah, Imam Junaris, and Muh Khoirul Rifa’i. (2021). The Effect of the Adversity Quotient on Student Performance, Student Learning Autonomy and Student Achievement in the COVID-19 Pandemic Era: Evidence from Indonesia. Heliyon 7(12). doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e08510.
Savitri, Citra, Ratih Hurriyati, Lili Adi Wibowo, and Heny Hendrayati. (2021). The Role of Social Media Marketing and Brand Image on Smartphone Purchase Intention.” International Journal of Data and Network Science 6(1):185–92. doi: 10.5267/J.IJDNS.2021.9.009.
Warsela, Merti, Agung Deni Wahyudi, and Ari Sulistiyawati. (2021). Penerapan Customer Relationship Management Untuk Mendukung Marketing Credit Executive (Studi Kasus: PT FIF Group). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI) 2(2) : 78.
Published
2023-04-04
Abstract viewed = 225 times
PDF downloaded = 181 times

Most read articles by the same author(s)