Analisis Pengaruh Prosedur Pembelian Dan Desain Website Terhadap Kepuasan Konsumen E-Commerce Lazada Indonesia

  • Ichbal Danang Pamungkas Universitas Stikubank Semarang
  • Yohanes Suhari Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang

Abstract

Kemudahan dalam membeli produk menjadi salah satu sebab utama konsumen untuk melakukan pembelian, termasuk prosedur pembelian yang mudah dan praktis sehingga membuat konsumen merasa nyaman dan mudah untuk bertransaksi dengan harapan konsumen dipuaskan dengan prosedur yang mudah. Kualitas informasi dan tampilan pada website juga dapat memastikan keputusan pembelian konsumen. Salah satu marketplace yang populer  adalah e-commerce Lazada. Fokus dari Lazada adalah dengan salah satunya menerapkan sistem yang membuat konsumen mudah untuk berbelanja sebab banyak fitur chat yang mempermudah konsumen. Penelitian ini bermaksud memahami prosedur pembelian dan desain website terhadap kepuasan konsumen di e-commerce Lazada. Populasi penelitian ini ialah masyarakat di Semarang yang sudah belanja minimal sekali di e-commerce Lazada, banyaknya sampel ada 101 partisipan. Langkah pengumpulan informasi melalui kuesioner. Pengkajian data dengan regresi linier berganda. Pengujian data menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan sebenarnya secara parsial Prosedur Pembelian dan Desain Website bersama-sama berimbas positif akan kepuasan konsumen Lazada.

References

Afli, S., & Putra, B. I. (2022). Design of Appropriate Technology Based on Waste Treatment Equipment Using Value Engineering Method in Kedung Turi. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(1), 149–157. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i1.965
Hamdani, D. S., Jazman, M., Hamzah, M. L., & Anofrizen, A. (2022). The The Effect Of Abdurrab University Library Website Quality On User Satisfaction Using Multiple Linear Regression And Importance Performance Analysis. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 3(6), 1675-1687.
Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital, 1(1), 14-28.
Kurniawan, B., & Saputra, H. T. . (2022). Telegram Implementation on Security and Monitoring of Home Door Keys Based on Wemos and Internet of Things . Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(1), 244–250. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i1.1042
Kurniawan, H. (2022). Application of E-Learning for Online Learning During the Covid-19 Pandemic at University of Pembangunan Panca Budi. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(1), 42–47. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i1.973
Maritza, K., Febriani, A., Halila, A. A., Claretta, D., & Adi, A. (2022). Pengaruh Persepsi Konsumen Pasca Kasus Surat Komplain Eiger Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 2(3), 187-192.
Munir, M., & Darmawan, D. (2022). The Role of Trust, Ease of Use and Security on Shopping Interests at Lazada. Engineering and Technology International Journal, 4(03), 135-145.
Nurhadi, M., Hamzah, M. L., Ahsyar, T. K., & Jazman, M. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Menggunakan Metode E-Servqual Dan Model Kano. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(3), 1401-1411.
Purwati, A. A., Hamzah, M. L., Irman, M., & Rahman, S. (2023). Implementasi Teknologi Digital pada Pengelolaan UMKM Cahaya Kemilau (Pengrajin Tenun Songket Melayu Riau). Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(1), 108-118.
Purwati, A. A., & Hamzah, M. L. (2022). Instrument Readiness Analysis of Technology-Based Businesses. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(1), 611-617.
Putri, N., Salisah, F. N., Hamzah, M. L., Ahsyar, T. K., & Marsal, A. (2022). Penerapan Metode Usability Testing dan System Usability Scale untuk Mengevaluasi Website Akademik. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(6), 1789-1796.
Sari, C. M., Hamzah, M. L., Angraini, A., & Saputra, E. (2022). Analysis of Academic and Administration Information Systems Using Servqual and Kano Methods. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(3), 1495-1502.
Tanjung, H., Tanjung, I. S., & Safitri, S. (2022). Pengaruh Kepribadian dan Konsep Diri Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lazada. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 3(2), 390-396.
Published
2023-03-05
Abstract viewed = 205 times
PDF downloaded = 169 times