Studi Eksplorasi Dan Analisis Pengaruh Digital Influencer Dalam Pemasaran: Studi Kasus Rokok Elektronik
Abstract
Dalam pemasaran atau periklanan yang melibatkan pihak lain untuk mendukung dan mempromosikan suatu produk atau jasa disebut dengan endorsement. Endorsement merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang banyak diminati dan dianggap memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan pemasaran melalui media televisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh endorsement influencer Instagram terhadap keputusan pembelian pada generasi Z, yang kami fokuskan pada faktor kepercayaan, faktor brand image, dan faktor influencer. Variabel citra merek, influencer Instagram, dan kepercayaan merupakan variabel bebas dan variabel keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Penelitian dilakukan pada generasi Z di Kota Batam dengan menggunakan metode Cluster-Disproportionate-Random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 402 responden. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dengan platform yaitu Google Form. Semua analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Uji regresi berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Ketiga faktor yaitu kepercayaan, faktor brand image, dan faktor influencer mempengaruhi influencer endorsement Instagram terhadap keputusan pembelian pada generasi Z. Penelitian membuktikan bahwa generasi Z tetap mempertimbangkan faktor kepercayaan, faktor brand image, dan faktor influencer dalam keputusan pembeliannya meskipun memiliki didukung oleh influencer Instagram. Dengan mengetahui hasil penelitian ini, kami berharap penelitian ini dapat digunakan sebagai pengetahuan dan bahan pertimbangan bagi pemilik usaha untuk menetapkan strategi bisnis, target konsumen, dan memaksimalkan keuntungan.
References
Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh influencer social media terhadap keputusan pembelian konsumen generasi z di kota surabaya. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51-59.
Arora, A., Bansal, S., Kandpal, C., Aswani, R., & Dwivedi, Y. (2019). Measuring social media influencer index-insights from Facebook, Twitter and Instagram. Journal of retailing and consumer services, 49, 86-101.
Creswell, J. W., Klassen, A. C., Plano Clark, V. L., & Smith, K. C. (2011). Best practices for mixed methods research in the health sciences. Bethesda (Maryland): National Institutes of Health, 2013, 541-545.
Fakhira, N. V., Kastaman, R., & Pujianto, T. (2022). Peran Influencer Pada Media Sosial Instagram Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Frutivez Role Of Influencer On Social Media Instagram And Brand Image On Buying Decisions. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(2), 1220-1238.
Fauzi, R., & Areesantichai, C. (2022). Factors associated with electronic cigarettes use among adolescents in Jakarta, Indonesia. Journal of health research, 36(1), 2-11.
Hakim, A. R. (2018). Profil Pengguna Vape di Kota Pekanbaru (studi kasus Gaya Hidup Mahasiswa di Kelurahan Simpang Baru). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(2), 1-15
Nahak, H. M. (2019). Upaya melestarikan budaya indonesia di era globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65-76.
Nisa, F. K., Viratama, A. B., & Hidayanti, N. (2020). Analisis Pencarian Informasi Remaja Generasi z dalam Proses Pengambilan Keputusan Belanja Online (Analisis pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 4(2), 146-159.
Nugroho, T. A., & Azzahra, F. C. (2022). Pemanfaatan instagram sebagai media promosi social commerce usaha bro. Do. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 136-149.
Ramadhani, N. L., & Isnawati, S. I. (2022). Efektivitas Influencer dalam Meningkatkan Brand Equity Produk Fashion Hijab di Instagram Butik Jenneira Scarf Semarang. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 10(2), 159-167.
Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh iklan dan endorser terhadap brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian. Riset: Jurnal Aplikasi Ekonomi Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 001-015.
Sirajuddin, K. K., & Siswanti, D. N. (2023). Hubungan Harga Diri Dengan Kepuasan Hidup Generasi Z Pengguna Media Sosial Instagram. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(2), 255-265.
Susantio, R., & ayu Candraningrum, D. (2019). Pengaruh Brand Image Oi-Dakk dengan penggunaan Endorser untuk promosi di Instagram terhadap Minat Beli Konsumen. Prologia, 3(1), 238-246.
Syukur, M., & Salsabila, S. (2022). Influencer Impact; Solusi Produsen Dalam Mempromosikan Produk. Jurnal Istiqro, 8(2), 129-140.
Umaroh, A. K., Fajrin, R., Kusumawati, M. A., Muhadzib, M. A., & Elisabet, B. M. (2023). Pemanfaatan Instagram sebagai Sumber Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja (Studi Kasus Akun@ Tabu. id dengan Use and Gratification Theory). Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(1), 122-129.
Wasiat, F. A. I., & Bertuah, E. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Social Media Influencer Terhadap Niat Beli Produk Fashion Pada Generasi Milenial Melalui Customer Online Review di Instagram. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(3), 513-532.